Contoh Pidato Bahasa Arab Tentang Sabar

 pidato bahasa arab tentang kesabaran

Arobiyahinstitute.com | Hai sahabat arobiyah institute, sabar merupakan sebuah sikap yang mulia yang harus dimiliki setiap manusia. Dimana di dalam hidup ini pasti terdapat berbagai hal baik maupun buruk yang perlu disikapi dengan kesabaran. Pada postingan ini saya akan berbagi tentang pidato bahasa arab tentang kesabaran, sebagai pelangkap terhadap contoh-contoh pidato bahasa arab yang sudah saya posting pada waktu yang lalu. Langsung saja simak berikut ini:

Teks Arab Pidato Bahasa Arab Tentang Sabar

الْحَمْدُ لله الذي هَدَانَا لِهَذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللهُ، أشْهدُ أَلَّا إلهَ إِلَّا الله وَأشْهَدُ أنَّ محمدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اللهُمَّ صَلِّي وَسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، أَمَّا بَعْدُ:

ذَكَرَ اللهُ تَعَالَى كثيرًا  مِنَ كلِمَةِ "صَبْرٌ" فِي القرآنِ الكَريمِ، ذُكِرَ أنَّ اللهَ تعالى كَرَّرَ تِلْكَ الكلمةَ مِائَةَ وثَلَاثَةَ مَرَّاتٍ في القرآنِ الكريمِ سَوَاءٌ كانتْ على صيغةِ الفعلِ أو الإِسمِ، مِنْهَا مَا يَلِي:

وَاسْتَعِيْنُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ (البقرة:45)

يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا اصْبِرُوْا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا (آل عمران:200)

الصَّبْرُ لغةً الْحَبْسُ وَهُوَ الْاِمْتِنَاعُ، وأما اصْطِلَاحًا الصَّبرُ هو حَبْسُ النَّفْسِ عَنْ مَحَارِمِ اللهِ، وَحَبْسُهَا عَلَى فَرَائِضِهِ، وَحَبْسُهَا عَن التَّسَخُّطِ وَالشَّكَايَةِ لِأَقْدَارِهِ.

الصبرُ صفةٌ يَجِبُ عَلَى جَمِيْعِ النَّاسِ أنْ يَتَّصِفَ بِهَا لِيَعِيْشُوْا في سلام. لِأَنَّ الْجَمِيْعَ يُرِيْدُ أَنْ يَنَالَ مَا يُحِبُّهُ. لَكِنَّ الْحَقِيْقَة أنَّهُ لَا يُمْكِنُ لِلْجَمِيْعِ الْحُصُوْلُ علَيْهَا. لأنَّ كُلَّ إنسَانٍ لهُ نَصِيْبٌ مُخْتَلِفٌ.

هُنَاكَ أَشْخَاصٌ يَرْغَبُوْنَ فِي الْحُصُوْلِ عَلَى مَنْزِلٍ جَمِيْلٍ ، لَكِنَّ فِي الْوَاقِعِ لَا يُمْكِنُهُمُ الْحُصُوْلُ إلَّا علَى مَنْزِلٍ عَادِي. هُنَاكَ أَشْخَاصٌ يُرِيْدُوْنَ أَنْ يَكُوْنَ لَدَيْهِمْ عَقْلٌ ذَكِيٌّ، لَكِنَّ فِي الْوَاقِعِ لَدَيْهِ دِمَاغٌ غَيْرُ ذَكِيٍّ. يَجِبُ عَلَى النَّاسِ أنْ يُطِيْعُوْا اللَّهَ، لَكِن فِي الْوَاقِعِ إنها صَعْبَةٌ لِلْغَايَةِ بِسَبَبِ الْإِغْرَاءَاتِ العَدِيْدَةِ. يُحْرَمُ عَلَى الإنسَانِ القِيَامُ بِالعِصْيَانِ ، لكنهُ فِي الوَاقِعِ أَنَّ تَرْكَ الْمَعْصِيَّةِ صَعْبٌ لأنَّهُ يَبْدُو أنَّ العِصْيَانِ شَيْءٌ مُمْتِعٌ.

مِنْ كُلِّ الْبَيَنَاتِ، يَظْهَرُ أَنَّنَا فِي بَعْضِ الْأَحْيَانِ نَجِدَ شَيْئًا لَا نُرِيْدُهُ ، لِذَلِكَ نَحْتَاجُ إلَى شَيْءٍ يُسَمَّى الصَّبْرَ ، حَتَّى نَتَمَكَّنَ مِنَ الْبَقَاءِ مُسْتَرْخِيْنَ فِي عَيْشِ هَذِهِ الحَيَاةِ وَعَدَمِ الْيَأْسِ. تَخَيَّلْ لَوْ أَنَّنَا لَا نَصْبِر عَلَى مَا أَصَابَنَا، فَنَتَأَكَّدُ أَنَّ حَيَاتَنَا سَتَكُوْنُ مُضْطَرِبَةً ،بَلْ سَنَيْأَسُ فِيْ الْحَيَاةِ. الصَّبْرُ لَيْسَ أَمْرٌ سَهْلٌ عَلَيْنَا الْقِيَامُ بِهِ ، لِذَلِكَ يُحِبُّ اللهُ الصَّبِرِيْنَ، قال: (إن الله مع الصابرين(البقرة:153))

نَكْتَفِي بِهَذا الْقَدْرِ شُكْرًا عَلَى حُسْنِ إِهْتِمَامِكُمْ والسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُه


Teks Bahasa Indonesia Pidato Bahasa Arab Tentang Sabar

Allah ta'ala banyak menyebutkan kata sabar dalam al qur'an. Disebutkan bahwa Allah mengulang kata sabar sebanya 103 kali, baik berupa isim, maupun berupa fi'il. Diantaranya adalah

واستعينوا بالصبر والصلاة (البقرة:45)

يا أيها الذين آمنوا اصبروا وصابروا ورابطوا (آل عمران:200)

Sabar secara bahasa berarti al habsu (الحبس) yaitu menahan diri. Sedangkan secara istilah, sabar adalah menahan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang diharamkan Allah, menahan diri (senantiasa) untuk melakukan ketaatan kepada Allah, dan menahan diri untuk tidak mengeluh atas takdir yang ditakdirkan untuknya.

Sabar merupakan sifat yang harus dimiliki oleh setiap orang agar bisa menjalani hidup ini dengan damai. Karena semua orang tentu ingin mendapatkan apa yang ia sukai. Namun faktanya tidak semua orang bisa mendapatkanya. Karena setiap manusia memiliki takdir yang berbeda-beda.

Ada orang yang ingin memiliki rumah yang bagus, namun kenyataannya ia hanya bisa memiliki rumah yang biasa biasa saja. Ada orang yang ingin memiliki otak yang cerdas, namun kenyataannya ia memiliki otak yang tidak cerdas. Manusia diwajibkan untuk taat kepada Allah, namun kenyataannya hal itu sangat berat karena banyak godaannya. Manusia dilarang untuk melakukan kemaksiatan, namun kenyataannya hal itu berat karena seakan-akan kemaksiatan itu sesuatu yang menyenangkan.

Dari semua uraian diatas, menunjukkan bahwa kita kadang mendapati sesuatu yang tidak kita inginkan. Oleh sebab itu kita membutuhkan yang namanya kesabaran, sehingga kita bisa tetap santai dalam menjalani hidup ini dan tidak putus asa. Bayangkan jika kita tidak sabar terhadap hal hal yang menimpa kita, maka bisa dipastikan hidup kita akan kacau balau, bahkan frustasi dalam menjalani hidup.Sabar bukan sesuatu yang mudah kita lakukan, oleh sebab itu Allah menyukai orang orang yang sabar.

إن الله مع الصابرين (البقرة:153)

Cukup sekian yang dapat saya sampaikan, terimakasih atas perhatiannya, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh....

Itulah contoh singkat teks pidato bahasa arab tentang sabar atau kesabaran, nantikan postingan-postingan kami berikutnya, semoga bermafaat, tetap semangat belajar....