Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kaidah Al-Qamariyah dan Al-syamsiah

al qamariyah dan al syamsiah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hai sahabat arobiyah institute, kembali lagi saya akan berbagi pengetahuan seputar bahasa arab. Sekarang saya akan menjelaskan tentang bab al qamariyah dan al syamsiyah. Ya, keduanya juga dipelajari di disiplin ilmu bahasa arab, bukan cuma di ilmu tajwid.

Keduanya masuk dalam kategori pelajaran kitabah (tata cara penulisan bahasa arab). Karena dalam belajar bahasa  arab, pelajar harus menguasai 4 maharah (keterampilan), yaitu maharah qira’ah (keterampilan membaca), maharah kitabah (keterampilan menulis), maharah al-kalam (keterampilan berbicara), dan maharah istima’ (keterampilan mendengar).

Pengertian Al Qamariyah Dan Al Syamsiyah  

Al qamariyah adalah alif lam ( ال ) yang berada di awal kata yang huruf lamnya (ل ) berharakat sukun. Atau bisa juga dikatakan bahwa ia adalah alif lam ( ال ) yang di ucapkan atau dibaca. Sebagaimana namanya, bahwa “qamar” merupakan bulan, jadi filosofinya bahwa ia seperti bulan, yang mana wujudnya ada, dan ia bisa dipandang dengan mata secara jelas. Contoh:

Cara Bacanya

Al Qamariyah

No

Al hamdu

الْحَمْدُ

1

Al maliku

الْمَلِكُ

2

Al kalimatu

الْكَلِمَةُ

3

Al syamsiah adalah  alif lam ( ال ) yang berada di awal kata yang ia tidak di ucapkan atau tidak dibaca. Sebagaimana namanya, bahwa “syam” merupakan matahari, yang mana ia tidak bisa dipandang dengan mata secara langsung, karena samar-samar disebabkan kilauan cahayanya. Begitulah filosofinya bahwa al syamsiah ada wujudnya, namun tidak dibaca. Contoh:

Cara Bacanya

Al syamsiah

No

Asy-syamsu

الشَّمْسُ

1

Ar-rajulu

الرَّجُلُ

2

Ad-dinu

الدِّيْنُ

3

Cara membedakan Al Qamariyah Dan Al Syamsiyah

Setelah memahami pengertian keduanya, sekarang kita cari tahu bagaimana membedakan keduanya? Kapan al ( ال )  dibaca al syamsiah dan kapan al ( ال )  dibaca al qamariah.

Jawabannya adalah kita harus mengetahui huruf-huruf qamariyah dan huruf-huruf syamsiyah. Keduanya sama-sama memiliki jumlah huruf 14. Jadi apabila keduanya digabung, maka totalnya 28, sebagaimana jumlah huruf hijaiyah.

HURUF QAMARIYAH

ف

أ

ق

ب

ك

ج

م

ح

و

خ

ه

ع

ي

غ

 

HURUF SYAMSIAH

ش

ت

ص

ث

ض

د

ط

ذ

ظ

ر

ل

ز

ن

س

Mengetahui jenis al ( ال ) ini sangat bermanfaat ketika kita membaca teks arab gundul atau yang tidak berharakat. Oleh sebab itu diperlukan hapalan diluar kepala sehingga tidak salah ketika membaca.

Namun kabar baiknya, umat islam telah terbiasa dengan hal ini, karena sejak kecil telah belajar ilmu tawid, dan setiap hari membaca al-Qur’an sehingga bisa dengan mudah membedakan keduanya. Berbeda jika pelajar bahasa arab itu non muslim atau orang yang tidak pernah belajar ilmu tajwid, ia akan kesulitan membedakan keduanya. Maka diperlukan kesungguhan untuk mempelajarinya.

Contoh Al Qamariyah Dan Al Syamsiyah Dari al-Qur’an

Di dalam al-Qur’an banyak sekali ditemui contoh mufrodat yang bersambung dengan al-qamariyah maupun al-syamsiah. Berikut ini saya sebutkan beberapa contohnya:

Al qamariyah

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

سورة الفاتحة : 2

...غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ...

سورة الفاتحة : 7

ذَلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ فِيهِ

سورة البقرة : 2

الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ .....

سورة البقرة : 3

......وَبِالْآخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ

سورة البقرة : 4

Al syamsiah

...وَجَعَلَ الظُّلُمَاتِ وَالنُّورَ...

سورة الأنعام : 1

قُلْ أَغَيْرَ اللَّهِ أَتَّخِذُ وَلِيًّا فَاطِرِ السَّمَاوَاتِ .........

سورة الأنعام : 14

وَقَالُوا إِنْ هِيَ إِلَّا حَيَاتُنَا الدُّنْيَا وَمَا نَحْنُ بِمَبْعُوثِينَ

سورة الأنعام : 29

وَالنَّهَارِ إِذَا جَلَّاهَا

سورة الشمس : 3

وَاللَّيْلِ إِذَا يَغْشَاهَا

سورة الشمس : 4

Contoh Al Qamariyah Dan Al Syamsiyah dalam al Qur’an sangat banyak, saya cukupkan 10 contoh saja, semoga bisa dipahami. Cukup sekian pembahasan singkat mengenai materi ini. Semoga bermanfaat, selamat belajar, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Posting Komentar untuk "Kaidah Al-Qamariyah dan Al-syamsiah"