Contoh Kultum Singkat Tentang Akhlak

Kultum singkat tentang akhlak
Sumber: kompasiana.com

Arobiyahinstitute.com | Semakin ke sini, kita dapat telah terjadi kemerosotan akhlak yang luar biasa. Dan inilah yang tengah menghantui dunia saat ini. Sebagai seorang muslim, kita mempunyai kewajiban untuk mengingatkan saudara-saudara kita dari kemerosotan akhlak yang terjadi. Adapun salah satu cara yang cukup baik untuk mengingatkan akan fenomena ini adalah  dengan menyampaikan kultum singkat tentang akhlak. Jadi untuk kalian yang mungkin selama ini ingin memberikan nasehat kepada teman-temannya lewat kultum singkat namun bingung bagaimana mengemasnya, mungkin kalian bisa menggunakan contoh kultum singkat tentang akhlak berikut ini.

Contoh kultum singkat tentang akhlak

بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

حَمْدًا و شُكْرًا وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَّ اِلَّا بِاللهِ

اَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ وَ الْحَاضِرَاتُ.......

Alhamdulillahirobbilalamin. Segala puji hanya milik Allah Subhanahu Wa Ta'ala, Tuhan sekalian alam yang tidak akan pernah lelah mengurusi makhlukNya. Sholawat dan salam kepada Baginda Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam yang memperjuangkan Islam sampai titik darah penghabisan. 

Hadirin rahimakumullah. Dalam kesempatan yang berbahagia ini, Mari terlebih dahulu kita bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Karena masih terus memberikan kita berbagai macam nikmat tanpa peduli seberapa banyak dosa-dosa yang kita lakukan setiap harinya. Dan salah satu nikmat yang paling besar adalah sehat dan keimanan. Dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan kultum singkat tentang akhlak.

Hadirin yang dirahmati Allah.

Sebagai ciptaan Allah, ada banyak aturan hidup dari Allah yang meski kita perhatikan dan jalankan. Karena aturan-aturan yang diturunkan bagi semua manusia wajib dilaksanakan. Dengan mentaati dan menjalankan aturan-aturan hidup sesuai jalur, kita pasti memiliki akhlak sesuai dengan tuntunan. Karena aturan-aturan yang telah dibuat Allah akan membentuk kita menjadi hamba yang berakhlakul karimah, mempunyai akhlak yang telah dicontohkan oleh Rasulullah. Ia kan? 

Yakni, tahu harus berpenampilan seperti apa ketika akan beribadah menemui Tuhan, tahu meski berperilaku seperti apa ketika berbicara dengan orang tua, tahu bagaimana caranya berkomunikasi dengan guru, atau yang lainnya. Secara sederhana, akhlak sendiri diartikan sebagai perangai, tabiat, atau tingkah laku. Semua kita pasti pernah mendengar istilah. Atau bahkan, sudah sangat akrab dengan kata tersebut. 

Karena tidak dapat dipungkiri, pembahasan seputar akhlak akan terus ramai dilakukan. Terlebih lagi dengan terjadinya degradasi moral saat ini. Sementara menurut bahasa, akhlak ialah tingkah laku seseorang yang didorong oleh keinginan secara mendasar dalam melakukan sesuatu.

Dalam hal ini, Imam al-Ghazali mengartikan akhlak sebagai sifat yang tertanam di dalam jiwa setiap manusia, yang bisa menimbulkan sebuah perbuatan yang dapat dilakukan tanpa adanya pertimbangan pemikiran lagi. Itu artinya, kita juga bisa mengartikan akhlak sebagai perbuatan spontan yang kita lakukan. 

Baik itu ketika ada orang lain atau ketika sendirian. Dan di dalam Islam, kita sudah mempunyai contoh suri tauladan terbaik, yang akhlaknya tidak tertandingi oleh siapapun. Kemuliaan akhlak Rasulullah bahkan bukan hanya diakui oleh umat Muslim saja, tapi juga diakui oleh para musuh-musuh beliau. Rasulullah diutus oleh Allah untuk memperbaiki akhlak manusia. Hal ini sebagaimana yang terdapat di dalam hadis,

إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاَق

 Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak-akhlak mulia.” (HR. Ahmad) 

Masyaallah. Keindahan akhlak Rasulullah dapat kita temukan dengan mempelajari sirah nabawiyah. Oleh karena itu, dalam rangka memperbaiki akhlak, kita dapat mengiringinya dengan rajin-rajin membaca perjalanan beliau. Karena akan terlihat bagaimana kemuliaan akhlaknya. Mulai dari akhlak kepada keluarga, akhlak kepada teman, sahabat, tetangga, dan lain sebagainya. 

Maka dari itu, mari sama-sama kita belajar, belajar bagaimana kehidupan Rasulullah, menyelami keindahan akhlaknya, kemudian menerapkan akhlak akhlak indah tersebut ke dalam kehidupan kita. Wallahu A'lam bish shawab. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikian salah satu contoh kultum singkat tentang akhlak, semoga bermanfaat.