Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Ma'had Bilal Bin Rabah UNIMUDA Sorong

ma'had bilal bin rabah

Arobiyahinstitute.com | Di sini saya akan berbagi informasi seputar Lembaga Pendidikan Bahasa arab yang ada di Papua Barat, tepatnya di kabupaten Sorong. Jadi bagi kalian yang berasal dari Papua, tidak perlu bingung cari tempat belajar Bahasa arab yang bagus, karena di sorong sudah tersedia Lembaga Pendidikan Bahasa arab yang bagus yang menerapkan kurikulum dari timur tengah. Dia adalah Ma’had Bilal Bin Rabah yang berada dibawah naungan Universitas Pendidikan Muhammadiyah atau UNIMUDA Sorong.

Sejarah Ma’had Bilal Bin Rabah Unimuda Sorong

Ma’had Bilal Bin Rabah adalah Lembaga Pendidikan yang mengkhususkan diri dalam penyelenggaraan Pendidikan Bahasa arab dan studi islam. Ia didirikan pada tahun 2009 oleh Yayasan AMCF (Asian muslim charity foundation) bekerjasama dengan STKIP Muhammadiyah sorong.

Ia merupakan Ma’had yang ke 18 dari ma’had-ma’had yang didirikan oleh AMCF yang tersebar di seluruh Indonesia. Ia terletak di komplek UNIMUDA Sorong yang berada di jalan Kyai haji Ahmad Dahlan No 1, Mariat Pantai, distrik Aimas, kabupaten Sorong. Ma’had Bilal Bin Rabah menawarkan 2 program studi, yakni program studi I’dad lughawi (Diploma Bahasa arab) dan tahfidz dengan durasi belajar 5 semester atau 2,5 tahun.

Pada tanggal 1 september 2020, terjadi perubahan pengelolaan ma’had-ma’had yang berada dibawah AMCF. AMCF menyerahkan semua ma’had-ma’hadnya kepada Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Sejak saat itulah pengelolaan Ma’had Bilal Bin Rabah berpindah ketangan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

Setelah perubahan itu, terjadi integrasi antara Ma’had Bilal Bin Rabah dan UNIMUDA Sorong dalam pengelolaan program studi yang ditawarkan. Bagi mahasiswa yang sudah menyelesaikan Pendidikan Bahasa arab di Ma’had akan otomatis naik kesemester 5 pada program studi Pendidikan Agama Islam yang dikelola UNIMUDA Sorong.

Jadi lulusan ma’had akan memperoleh gelar sarjana Pendidikan setelah menyelesaikan program Pendidikan dima’had dan di UNIMUDA Sorong.  Bagi para lulusan Program ini mempunyai keunggulan dibanding lulusan dari universitas lain. Keunggulan mereka adalah pandai berbahasa arab baik lisan maupun tulisan sekaligus menguasai materi seputar agama islam dengan baik.

Penerimaan Mahasiswa Baru Ma’had Bilal Bin Rabah UNIMUDA Sorong Tahun 2022/2023

Pada mulanya ma’had bilal bin rabah menerima mahasiswa baru 2 kali dalam setahun, yakni pada semester ganjil dan genap. Namun setelah integrasi dengan UNIMUDA, penerimaan mahasiswa baru menjadi sekali dalam setahun,yakni pada semester ganjil saja.

brosur pmb ma'had bilal bin rabah

Persyaratan

Adapun syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar adalah:

  • Mengisi formular pendaftaran
  • Ijazah transkrip dan transkrip nilai
  • Raport kelas X s.d XII
  • Kartu keluarga dan KTP

Waktu pendaftaran

Waktu pendaftaran dibagi kedalam tiga gelombang, yakni:

  • Gelombang 1 : 24 januari – 16 april 2022
  • Gelombang 2 : 18 april – 16 juli 2022
  • Gelombang 3 : 18 juli – 31 september 2022

Biaya

Adapun rincian biaya yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • Pendaftaran : Rp. 150.000
  • SPP per semester : Rp. 2.000.000
  • DPP 1X selama studi : Rp. 2.500.000
  • Asrama/bulan: Rp.300.000 (sudah termasuk biaya makan 3X sehari, listrik, dan biaya bangunan)

untuk info lebih lanjut, hubungi:

Arif aji : 081313112070

Itulah informasi seputar profil dan penerimaan mahasiswa baru Ma’had Bilal Bin Rabah UNIMUDA Sorong. Bagi yang ingin belajar Bahasa arab,  tempat ini sangat rekomended, karena kurikulumnya sudah teruji.

Posting Komentar untuk "Profil Ma'had Bilal Bin Rabah UNIMUDA Sorong"