Pentingnya belajar bahasa arab


Pentingnya belajar bahasa arab
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bahasa arab merupakan bahasa yang lahir dari jazirah arab atau timur tengah. Bahasa arab merupakan salah satu bahasa sematik, yang serumpun dengan bahasa ibrani, dll. Tatkala agama islam muncul pada abad ke 6 masehi, mulailah bahasa arab menyebar ke berbagai penjuru dunia berbarengan dengan penyebaran agama islam. Faktor yang mempengaruhi luasnya penyebaran bahasa arab adalah karena ajaran agama islam (al-qur’an dan hadits) diturunkan atau diwahyukan menggunakan bahasa arab.
Sehingga kita dapati dewasa ini, bahasa arab telah dituturakan lebih dari 422 juta jiwa [1] dan menjadi bahasa resmi di 25 negara[2]. Bahkan bahasa arab juga telah menjadi bahasa resmi di PBB, dan pada tahun 2010 UNESCO menetapkan tanggal 18 Desember sebagai World Arabic Language Day (al-Yaum al-‘alami li al-Lughah al-‘Arabiyah) atau Hari Bahasa Arab Sedunia. Bahasa arab bisa menjadi pilihan yang bisa dipelajari bagi orang orang yang haus akan penguasaan bahasa asing.
Terlebih bagi umat islam, mempelajari bahasa arab seakan-akan wajib hukumnya, disebabkan pentingnya menguasai bahasa arab. Karena dengan menguasai bahasa arab, ia bisa memahami agamanya langsung dari sumber-sumbernya yang semuanya berbahasa arab. Ia bisa mengetahui mukizat-mukjizat yang terkandung di dalam al-qur’an, yang mana hal itu hanya diketahui oleh orang yang pandai atau orang yang menguasai sastra bahasa arab. Tentunya menjadi sebuah kebanggaan tersendiri apabila kita bisa berbicara menggunakan bahasa arab, karena bahasa arab termasuk bahasa-bahasa yang sulit dipelajari disebabkan karena luasnya cakupan bahasa tersebut. Bahasa arab mempunyai 13 cabang ilmu, sebagaimana dikatakan oleh syekh musthafa al-ghulayaini, yaitu:
·       Ilmu sharaf (pembentukan kata)
·       Ilmu I’rab (perubahan akhir kata)
·       Ilmu rasam (tulisan)
·       Ilmu ma’ani
·       Ilmu bayan
·       ilmu badi’
·       ilmu arudh
·       ilmu qawafi
·       ilmu menyusun syair
·       ilmu insya’ (mengarang)
·       ilmu khithabah (retorika)
·       (ilmu sejarah))
·       Ilmu matan bahasa[3]
Bagi seorang muslim, hendaknya ia berusaha mempelajari bahasa arab. Karena dengan memaahami bahasa arab, maka ia juga akan memahami agama islam dengan baik. Banyak orang yang keluru memahami agama islam, karena mereka tidak belajar dari sumber-sumber aslinya, yaitu kitab-kitab karangan ulamak. Sebagai motifasi bagi kita semua, perhatikan perkataan umar bin khattab radhiyallahu anhu.
تعلموا العربية فإنها من دينكم
“Pelajarilah bahasa arab, karena ia merupakan bagian dari agama kalian”.

Di jaman sekarang, kita serasa dimudahkan untuk mempelajari bahasa arab. Dimana mana kita menjumpai tempat-tempat yang menyediakan fasilitas untuk belajar bahasa arab. Baik itu berupa lembaga formal, maupun non formal.
Bahkan jika kita tidak bisa belajar secara totalitas di suatu lembaga pendidikan bahasa arab yang formal maupun non formal, kita masih bisa belajar secara mandiri dirumah dengan bantuan akses internet. Di internet banyak sekali website website yang menyediakan artikel artikel pelajaran bahasa arab yang bisa kita pelajari sedikit demi sedikit. Salah satunya adalah website arobiyahinstitute.com yang sedang kalian baca.
Akhirnya niat belajar bahasa arab kembali lagi ke pribadi masing masing, seberapa kuat niat itu untuk diwujudkan. Semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pentingnya belajar bahasa arab