Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kultum Tentang Shalat Berjamaah

 

Kultum tentang sholat berjamaah
sumber gambar: bincangsyariah.com

Arobiyahinstitute.com | Shalat merupakan kewajiban seorang muslim yang mesti ditunaikan setiap harinya sesuai dengan ketentuan yang ada. Sayangnya, masih banyak umat muslim yang lalai akan kewajiban tersebut, termasuk lalai melaksanakan shalat secara berjamaah. 

Hal inilah yang membuat kultum tentang shalat berjamaah menjadi sangat penting untuk diangkat. Bagi kalian yang akan menyampaikan kultum mungkin bisa menyampaikan hal tersebut. Berikut ini merupakan contoh naskah kultum tentang shalat berjamaah yang mungkin dapat digunakan.

Contoh kultum tentang shalat berjamaah

Alhamdu lillahi robbil alamin. Segala puji hanya milik Allah Tuhan sekalian alam. Dia yang telah menganugerahkan banyak sekali kan yang mantan kenikmatan luar biasa kepada kita. Sehingga pada kesempatan yang berbahagia ini kita dapat dipertemukannya dalam sebuah majelis ilmu yang insya Allah diberkahi. Sholawat dan salam kepada Baginda Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. 

Sang suri tauladan yang namanya telah diabadikan sebagai orang yang berpengaruh di dunia. Seseorang yang diutus oleh Allah untuk menyempurnakan akhlak manusia. Hadirin yang dirahmati Allah. Dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan kultum tentang shalat berjamaah. Shalat merupakan ibadah yang sangat baik di sisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Bahkan ia termasuk ibadah yang nantinya akan dipertanyakan pertama kali oleh Allah. Sehingga akan sangat bagus jika kita terus meningkatkan kualitas Shalat kita. Misalnya dengan melaksanakan salat tersebut secara berjamaah. Karena dengan melaksanakan salat secara berjamaah kita akan memperoleh pahala yang jauh lebih besar dibandingkan dengan shalat sendirian. Hal ini sebagaimana yang terdapat di dalam sebuah hadis.

صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

“Shalat berjamaah itu lebih utama daripada shalat sendirian dengan 27 derajat.” (HR Muslim)

Hadis tersebut menunjukkan bahwasanya ketika kita melaksanakan salat secara berjamaah maka tingkatannya sangat berbeda jauh dengan ketika kita shalat sendirian.

Adapun perintah untuk melaksanakan shalat disampaikan oleh Allah kepada Rasulullah, sebagaimana yang terdapat di dalam QS. al-Nisa ayat 103.

Maka dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya, atas orang-orang yang  beriman” (QS.AN-NISA : 103).

Selain dalil di atas, masih cukup banyak dalil lain yang menunjukkan akan penting, dan seharusnya kita melaksanakan shalat secara berjamaah. Karena di dalam sebuah dalil, juga disebutkan bahwa Rasulullah sempat pernah akan membakar rumah rumah orang muslim yang tidak shalat berjamaah di masjid. Dan jika kita amati lebih jauh, hukum shalat berjamaah bahkan ‘nyaris’ wajib. Karena dalam hadis, Rasulullah menerangkan bahwa hanya ada 3 kondisi, di mana seorang muslim diperbolehkan tidak shalat berjamaah. Yakni karena sedang ada hujan deras, ketiduran, dan sakit. Tentu, kerasnya Rasulullah akan pelaksanaan shalat berjamaah ini dikarenakan banyaknya hikmah shalat berjamaah yang akan didapatkan setiap orang. Baik itu untuk urusan agama, akhirat, dan dunia seseorang. Berikut ini adalah sebagian kecil hikmah dari pelaksanaan shalat berjamaah. 

Mempererat hubungan sesama muslim

Dalam sehari, ada 5 shalat yang harus ditunaikan. Kemudian, ada juga shalat ID yang akan mengumpulkan semua muslim, ditambah lagi dengan shalat Jumat. Di waktu-waktu tersebut, banyak umat Islam akan berkumpul, dan itu adalah saat yang sangat baik untuk menjalin dan mempererat hubungan sesama muslim. Bisa juga dijadikan sebagai ajang dakwah. 

Memperlihatkan kemuliaan umat Islam

Dengan melaksanakan shalat berjamaah di masjid, kita akan keluar dan masuk masjid secara beramai-ramai, dan ini akan memperlihatkan kemuliaan umat Islam, dan akan membuat para musuh takut. 

Pahala dilipatgandakan oleh Allah

Dan masih banyak lagi. Semoga kita menjadi salah satu orang yang istiqamah melaksanakan shalat berjamaah. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Demikian contoh kultum tentang sholat berjamaah, semoga bermanfaat.

 

Posting Komentar untuk "Contoh Kultum Tentang Shalat Berjamaah"