Kultum Bahasa Arab Tentang Menjaga Kebersihan

kultum bahasa arab

Arobaiyahinstitute.com | Hai sahabat arobiyah institute, disela sela kesibukan yang saya jalani, alhamdulillah Allah masih memberikan kelonggaran waktu untuk berbagi hal seputar bahasa arab di blog ini. di sini saya akan berbagi tentang kultum bahasa arab tentang kebersihan.

Adakah diantara kalian yang pernah disuruh membawakan kultum? Ataukah bahkan disuruh kutbah? Mungkin diantara kalian ada yang pernah mengalaminya ya. Lebih lebih bagi para pelajar di sekolah madrasah, biasanya ada kegiatan liqa’, atau apalah namanya.

Namun biasanya kultum yang dibawakan menggunakan bahasa indonesia. Bagaimana jika kultum menggunakan bahasa arab? Apakah ada perbedaannya?. Secara garis besar tidak ada ya, bedanya Cuma materi yang disampaikan menggunakan bahasa arab.

Dulu waktu saya masih menuntut ilmu di ma’had bilal bin rabah unimuda sorong, saya pernah kultum dengan bahasa arab, karena disana ada program tersebut. Nah pada kesempatan ini, saya akan memberikan contoh teks pidato bahasa arab tentang kebersihan, dengan judul "Pentingnya menjaga kebersihan". Di bagian akhir admin sertakan juga terjemahan bahasa indonesianya agar mudah dipahami.

Teks Arab Pidato Bahasa Arab Tentang Menjaga Kebersihan

حِفْظُ النَّظَافَةِ مُهِمٌّ جِدًّا

الْحَمْدُ لِلَّهِ وَالشُّكْرُ لِلَّهِ وَ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللَّهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ

أَيُّهَا الْحَضِرُوْنَ وَالْحَاضِرَاتُ ..........

حِفْظُ النَّظَافَةِ لَهُ مَكَانَةٌ عَظِيْمَةٌ فِيْ الإِسْلَامِ. يُوْجَدُ كَثِيْرٌ مِنَ الْآيَاتِ وَ الْأَحَادِيْثِ يُشِيْرُ إِلَى حِفْظِ النَّظَافةِ، مِنْهَا:

وَ ثِيَابَكَ فَطَهِّرْ (الْمُدَّثِّرْ: 4)

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ (الْبَقَرَة: 222)

الطَّهُوْرُ شَطْرُ الْإِيْمَانِ (رواه مسلم)

النَّظَافَةُ مِنَ الْإِيْمَانِ (رواه الترمذي) (حديث ضعيف)

تَدُلُّ الْآيَاتُ وَ الْأَحَادِيْثُ عَلَى أَنَّ دِيْنَ الْإِسْلَامِ يَهْتَمُّ بِالنَّظَافَةِ. يُؤَكِّدُ كُلَّ الْأَدِلَّةِ الْمَذْكُوْرَةِ أَنَّ فِيْ الْفِقْهِ بَابٌ خَاصٌ يُبَيِّنُ النَّظّافَةَ كَيْفِيَّتَهَا وَحُكْمَهَا، وَ غَيْرَ ذَلِكَ. بَلِ الْإِسْلَامُ يُوْجِبُ أُمَّتَهُ الطَّهَارَةَ عِنْدَمَا يُقِيْمُ عِدَّةَ الْعِبَادَةِ. 

أَيُّهَا الْحَضِرُوْنَ وَالْحَاضِرَاتُ ..........

بَعْدَمَا سَمِعْنَا مَا قاَلَهُ الْمُحَاضِرُقَدْ عَلِمْنَا الْآيَاتُ وَ الْأَحَادِيْثُ عَنِ النَّظَافَةِ. يَجِبُ عَلَيْنَا أنْ نُطَبِّقَ مَا نَعْلَمُ. وَلِهَذَا هَيَّا بِنَا نَهْتَمُّ بِهَذِهِ الْقَضِيَّةِ، سَوَاءً كَانَتِ النَّظَافَةُ الْبَدَنِيَّةُ أَمْ النَّظَافَةُ الْبِيْئَةُ. النَّظَافَةُ الْبَدَنِيَّةُ تَشْمُلُ  الْإِسْتِحْمَامَ لِحِفْظِ نَظَافَةِ أعْضَاءِ الْجِسْمِ، وَ الْوُضُوْءَ، و غَسْلَ الْأَسْنَانِ، وَ حَلْقَ الشَّعْرِ، وَقَطْعَ الْأَظْفَارِ، وَ غَيْرَ ذَلِكَ.

لَا يَكْفِي بِمُجَرَّدِ حِفْظِ نَظَافةِ الْبَدَنِ، بَلْ يَجِبُ عَلَيْنَا أَنْ نَحْفَظَ نَظَافَةَ الْبِيْئَةِ. مَثَلًا رَمْيُ الْزُّبَالَةِ فِيْ الْمزْبلَةِ. لَا يَجُوْزُ لَنَا أَنْ نَرْمِيَ الزُّبَالَةَ فِيْ النَّهْرِ، لأَنَّ ذَلِكَ يَسُدُّ سَيَلَانَ الْمَاءِ وَ يُسَبِّبُ الْفَيَضَانَ.

هَذَا الَّذِيْ أَسْتَطِيْعُ أَنْ أُقَدِّمَ لَكُمْ، شُكْرًا علَى حُسْنِ اِهْتِمَامِكُمْ وَالسَّلَامُ علَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ.


Teks Bahasa Indonesia Pidato Bahasa Arab Tentang Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan itu sangat penting

Segala puji dan syukur milik Allah ta’ala, shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada nabi Muhammad (utusan Allah), kepada keluarganya, dan para sahabatnya semuanya.

Para hadirin dan hadirat......

Menjaga kebersihan mempunyai kedudukan yang tinggi dalam agama islam. Banyak ayat dan hadits yang mengisyaratkan kepada kaum muslimin untuk menjaga kebersihan. Diantaranya adalah

وَ ثِيَابَكَ فَطَهِّرْ (الْمُدَّثِّرْ: 4)

“dan bersihkanlah pakaianmu.(al muddatsir:4)”

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ (الْبَقَرَة: 222)

“sesungguhnya Allah menyukai orang orang yang bertaubat dan menyukai orang orang yang menyucikan diri(al baqarah:222)”

الطَّهُوْرُ شَطْرُ الْإِيْمَانِ (رواه مسلم)

“bersuci adalah separuh keimanan (HR.muslim)

النَّظَافَةُ مِنَ الْإِيْمَانِ (رواه الترمذي) (حديث ضعيف)

“kebersihan adalah sebagian dari iman (HR. Ath-tirmidzi) (hadits dhoif atau lemah)”

Dari ayat dan hadits di atas, menunjukkan bahwa agama islam sangat memperhatikan masalah kebersihan. Semua dalil diatas diperkuat dengan adanya bab khusus yang membahas tentang bersuci dalam fiqih. Baik itu tentang hukum besuci maupun tatacara bersuci, dan lain sebagainya. Bahkan agama islam mensyaratakan pemeluknya untuk bersuci sebelum melaksanakan beberapa ibadah.

Para hadirin dan hadirat.......

Setelah kita mendengarkan apa yang disampaikan oleh penceramah, kita jadi mengetahui ayat-ayat maupun hadits tentang kebersihan,  sehingga kita dituntut untuk mengamalkannya. Oleh sebab itu marilah kita perhatikan masalah kebersihan ini, baik itu kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan. Kebersihan diri mencakup mandi untuk menjaga kebersihan anggota badan, wudhu, gosok gigi, memotong rambut, memotong kuku, dan lain sebagainya.

Tidak cukup hanya kebersihan diri sendiri saja, namun kita juga dituntut untuk menjaga kebersihan lingkungan kita, misalnya: membuang sampah pada tempatnya. Jangan sampai kita membuang sampah di sungai, yang mana hal itu dapat mengakibatkan tersumbatnya aliran sungai yang mengakibatkan banjir.

Demikin kultum yang dapat saya sampaikan, terimakasih atas perhatiannya,, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah contoh pidato bahasa arab tentang pentingnya menjaga kebersihan. semoga bermanfaaat, selamat belajar.