Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Ceramah Singkat Tentang Sholat

Ceramah tentang sholat
sumber gambar: cendekiawanmuslim.or.id

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Arobiyahinstitute.com | Berikut ini merupakan salah satu contoh ceramah singkat tentang sholat. Yang nantinya, mungkin bisa digunakan ketika kalian akan mengikuti lomba, atau latihan ceramah di depan banyak orang. Baik itu di masjid dekat rumah, di sekolah, atau di lingkungan masyarakat. Adapun pemilihan tema shalat sendiri merupakan pemilihan yang sangat tepat. Karena dilaksanakan oleh setiap muslim setiap harinya.

Ceramah singkat tentang sholat

Berikut ini adalah contoh ceramah yang bisa digunakan.

بسم الله الرحمن الرحيم


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته


حَمْدًا و شُكْرًا وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَّ اِلَّا بِاللهِ


اَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ وَ الْحَاضِرَاتُ

Alhamdulillah. Segala puji hanyalah milik Allah, Tuhan sekalian alam. Yang telah melimpahkan segala anugerah Nya kepada kita sampai detik ini. Shalawat dan salam, semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah, keluarganya, sahabat-sahabatnya, dan para pengikutnya yang setia. 

Pada kesempatan yang sangat berbahagia ini, saya akan menyampaikan ceramah tentang shalat.

Hadirin wal hadirat yang dirahmati Allah.

Kita semua tahu, bahwasanya sholat merupakan rukun islam yang kedua, tepatnya setelah syahadat. Dan kita juga pasti sudah mengetahui, shalat adalah tiangnya agama dan juga media yang dapat menghubungkan seorang hamba dengan Tuhannya. Tempat seorang hamba berkeluh kesah, mencurahkan segala isi hatinya. Hal ini sebagaimana yang terdapat di dalam hadis qudsi yang berbunyi.

قَسَمْتُ الصَّلاَةَ بَيْنِى وَبَيْنَ عَبْدِى نِصْفَيْنِ وَلِعَبْدِى مَا سَأَلَ فَإِذَا قَالَ الْعَبْدُ

( الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ). قَالَ اللَّهُ تَعَالَى حَمِدَنِى عَبْدِى وَإِذَا قَالَ (الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ). قَالَ اللَّهُ تَعَالَى أَثْنَى عَلَىَّ عَبْدِى. وَإِذَا قَالَ (مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ). قَالَ مَجَّدَنِى عَبْدِى – وَقَالَ مَرَّةً فَوَّضَ إِلَىَّ عَبْدِى – فَإِذَا قَالَ (إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ ). قَالَ هَذَا بَيْنِى وَبَيْنَ عَبْدِى وَلِعَبْدِى مَا سَأَلَ. فَإِذَا قَالَ (اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ ). قَالَ هَذَا لِعَبْدِى وَلِعَبْدِى مَا سَأَلَ


“Aku membagi ash-Shalat (surat Al-Fatihah) antara diri-Ku dan diri hamba-Ku menjadi dua bagian, dan bagi hamba-Ku adalah apa yang dipintanya. Apabila hamba tersebut membaca, ‘Segala puji hanya bagi Allah, Rabb semesta alam,’ maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Hamba-Ku telah memuji-Ku.’ Jika ia mengucapkan, ‘Yang Maha Pemurah, lagi Maha Penyayang,’ maka Allah berfirman, ‘Hamba-Ku telah memujiku.’ Jika ia mengucapkan, ‘Yang Menguasai hari Pembalasan,’ maka Allah berfirman, ‘Hamba-Ku telah memuliakan-Ku.’ Jika ia mengucapkan, ‘Hanya kepada-Nya kami menyembah, dan hanya kepada-Nya kami memohon,’ maka Allah berfirman, ‘Inilah bagian bagi Diri-Ku dan hamba-Ku, dan bagi hamba-Ku adalah apa yang dia minta.’ Dan jika ia mengucapkan, ‘Berilah petunjuk kepada kami atas jalan yang lurus, yaitu jalan yang telah Engkau beri kenikmatan bagi yang mengikutinya, bukan jalan-jalan yang Engkau murkai dan bukan pula yang Kau sesatkan,’ maka Allah berfirman, ‘Ini hamba-Ku dan bagi hamba-Ku apa yang dimintanya

Selain itu, sholat juga merupakan permohonan seorang hamba atas berbagai perkara, dan dapat mencegah kita dari perbuatan yang keji dan munkar. Allah berfirman dalam surah al-Baqarah ayat 45 dan surah al-Ankabut ayat 45. 

………. إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنكَرِ

‘.... Sesungguhnya, shalat melarang dari perbuatan keji dan munkar.’ 

Dan di dalam al-Quran, masih banyak dalil-dalil lain tentang shalat. Hal ini menunjukkan kepada kita, bahwa shalat adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Bahkan di dalam sebuah syair lagu yang terkenal disebutkan, ‘apa gunanya walaupun hidup, seribu tahun tapi tak sembahyang.

Apa gunanya?’ . Menariknya, Allah juga menegaskan di dalam salah satu firman Nya, yang artinya ‘Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan hanya untuk beribadah kepada Ku”.

Hadirin yang dirahmati Allah.

Sebagai seorang Muslim, sudah sepatutnya kita melaksanakan sholat dengan baik. Melaksanakannya dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah melaksanakan shalat dengan ‘ilmu’. Agar ibadah yang kita laksanakan sesuai dengan tuntunan sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah. Feel ketika ketika kita beribadah dengan ilmu tentu akan sangat berbeda dengan feel ketika kita beribadah tanpa ilmu.

Oleh karena itu, marilah kita terus berbenah dan belajar. Memperdalam lagi ilmu kita, supaya shalat kita diterima Allah, dan dijauhkan dari segala perbuatan yang keji dan munkar. Karena salah satu tanda shalat kita diterima oleh Allah adalah memiliki rasa takut yang luar biasa kepada Allah, sehingga takut untuk mengerjakan perbuatan yang keji dan munkar.

Semoga kita istiqamah melaksanakan ibadah shalat hingga Malaikat Israil menjemput. Wallahu A'lam bishshawab, wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itu dia salah satu contoh ceramah singkat tentang sholat yang dapat kalian gunakan untuk berbagai macam jenis event. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Contoh Ceramah Singkat Tentang Sholat"