LIPIA, Tempat Belajar Bahasa Arab Gratis

logo lipia
Logo lipia jakarta


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hai sahabat arobiyah , pada artikel ini admin mau berbagi info seputar lembaga pendidikan bahasa arab. Bagi kalian yang ingin belajar bahasa arab di lembaga pendidikan formal, sekarang ini tidak susah menemukan tempat yang bagus untuk belajar.

Hampir semua universitas-universitas islam (UIN) membuka jurusan pendidikan bahasa arab maupun sastra arab. Selain itu ada juga beberapa universitas negeri yang membuka jurusan yang sama. Namun kebanyakan kampus-kampus diatas, menerapkan sistem berbayar untuk kuliah disana, jika kalian tidak mendapat beasiswa.

Mungkin sebagian dari kita ada yang punya pandangan “Jika ada yang gratis, kenapa memilih yang berbayar”. Sah-sah saja pandangan seperti itu, lagi pula tidak semua orang bisa kuliah ditempat yang berbayar.

Namun Adakah hari ini kampus yang menggratiskan mahasiswanya dalam belajar bahasa arab?. Tentu masih ada, walaupun jarang kita temui. Inilah salah satu kampus yang memberikan beasiswa penuh kepada mahasiswanya ketika kuliah disana.

Yaitu LIPIA (lembaga pendidikan islam dan arab) yang berlokasi di ibu kota jakarta. Yang mana ia adalah lembaga pendidikan bahasa arab milik kerajaan saudi arabia yang ada di indonesia. Tertarik untuk kuliah disana? Simak artikel ini sampai selesai.

 

Sejaran lipia jakarta

LIPIA jakarta dibentuk  pada tahun 1980 dalam rangka memberikan pendidikan kusus bahasa Arab dan agama Islam untuk warga Indonesia dengan keputusan dari Mahkamah Kerajaan, No. 5/n/26710. Ia diberi nama Lembaga Pendidikan Bahasa Arab (lipia)  sampai tahun 1986. Perguruan tinggi tersebut merupakan cabang dari Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud di Riyadh, Arab Saudi. Sekarang, LIPIA sudah mendirikan beberapa cabang yang tersebar di setiap bagian Indonesia diantaranya di Aceh, Medan,dan  Surabaya. [1]

 Fasilitas yang ada di lipia

Kuliah ditempat ini, kalian akan merasa kuliah diluar negeri. Pasalnya bahasa pengantar perkuliahan yang digunakan disana adalah menggunakan bahasa arab. Dosen-dosennya mayoritas berasal dari timur tengah, diantaranya dari arab saudi, mesir, sudan, dll. Para mahasiswanya juga tidak hanya baerasal dari indonesia saja, melainkan banyak dari berbagai negara di dunia, kususnya dari wilayah asia tenggara.

Kampus ini memberikan banyak fasilitas bagi mahasiswanya. Selain kuliah gratis alias tidak berbayar, mahasiswa disana juga mendapat tunjangan uang saku atau biasa disebut mukafaah yang besaran nominalnya disesuaikan berdasarkan jenjang pendidikan ada. Ada yang mendapat 100 real yaitu bagi mahasiswa I’dad lughawi. Dan 200 real untuk jenjang bachelor (sarjana).

Tidak sampai disitu saja, semua mahasiswa juga mendapatkan buku-buku pelajaran dari pertama masuk sampai lulus gratis tanpa membayar sepeserpun.

Dan disana terdapat perpustakaan terbesar seasia tenggara.

Melihat fasilitas yang menggiurkan ini, sangat wajar jika banyak siswa yang berebutan untuk masuk kesana. Persaingannya sangat ketat, dari 6000 pendaftar, hanya 300 siswa yang diterima. Para pendaftarnya pun tidak Cuma dari warga negara indonesia saja, namun banyak juga dari warga negara lain di asia tenggara bahkan sampai cina. [2]

 

Program yang ditawarkan di lipia

 Lipia jakarta membuka beberapa jurusan yang bisa dipilih jika kalian berminat kuliah disana.

1. I’dad lughawi

I’dad lughawi adalah kelas persiapan bahasa. Semua mahasiswa wajib mengikuti I’dad lughawi dahulu sebelum mengambil jurusan-juran yang lain di level bachelor. Ia ditempuh selama 4 semester atau 2 tahun. Dan pada jenjang ini tidak ada gelar bagi lulusannya.

2. sastra arab

Jurusan sastra arab di tempuh selama 8 semester atau 4 tahun. Lulusannya akan mendapat gelar bachelor / lc.

3. syari’ah / perbandingan mazhab

Mahasiswa jurusan ini mempelajari seputar hukum-hukum islam kususnya fiqih 4 mazhab. ia juga di tempuh selama 8 semester atau 4 tahun. Lulusannya akan mendapat gelar bachelor / lc.

4. menejemen keuangan dan ekonomi syari’ah

Mahasiswa jurusan ini mempelajari seputar perekonomian yang berdasarkan syari’ah islam. ia juga di tempuh selama 8 semester atau 4 tahun. Lulusannya akan mendapat gelar bachelor / lc.

Jadi waktu yang ditempuh mahasiswa disana untuk menamatkan jenjang bachelor adalah 6 tahun. Mulai dai I’dad lughawi 2 tahun ditambah jenjang bachelor 4 tahun. Namun melihat fasilitas yang ada disana. Rasa-rasanya tidak ada ruginya menghabiskan waktu 6 tahun untuk mengejar gelar sarjana. Toh lulusan-lulusannya tidak diragukan lagi keilmuannya. Bahasa arabnya apalagi tidak perlu ditanya, karena diajar orang arab asli. [3]

 

Penerimaan mahasiswa baru lipia

Tidak seperti kampus-kampus di indonesia pada umumnya yang membuka pendaftaran mahasiswa baru dalam waktu yang panjang, lipia hanya membuka pendaftaran mahasiswa baru selama sepekan saja. Meskipun sepekan, namun pendaftarnya bisa mencapai ribuan orang.

Untuk tahun ini, lipia telah membuka pendaftaran mahasiswa baru, kalian bisa mengklik link berikut ini (pendaftaran lipia) untuk mendaftar disana. pendaftaran dibuka mulai tanggal 23 november 2020, sampai dengan tanggal 29 november 2020.

Untuk syarat masuknya lihat brosur dibawah ini

sumber: lipia.id

sumber: lipia.id

sumber: lipia.id

Cukup sekian info seputar lipia, tempat belajar bahasa arab gratis. Silahkan mendaftar bagi yang berminat kuliah disana. semoga berhasil, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar untuk "LIPIA, Tempat Belajar Bahasa Arab Gratis"

Berlangganan via Email