Bahasa Arab Buah Buahan

Bahasa arab buah-buahan


Arobiyahinstitute.com | Pada artikel ini kami akan membahas tentang bahasa arab buah buahan, yakni kosa kata bahasa arab seputar buah. siapa diantara kalian yang suka memakannya? Tentunya banyak ya. Disamping rasanya yang enak, buah-buahan juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. 
Kita yang hidup di indonesia dianugrahi Allah ta’ala akan banyaknya jenis buah buahan. Dari yang rasanya manis sampai yang rasanya kecut. Namun  pernahkah kalian berpikir apa bahasa arab buah buahan yang kalian makan? Mungkin sekali-kali kamu perlu mencoba metode ini dalam menghafal kosakata, yaitu dengan menghapal namanya ketika kamu memakannya. Misalkan kamu makan apel, maka cari bahasa arabnya apel, kemudian hapalkan. Berikut ini saya tuliskan beberapa mufrodat buah-buahan .

Mufrodat Buah-Buahan

Bahasa arab buah adalah فَاكِهَةٌ dan jamaknya adalah فَوَاكِهُ. Adapun macam macam nama buah dalam bahasa arab adalah sebagai berikut:

Kurma
تَمْرٌ
Anggur
عِنَبٌ
Mangga
مَنْجَا
Jambu biji
جُوَافَةٌ
Apel
تُفَّاحٌ
Jeruk
بُرْتُقَالٌ
Nanas
أَنَانَاسٌ
Pepaya
بَابَايَا
Nangka
كَاكَايَا
Salak
سَالَاك
Sirsak
الْقُشْطَةُ الشَّائِكَةُ
Manggis
مَنْجُسْتِيْنٌ
Pisang
مَوْزٌ
Melon
قَاوُوْنٌ
Delima
رُمَّانٌ
Semangka
بِطِّيْخٌ
Durian
دُوْرِيَان
Rambutan
رَامْبُوْتَان
Alpukat
أَفوْكَادُوْا
Belimbing
فَكِهَةُ النَّجْمَة
Buah naga
فَاكِهَةُ التِّنِيْن

Contoh Penggunaan Mufrodat Buah-Buahan dalam Kalimat

Disini saya beri beberapa contoh kalimat bahasa arab yang sedang membahas tentang buah. contoh ini sifatnyahanya pemantik saja. Diharapkan setelah melihat contoh ini kamu bisa membuatnya sendiri sehingga bisa kalian pakai dalam bercakap sehari hari.

1. Apakah kamu suka kurma? هَلْ تُحِبُّ التَّمْرَ ؟
2. Iya, saya suka kurma نَعَمْ، أُحِبُّهُ
3. Apa yang kamu makan ? مَاذَا تَأْكُلُ ؟ 
4. Aku makan apel آكُلُ التُّفَّاحَ
5. Dimana kamu beli buah? أَيْنَ تَشْتَرِي الْفَاكِهَةَ؟
6. Aku membelinya di pasar أَشْتَرِيْهَا فِيْ السُّوْقِ

Itulah beberapa kosakata buah-buahan dalam bahasa arab beserta contohnya dalam kalimat. Kamu bisa mengembangkan sendiri contoh-contoh di atas menjadi lebih banyak. Selamat belajar, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.