Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kultum Tentang Waktu

kultum tentang waktu
sumber gambar: muslimah.or.id

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Arobiyahinstitute.com | Setiap manusia mendapatkan jatah waktu yang sama setiap harinya. Yakni sebanyak 24 jam sehari semalam. Sayangnya, ada orang-orang yang bijak untuk memanfaatkan waktu mereka dan ada pula yang sebaliknya. 

Nah di dalam Islam sendiri Kita diharuskan untuk memaksimalkan waktu yang ada sebaik mungkin. Dan saking pentingnya waktu, tidak ada salahnya untuk menjadikan waktu sebagai salah satu tema kultum yang nantinya bisa kalian sampaikan. Baik itu saat akan mengikuti perlombaan ataupun ada event-event lain. Berikut ini merupakan salah satu contoh naskah kultum tentang waktu.

Contoh kultum singkat tentang waktu

بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

حَمْدًا و شُكْرًا وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَّ اِلَّا بِاللهِ

اَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ وَ الْحَاضِرَاتُ.......

Alhamdulillahirobbilalamin. Segala puji hanya milik Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Tuhan sekalian alam yang telah menganugerahkan banyak kebaikan-kebaikan kepada kita. Yang ketika kita berusaha untuk menghitung-hitungnya maka niscaya kita tidak akan mampu. Hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh Allah dalam firmannya, yakni Wain ta'uddu nikmat Allah La tukhsuuha. Semoga Allah menjadikan kita hamba-Nya yang selalu bersyukur. 

Shalawat serta salam marilah sama-sama kita kirimkan kepada Baginda Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Seorang figur yang namanya tercatat indah di dalam sejarah. Lelaki Hebat yang senantiasa berjuang demi tegaknya kalimat Lailahaillallah. Dan syafaatnya lah yang kita harapkan Yaumil akhir nanti. Hadirin yang dirahmati Allah.

Setiap detik dan menit waktu yang diberikan oleh Allah subhanahu wa ta'ala adalah kesempatan yang baik untuk kita jadikan sebagai momen mengharapkan rahmatnya dan beribadah kepada Allah. Dan di dalam Islam setiap muslim diharuskan mampu memanfaatkan waktu yang mereka miliki untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Itu artinya kita dituntut untuk senantiasa memanfaatkan waktu dengan mengerjakan hal-hal yang positif. Saking pentingnya memanfaatkan waktu dengan baik ada beberapa dalil yang menunjukkan hal tersebut. Salah satunya adalah yang terdapat di dalam sebuah hadis,

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنْ النَّاسِ الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

Dua nikmat, kebanyakan manusia tertipu dengan keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR. Al-Bukhari)

Hadis tersebut memperlihatkan kepada kita bahwa ternyata ada dua kenikmatan yang tidak mampu dikelola oleh manusia sebaik mungkin. Yaitu nikmat sehat dengan waktu luang. Sehingga suatu hari nanti yang datang hanyalah penyesalan demi penyesalan. 

Kemudian perintah untuk memanfaatkan waktu dengan baik juga terdapat di dalam firman Allah Quran al-Asr. Yang mana Allah bersumpah Demi Waktu. Hal ini menunjukkan bahwasanya waktu merupakan sesuatu yang amat penting, sehingga Allah bersumpah dengannya. Setiap waktu yang telah berlalu tidak akan bisa kita kembalikan barang Sedetik pun. Maka dari itu, Alangkah baiknya jika mulai saat ini kita mempergunakan waktu yang ada sebaik mungkin. 

Karena waktu yang telah Allah berikan bisa jadi merupakan kesempatan kita untuk mendapatkan rahmat Nya. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Salah satunya adalah membuat list kegiatan kita setiap harinya. Dengan membuat list kegiatan setiap harinya, kegiatan-kegiatan yang kita lakukan tentu akan jauh lebih terstruktur. 

Karena setelah selesai mengerjakan satu pekerjaan, kita tahu apalagi yang akan kita kerjakan berikutnya. Dalam membuat to do list, atau kegiatan apa saja yang akan dikerjakan, kita dapat memasukkan kegiatan-kegiatan bermanfaat yang dapat meningkatkan keimanan kita. Seperti bersedekah, kemudian belajar, memperbanyak ibadah sunnah, dan lain sebagainya. Bahkan kalau bisa, tulisan to do list tersebut di sebuah papan yang tertempel di dinding. Agar kita selalu berpacu padanya dalam melakukan banyak hal.

Demikian kultum tentang waktu yang bisa digunakan. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk " Contoh Kultum Tentang Waktu"