Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kultum Bahasa Arab Tentang Kebersihan

kultum bahasa arab

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hai sahabat arobiyah institute, disela sela kesibukan yang admin jalani, alhamdulillah Allah masih memberikan kelonggaran waktu untuk berbagi hal seputar bahasa arab di blog ini.

Adakah diantara kalian yang pernah disuruh membawakan kultum? Ataukah bahkan disuruh kutbah? Mungkin diantara kalian ada yang pernah mengalaminya ya. Lebih lebih bagi para pelajar di sekolah madrasah, biasanya ada kegiatan liqa’, atau apalah namanya.

Namun biasanya kultum yang dibawakan menggunakan bahasa indonesia. Bagaimana jika kultum menggunakan bahasa arab? Apakah ada perbedaannya?. Secara garis besar tidak ada ya, bedanya Cuma materi yang disampaikan menggunakan bahasa arab.

Dulu waktu admin masih menuntut ilmu di salah satu ma’had bahasa arab, admin beberapa kali membawakan kultum dengan bahasa arab. Karena disana ada program tersebut. Nah pada kesempatan ini, admin akan memberikan contoh teks pidato bahasa arab, dengan judul menjaga kebersihan. Di bagian akhir admin sertakan juga terjemahan bahasa indonesianya agar mudah dipahami.

 

حِفْظُ النَّظَافَةِ مُهِمٌّ جِدًّا

الْحَمْدُ لِلَّهِ وَ شُكْرُ لِلَّهِ وَ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللَّهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ

أَيُّهَا الْحَضِرُوْنَ وَالْحَاضِرَاتُ ..........

حِفْظُ النَّظَافَةِ لَهُ مَكَانَةٌ عَظِيْمَةٌ فِيْ الْغِسْلَامِ. يُوْجَدُ كَثِيْرٌ مِنْ الْآيَاتِ وَ الْأَحَادِيْثِ يُشِيْرُ إِلَى حِفْظِ النَّظَافةِ. مِنْهَا:

وَ ثِيَابَكَ فَطَهِّرْ (الْمُدَّثِّرْ: 4)

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ (الْبَقَرَة: 222)

الطَّهُوْرُ شَطْرُ الْإِيْمَانِ (رواه مسلم)

النَّظَافَةُ مِنَ الْإِيْمَانِ (رواه الترمذي) (حديث ضعيف)

تَدُلُّ الْآيَاتُ وَ الْأَحَادِيْثُ عَلَى أَنَّ دِيْنَ الْإِسْلَامِ يَهْتَمُّ بِالنَّظَافَةِ. يُؤَكِّدُ كُلُّ الْأَدِلَّةِ الْمَذْكُوْرَةِ أَنَّ فِيْ الْفِقْهِ بَابٌ خَاصٌ يُبَيِّنُ النَّظّافَةَ، كَيْفِيَّتُهَا، وَحُكْمُهَا، وَ غَيْرُ ذَالِكَ. بَلْ الْإِسْلَامُ يُوْجِبُ أُمَّتَهُ الطَّهَارَةَ عِنْدَمَا يُقِيْمُ عِدَّةَ الْعِبَادَةِ.

أَيُّهَا الْحَضِرُوْنَ وَالْحَاضِرَاتُ ..........

إِذَا عَلِمْنَا الْآيَاتُ وَ الْأَحَادِيْثُ عَنِ النَّظَافَةِ. يَجِبُ عَلَيْنَا أنْ نُطَبِّقَ مَا نَعْلَمُ. وَلِهَذَا هَيَّا بِنَا نَهْتَمُّ بِهَذِهِ الْقَضِيَّةِ، سَوَاءً كَانَتِ النَّظَافَةُ الْبَدَنِيَّةُ أَمْ النَّظَافَةُ الْبِيْئَةُ. النَّظَافَةُ الْبَدَنِيَّةُ تَشْمُلُ  الْإِسْتِحْمَامُ لِحِفْظِ نَظَافَةِ أعْضَاءُ الْجِسْمِ، وَ الْوُضُوْءِ، و غَسْلُ الْأَسْنَانِ، وَ حَلْقُ الشَّعْرِ، وَقَطْعُ الْأَظْفَارِ، وَ غَيْرُ ذَالِكَ.

لَا يَكْفِيْ حِفْظُ نَظَافةِ الْبَدَنِ، بَلْ يَجِبُ عَلَيْنَا أَنْ نَحْفَظَ نَظَافَةَ الْبِيْئَةِ. مَثَلًا رَمْيُ الْزُّبَالَةِ فِيْ الْمزْبلَةِ. لَا يَجُوْزُ لَنَا أَنْ نَرْمِيَ الزُّبَالَةَ فِيْ النَّهْرِ، لأَنَّ ذَلِكَ يَسُدُّ سَيَلَانَ الْمَاءِ وَ يُسَبِّبُ الْفَوْضَى.

هَذَا الَّذِيْ أَسْتَطِيْعُ أَنْ أُقَدِّمَ لَكُمْ، شُكْرًا علَى إِهْتِمَامِكُمْ وَالسَّلَامُ علَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ.

Menjaga kebersihan itu sangat penting

Segala puji dan syukur milik Allah ta’ala, shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada nabi Muhammad (utusan Allah), kepada keluarganya, dan para sahabatnya semuanya.

Para hadirin dan hadirat......

Menjaga kebersihan mempunyai kedudukan yang tinggi dalam agama islam. Banyak ayat dan hadits yang mengisyaratkan kepada kaum muslimin untuk menjaga kebersihan. Diantaranya adalah

وَ ثِيَابَكَ فَطَهِّرْ (الْمُدَّثِّرْ: 4)

“dan bersihkanlah pakaianmu.(al muddatsir:4)”

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ (الْبَقَرَة: 222)

“sesungguhnya Allah menyukai orang orang yang bertaubat dan menyukai orang orang yang menyucikan diri(al baqarah:222)”

الطَّهُوْرُ شَطْرُ الْإِيْمَانِ (رواه مسلم)

“bersuci adalah separuh keimanan (HR.muslim)

النَّظَافَةُ مِنَ الْإِيْمَانِ (رواه الترمذي) (حديث ضعيف)

“kebersihan adalah sebagian dari iman (HR. Ath-tirmidzi) (hadits dhoif atau lemah)”

Dari ayat dan hadits di atas, menunjukkan bahwa agama islam sangat memperhatikan masalah kebersihan. Semua dalil diatas diperkuat dengan adanya bab khusus yang membahas tentang bersuci dalam fiqih. Baik itu tentang hukum besuci maupun tatacara bersuci, dan lain sebagainya. Bahkan agama islam mensyaratakan pemeluknya untuk bersuci sebelum melaksanakan beberapa ibadah.

Baca juga: 

Para hadirin dan hadirat.......

Setelah mengetahui ayat-ayat maupun hadits tentang kebersihan, kita dituntut untuk mengamalkannya. Oleh sebab itu marilah kita perhatikan masalah kebersihan ini, baik itu kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan. Kebersihan diri mencakup mandi untuk menjaga kebersihan anggota badan, wudhu, gosok gigi, memotong rambut, memotong kuku, dan lain sebagainya.

Tidak hanya kebersihan diri sendiri, namun kita juga dituntut untuk menjaga kebersihan lingkungan kita. Misalnya membuang sampah pada tempatnya. Jangan sampai kita membuang sampah di sungai, yang mana hal itu dapat mengakibatkan tersumbatnya aliran sungai yang mengakibatkan banjir.

Demikin kultum yang dapat saya sampaikan, terimakasih atas perhatiannya,, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah contoh kultum bahasa arab singkat tentang kebersihan. Kalian juga bisa mendownload versi PDFnya berikut ini:

DOWNLOAD

Posting Komentar untuk "Kultum Bahasa Arab Tentang Kebersihan"