Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kultum Tentang Dzikir

kultum tentang dzikir
sumber gambar: merdeka.com

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Arobiyahinstitute.com | Beberapa orang di antara kalian pasti ada yang sedang mencari contoh kultum tentang dzikirkan? Baik itu untuk referensi membuat tugas sekolah, atau digunakan untuk yang lain. Nah untuk kalian yang merasa kesulitan, mungkin bisa menjadikan kultum tentang dzikir berikut sebagai referensi. Dalam hal ini, kami akan memberikan contoh kultum dengan judul keutamaan dzikir. 

Contoh kultum tentang dzikir

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillah. Hadirin yang semoga senantiasa dalam lindungan Nya. Marilah sama-sama kita bersyukur terlebih dahulu. Karena sampai detik ini, Allah masih melimpahkan banyak sekali rahmat kepada kita. Shalawat dan salam, semoga tetap tercurahkan kepada baginda Muhammad, sang suri tauladan terbaik sepanjang masa. Hadirin, pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan kultum tentang dzikir. Sebagai umat muslim, kita pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata dzikir. Ia kan? 


Karena ia merupakan salah satu amalan yang sangat dicintai oleh Allah, sebuah amalan yang memiliki banyak keutamaan, dan bisa dilakukan dengan mudah oleh kita semua. Kata dzikir sendiri berasal dari kata dzakara, yadzkuru, ataupun dzikr/dzikr. Secara makna, berarti perbuatan dengan lisan dan hati. Yang dimaksud dengan perbuatan lisan ialah menyebutkan, mengatakan, atau menuturkan. Sementara perbuatan hati ialah mengingat dan juga menyebutkan. 


Dan sejatinya, ia merupakan amalan hati, namun tetap dapat dilakukan lewat lisan, atau bahkan keduanya. Adapun dzikir yang paling besar ialah dzikir yang kita lakukan tatkala kita shalat. Kalau bahasa al-Qurannya, disebut dengan dzikrullahi akbar. MasyaAllah. Hal ini sebagaimana yang terdapat di dalam firman Nya, QS. Al-Ankabut ayat 45. 


اُتْلُ مَآ اُوْحِيَ اِلَيْكَ مِنَ الْكِتٰبِ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَۗ اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ ۗوَلَذِكْرُ اللّٰهِ اَكْبَرُ ۗوَاللّٰهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ

Bacalah Kitab (Al-Qur'an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (shalat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Dan sebagai seseorang yang mengaku dirinya beriman kepada Allah dan hari akhir, kita sangat dianjurkan atau bahkan diperintahkan untuk memperbanyak mengingat Nya, menyebutnya nama Nya. Tatkala kita terus berdzikir atau mengingat Nya, maka hati kita akan dipenuhi dengan ketangan, mendapatkan kebahagian. Baik itu kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Bukan hanya itu saja, dengan dzikir, Allah juga akan mengingat kita. Sebagaimana disebutkan di dalam QS. al-Baqarah ayat 152. 

فَٱذْكُرُونِىٓ أَذْكُرْكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لِى وَلَا تَكْفُرُونِ

Artinya: Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.


Dan hadirin, ada banyak sekali perintah terkait dengan berdzikir. Seperti yang terdapat di dalam QS. al-Ahzab ayat 41. Yang artinya, wahai orang-orang yang beriman, berdzikirlah kepada Allah, dengan sebanyak-banyaknya dzikir. Kita juga meski memahami, bahwasanya melaksanakan dzikir itu bisa kapanpun. Kita bahkan dapat mengingat Nya tatkala sedang belajar ketika sedang bekerja, sedang bermain, atau kondisi-kondisi yang lain. Selain itu, kita juga bisa melaksanakan dzikir di pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari, atau bahkan menjelang subuh. MasyaAllah. Hadirin yang dirahmati oleh Allah. Ada banyak sekali keutamaan berdzikir. 


Misalnya adalah memperoleh pahala yang besar, dan dihindarkan dari perbuatan-perbuatan yang keji lagi munkar. Hal ini karena tatkala lidah kita basah karena menyebut nama Allah, maka kita akan selalu mengingat Nya dan segala perintah, serta larangan Nya. Sehingga membuat kita takut untuk melakukan hal-hal yang dibenci Nya. 


Maka dari itu, saya mengajak kita semua untuk terus berusaha berpikir atau menyebut dan mengingat Allah, apapun kondisi yang tengah kita hadapi. Agar hidup kita dipenuhi dengan ketenangan, keimanan, dan keberkahan. Jika ada salah dan khilaf saya mohon maaf. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Itu dia contoh kultum tentang dzikir yang bisa digunakan untuk bahan kultum. Semoga bermanfaat. kalian juga bisa membaca tema-tema kultum yang lainnya, sepeti kultum tentang muhasabah dan kultum tentang sholat dhuha.


Posting Komentar untuk "Contoh Kultum Tentang Dzikir"