Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kultum Tentang Keutamaan Membaca al-Quran

 

Kultum tentang keutamaan membaca al qur'an
sumber gambar: 99.co

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Arobiyahinstitute.com | Mungkin, ada beberapa di antara kalian yang bingung ketika membuat naskah kultum tentang keutamaan membaca al-Quran. Nah sekarang, tidak usah bingung, karena bisa memperhatikan contoh kultum tentang keutamaan membaca al-Quran berikut ini. 

Contoh kultum tentang keutamaan membaca al-Quran

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Hadirin yang dirahmati Allah. Marilah sama-sama kita beryukur atas segala rahmat yang diberikan oleh Allah. Karena sampai detik ini, kita masih bisa merasakan indahnya Islam, dan manisnya iman. Shalawat serta salam, semoga senantiasa tercurahkan untuk Rasulullah, keluarganya, sahabatnya, dan para pengikutnya. Hadirin. Dewasa ini, kita saksikan sendiri, bagaimana banyaknya orang-orang yang mulai meninggalkan al-Quran. Kita bahkan bisa melihanya dari lingkungan sekitar kita. Yang mana, anak-anak tidak lagi disibukkan belajar iqra’ ketika mereka kecil, banyaknya orang remaja dan dewasa yang buta huruf al-Quran. 

Na’udzubillah. Bahkan, terdapat penelitian yang menyebutkan akan banyaknya hal tersebut. Padahal jelas, bahwa al-Quran diturunkan oleh Allah untuk pedoman hidup, untuk petunjuk hidup umat manusia. Lantas, jika al-Quran mulai ditinggalkan, petunjuk hidup yang mana lagi yang akan kita gunakan? Astaghfirullahal’adzim. Oleh karena itu, saya pribadi mengajak kita semua untuk terus mempelajari al-Quran, membacanya, dan menjadikannya sebagai pedoman hidup. Saya juga mengajak kita semua untuk mengajarkan al-Quran, dan membukikannya. Karena ada banyak sekali keutamaan membaca al-Quran. Seperti: 

Mendapatkan syafaat di hari akhir

Keutamaan yang pertama adalah, kita akan mendapatakn syafaat di hari akhir nanti. Hal ini sebagaimana yang terdapat di dalam hadis, 

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِه

Bacalah al-Quran, karena sesunggguhnya, al-Quran akan datang di hari kiamat untuk memberikan syafaat bagi siapapun yang membacanya. (HR. Muslim) Kita dianjurkan untuk terus membaca al-Quran, terlebih lagi di bulan ramadhan. 

 

Pahala yang berlimpah

Keutamaan yang kedua ialah mendapatkan pahala yang melimpah. Karena sebenarnya, ketika membaca alif lam mim, tidak dihitung sebagai satu pahala, melainkan 30 kebaikan, karena dihitung perhuruf. Sebagaimana yang disebutkan oleh hadis dari Ibn Mas’ud, bahwasanya Rasulullah bersabda: 

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ، يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا

لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

 

Dari Abdullah bin Mas’ud, dia berkata: Rasulullah shalallahu ‘alaihi was sallam bersabda:

“Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah, maka dia mendapatkan satu kebaikan dengannya. Dan satu kebaikan itu (dibalas) sepuluh lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf. HR. Tirmidzi no: 2910

Mendapatkan kesempurnaan pahala

Di sini, siapa yang tidak menginginkan kesempurnaan pahala? Tentu, kita semua mengharapkannya. Jika bersungguh-sungguh mengharapkannya, maka bacalah al-Quran, dan hiasa hari-hari kita dengan membacanya. Allah berfirmn di dalam QS. al- Fatir ayat 29 dan 30. 

Diangkat derajatnya di surga kelak

Orang-orang yang senantiasa senang membaca al-Quran, maka akan diangkat derajatnya oleh Allah kelak. Dalam sebuah hadis disebutkan, 

‘Dikatakan kepada ahli al-Quran, bacalah dan keraskanlah dan bacalah dengan tartil, sebagaimana engkau membacanya ketika di dunia. Sesungguhnya, kedudukanmu ialah pada akahir ayat yang kau baca. HR Tirmidzi. 

Menjadi sebaik-baik orang dengan belajar dan mengajarkannya

Keutamaan yang berikutnya didapatkan ketika kita mempelajari al-Quran dan mengajarkannya kepada orang lain. Di dalam sebuah hadis disebutkan, 

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ اْلقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ.

Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Quran dan mengamalkannya (HR. Bukhari) 

Dan sudah seharusnya kita menjadi seorang pembelajar dan seseorang yang mengajarkan al-Quran, karena kebaikan yang akan kita dapatkan nantinya akan terus berlanjut, bahkan sampai kita mati. Atau yang biasa disebut sebagai amal jariyah.

Selain beberapa keutamaan tersebut, masih banyak keutamaan lainnya. Maka dari itu, marilah kita sama-sama berusaha untuk meluangkan waktu membaca al-Quran, bukan membaca al-Quran hanya ketika luang. Semoga bermanfaat, 

wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Itulah dia contoh kultum tentang keutamaan membaca al-Quran, semoga membantu.

 

 

Posting Komentar untuk "Contoh Kultum Tentang Keutamaan Membaca al-Quran"