Ceramah Singkat Tentang Manfaat Puasa

ceramah singkat tentang manfaat puasa
Sumber gambar: pixabay

Arobiyahinstitute.com | Ceramah singkat, atau yang lebih kita kenal dengan sebutan ‘kultum’ merupakan salah satu rangkaian acara yang erat dengan Bulan Ramadhan. Nah biasanya, yang menyampaikannya bukan hanya dari kalangan orang tua atau pengurus masjid saja, tapi juga dari kalangan anak muda.

Bahkan menariknya, ada beberapa sekolah yang mengharuskan siswa-siswi mereka untuk menyampaikan kultum di bulan Ramadhan loh. Jika anda mendapatkan tugas tersebut, tampaknya anda perlu mencari tema yang tepat. Dan salah satu tema yang tepat buat diangkat adalah manfaat puasa. So, berikut ini merupakan contoh ceramah singkat tentang manfaat puasa yang bisa anda jadikan bahan pelajaran.

Manfaat Puasa

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِيْ خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاتَ لِيَبْلُوَ كُمْ اَيُّكُمْ اَحْسَنُ عَمَلاً وَهُوَالعَزِيْزُالْغَفُوْرٌ

Hadirin yang dirahmati Allah, dan semoga senantiasa dalam lindungan Nya.
Puji syukur atas segala rahmat yang telah Allah berikan. Sehingga di malam yang berbahagia ini kita masih bisa menunaikan ibadah yang mulia, dan berjumpa dengan bulan Ramadhan yang penuh berkah. Shalawat dan salam semoga tercurahkan atas junjungan kita, sang suri tauladan terbaik. Allahumma shalli ‘ala sayyidina muhammad, wa ‘ala ali sayyidina muhammad.

Bapak Ibu, serta hadirin yang dirahmati Allah.

Bisa sampai di bulan Ramadhan adalah impian kita semua. Sebab di dalamnya banyak kebaikan-kebaikan untuk kita. Di bulan ini, Allah perintahkan kita untuk melaksanakan salah satu rukun Iman, yakni berpuasa. Di mana, puasa ini hukumnya wajib, dan sudah Allah perintahkan pula terhadap umat kita yang terdahulu. Tujuannya apa? Yakni agar kita mencapai taqwa, atau menjadi hamba Nya yang bertaqwa. Hal ini sebagaimana yang terdapat di dalam al-Quran yang berbunyi:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. QS. Al Baqarah 183

Jadi, sudah sangat jelas hadirin, bahwa Allah menyeru, Allah memanggil kita, hamba Nya yang merasa beriman untuk berpuasa, memenuhi kewajiban. Menariknya, ada banyak sekali manfaat berpuasa. Salah satunya adalah mendapatkan kesempatan untuk menjadi hamba yang lebih baik.

Memang benar, bahwa setiap harinya Allah berikan kita kesempatan untuk menjadi lebih baik, namun biasanya, tidak sedikit dari kita yang lalai kan? Dan hanya ingin berubah tatkala ada momentum besar. Dan biasanya, Ramadhan, atau berpuasa di bulan Ramadhan dijadikan sebagai momentum seseorang menjadi hamba yang lebih baik.

Hadirin yang dirahmati oleh Allah.
Mengapa bulan Ramadhan merupakan momentum yang kerap dijadikan oleh orang orang sebagai ajang perubahan? Dan bisa membuatnya menjadi hamba yang lebih baik? Tentu saja, karena di bulan ini setiap Muslim akan jauh lebih memperhatikan apa-apa yang dilaksanakannya. Memperhatikan dan menjalankan apa saja yang Allah perintahkan dan menjauhi apa yang Allah larang.

Mengapa demikian? Maka jawabannya, adalah agar puasa yang dilaksanakan setiap hari di Bulan Ramadhan bukan hanya menghasilkan rasa lapar dan haus saja. Dan tidak bisa dipungkiri, banyak juga di antara kita yang ternyata berpuasa hanya mendapatkan keduanya, yakni rasa lapar dan haus. Hal ini sebagaimana yang disebutkan di dalam hadist yang berbunyi:

رُبَّ صَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الجُوْعُ وَالعَطَشُ
Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga saja.” HR. Bukhari no. 1903.

Hadirin, tentulah kita tidak ingin menjadi orang-orang yang demikian kan? Orang-orang yang hanya mendapatkan rasa lapar dan haus saja. Maka dari itu, isilah Ramadhan kita dengan kegiatan atau amalan amalan yang baik. Nasehati dan tahan diri kita dari hal-hal yang akan membuat puasa menjadi sia-sia.

Seperti berghibah, berbohong, dan maksiat-maksiat yang lainnya. Dan jika kita berhasil menahan diri dari segala hal yang Allah larang, kita melaksanakan dengan iman dan ketaqwaan serta keikhlasan, maka kita akan mendapatkan salah satu manfaat berpuasa, yakni menjadi insan yang lebih baik. Dan inilah yang akan menjadi modal kita untuk terus berbuat kebaikan tatkala Ramadhan sudah pergi meninggalkan kita. Maka dari itu, mari sama-sama kita tingkatkan ibadah kita, agar kita mendapatkan manfaatnya, yakni menjadi orang yang lebih baik. Demikian ceramah singkat tentang manfaat puasa yang saya sampaikan kali ini, semoga bermanfaat. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Nah itulah dia salah satu contoh ceramah singkat tentang manfaat puasa yang bisa anda pelajari, semoga membantu ya.