Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Warna dalam Bahasa Arab


        
warna-warna dalam bahasa arab

             Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
          Hai sahabat arobiyah institute, bagaimana masih semangat belajar bahasa arab? Semangat itu harus ya. Biar tercapai apa yang kita targetkan, kita harus tetap semangat untuk mewujudkannya. 
Biar tambah semangat, mari kita lihat yang fres-fres. Ya, pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang kosakata bahasa arab yang akan membuat pikiran kita menjadi fres. Apa itu? Yaitu seputar warna-warna. Ada merah, hijau, putih, dll… Sudah tahukah kalian apa bahasa arabnya macam-macam warna? Kalau belum, simak artikel ini baik-baik sampai selesai.

Mufrodat Warna

مَعْنَى

مُؤَنَّثٌ

مُذَكَّرٌ

Hitam

سَوْدَاءُ

أَسْوَدُ

Merah

حَمْرَاءُ

أَحْمَرُ

Kuning

صَفْرَاءُ

أَصْفَرُ

Hijau

خَضْرَاءُ

أَخْضَرُ

Biru

زَرْقَاءُ

أَزْرَقُ

Putih

بَيْضَاءُ

أَبْيَضُ

Ungu

بَنَفْسَجِيَّةُ

بَنَفْسَجِيُّ

Ping

وَرْدِيَّةُ

وَرْدِيُّ

Coklat

بُنِّيَّةُ

بُنِّيُّ

Abu-abu

رَمَادِيَّةُ

رَمَادِيُّ

Krem

كَرِيْمِيَّةُ

كَرِيْمِيُّ

Orange

بُرْتُقَالِيَّةُ

بُرْتُقَالِيُّ


          Dari tabel di atas, kalian bisa mengetahui bahasa arab dari macam-macam warna. Di tabel di atas, ada tiga kolom, yang pertama adalah mufrodat warna untuk mudzakkar, sedangkan kolom yang kedua adalah bentuk muannatsnya, dan kolom yang ketiga adalah artinya. Jika kalian menggunakan kosakata tersebut, perhatikan mudakkar muannatsnya, jangan sampai salah menggunakannya. Setelah mengetahui mufrodat warna di atas, saatnya kita menggunakannya dalam kalimat. Saya akan memberikan contoh kalimat menggunakan kosakata warna diatas.
Warna dalam bahasa arab

Apa warna tas itu ?      مَا لَوْنُ الحَقِيْبَةِ ؟
Warna tas itu merah      لَوْنُ الْحَقِيْبَةِ أَبْيَضُ
Tas itu warnanya putih  الْحَقِيْبَةُ لَوْنُهَا أَبْيَضُ
Apa warna buku itu ?   مَا لَوْنُ الْكِتَابُ ؟
Warna buku itu merah   لَوْنُ الْكِتَابُ أَحْمَرُ
Buku itu warnanya merah        الْكِتَابُ لَوْنُهُ أَحْمَرُ

          Jika contoh di atas menggunakan kata (لَوْنُ) yang bermakna “warna”, kalian juga bisa menghilangkannya, dan langsung menyebutkan nama warnanya, sebagaimana pada contoh berikut ini.

Jeruk itu orange   الْبُرْتُقَالُ بُرْتُقَلِيٌّ
Bunga mawar itu merah الْوَرْدَةُ حَمْرَاءُ
Telur itu putih     الْبَيْضَةُ بَيْضَاءُ
Buku itu putih    الْكِتَابُ أَبْيَضُ
       Perhatikan contoh yang berwarna merah dan biru. 2 contoh diatas berbentuk jumlah ismiyah,yaitu terdiri dari mubtada+khabar mubtada’. Pada contoh yang berwarna merah, mubtada’nya (الْبَيْضَةُ) berbentuk isim muannats, maka khabarnya (بَيْضَاءُ) juga harus muannats. Sedangkan pada contoh yang berwarna biru, mubtada’nya (الْكِتَابُ) berbentuk isim mudzakkar, maka khabarnya (أَبْيَضُ) juga harus mudzakkar.

          Demikianlah artikel tentang warna-warna dalam bahasa arab, semoga kalian paham dan bermanfaat. Selamat belajar, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Berlangganan via Email