Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Ceramah Singkat Tentang Larangan Pacaran

ceramah singkat tentang larangan pacaran
sumber gambar: pantiyatim.or.id

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Arobiyahinstitute.com | Belakangan, pacaran tampaknya telah menjadi fenomena yang dianggap biasa oleh banyak orang. Padahal sejatinya, tidak ada satupun manfaat yang didapatkan, Justru sebaliknya.

Karena sebenarnya, pacaran adalah pintu menuju perbuatan-perbuatan buruk yang tidak ada habisnya. Na’udzubillah. Oleh karena itu, tema ini menjadi sangat penting untuk diangkat dan dijadikan sebagai ceramah, yakni ceramah tentang larangan pacaran. Berikut kami sajikan contoh naskahnya. 

Contoh Ceramah Singkat Tentang Larangan Pacaran

بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

حَمْدًا و شُكْرًا وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَّ اِلَّا بِاللهِ

اَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ وَ الْحَاضِرَاتُ.......

Alhamdulillah. Puji dan syukur kehadirat Allah yang telah menganugerahkan banyak kenikmatan pada kita. Semoga kita termasuk hamba Nya yang bisa mensyukuri berbagai nikmat yang telah dianugerahkan Nya. Shalawat dan salam kepada baginda Muhammad, yang telah berjuang melawan para musuh, dengan tegaknya kalimat Laa ilaha illallah. Hadirin yang dirahmati Allah. Dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan kultum tentang pacaran. 

Hadirin, saat ini, pacaran telah dianggap sebagai sesuatu yang biasa oleh banyak orang. Bahkan tampaknya, orang yang tidak pacaran dianggap kuno, lucu, dan tidak gaul. Naudzubillah. Bukan hanya itu saja, tidak sedikit orang tua yang merasa sedih ketika anaknya tidak mempunyai pacar layaknya orang lain. 

Padahal sejatinya, pacaran adalah salah satu cara yang bisa membuat pintu dosa terbuka lebar. Islam adalah agama yang melindungi setiap pemeluknya dari perbuatan-perbuatan dosa. Termasuk zina. Jangankan berbuat zina, mendekatinya saja kita dilarang. Sebagaimana yang terdapat di dalam QS. al-Isra, ayat 32. 

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰىٓ اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ۗوَسَاۤءَ سَبِيْلًا

Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk. 


Jadi, kalau ada yang saat ini masih pacaran, akan jauh lebih baik jika sudahi hubungan terlarang itu. Dan kalau ada yang masih jomblo, bersyukurlah. Mungkin ini adalah cara Allah untuk menjaga kita. Hadirin yang semoga selalu dalam lindungan Allah. Adanya larangan mendekati zina merupakan bukti bahwa Allah ingin menjaga hamba Nya dari perbuatan-perbuatan haram. 

Dan sebagai pemeluk agama tersebut, kita harus mengindahkan setiap larangan yang ditetapkan. Jika pacaran dilarang, lantas apakah manusia tidak diperbolehkan jatuh cinta? Tentu saja boleh. Karena mencintai lawan jenis adalah salah satu tanda kekuasaan Allah. Hanya saja, kita harus menyadari, bahwa cinta yang kita miliki harus dijaga dari hal-hal yang dilarang Nya. Agar kesucian cinta tetap terjaga. Apa saja cara yang bisa dilakukan?


Jadi, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga cinta yang kita miliki. Pertama adalah mempunyai niat yang baik, hanya karena Allah.  Yaitu mencintai seseorang dengan cinta yang sesungguhnya, bukan mencintai karena nafsu, baik itu nafsu dengan fisik seseorang atau dengan hartanya. Karena bagaimanapun, fisik akan berubah, dan kaya tak selamanya. Keutamaan cinta di dalam agama Islam adalah beribadah hanya kepada Nya. 


Kedua, dengan menundukkan pandangan. Ketika mencintai seseorang, maka cintailah orang tersebut sewajarnya saja. Yakni, tidak berlebihan. Dan kita harus bisa menundukkan pandangan, baik itu terhadap orang yang kita cintai, atau orang lain yang bukan mahram kita. Maka dari itu, berjuanglah dengan kesabaran untuk mendapatkan pasangan halal. Ketiga, memperbaiki diri. Adapun cara menjaga cinta yang ketiga adalah dengan selalu memperbaiki diri. 


Dengan memperbaiki diri kita, maka Allah akan datangkan jodoh terbaik. Karena bisa saja, orang yang kita cintai bukan jodoh kita. Ia kan? Dan perlu diingat pula, bahwa Allah akan menjodohkan orang baik dengan orang baik. Maka ketika kita memperbaiki diri kita karena Nya, mungkin kita akan disatukan dengan orang yang juga terus memperbaiki diri. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Itulah dia contoh ceramah singkat tentang larangan pacaran, Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Contoh Ceramah Singkat Tentang Larangan Pacaran"