Kultum Tentang Malam Lailatul Qadar

Kultum tentang malam lailatul qadar
Sumber gambar: pixabay

Arobiyahinstitute.com | Malam lailatul qadar, merupakan salah satu pembahasan menarik dan penting untuk disampaikan ketika memasuki bulan Ramadhan. Hal ini karena ada banyak sekali keutamaan yang ada di dalamnya. Bahkan, hal ini pun telah disampaikan oleh Allah di dalam QS. Al-Qadr. Nah biasanya, ketika Ramadhan tiba, beberapa di antara anda pasti ada yang diminta untuk menyampaikan kultum kan?

Jika anda termasuk salah satunya, dan masih bingung mau menyampaikan apa, mending sampaikan saja kultum tentang malam lailatul qadar. Kalau misalnya masih bingung juga apa saja yang akan disampaikan dalam kultum tersebut, bisa simak contoh kultum tentang malam lailatul qadar berikut.

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحالـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Hadirin yang dirahmati Allah ..
Bersyukur kita atas kehadirat Allah, karena masih memberikan kita banyak kenikmatan yang tidak akan bisa dihitung. Salah satu nikmat tersebut adalah kesehatan, sehingga kita bisa menjalankan ibadah di bulan yang mulia ini. Shalawat serta salam, kepada junjungan kita. Rasulullah, Muhammad saw. Sang suri tauladan terbaik sepanjang masa.

Hadirin, tidak terasa, kita sudah menjalankan ibadah di bulan mulia ini selama seminggu. Itu artinya, tidak lama lagi kita akan menjemput malam lailatul qadar. Yang mana, malam ini merupakan malam yang sangat istimewa, karena hanya terjadi di bulan Ramadhan saja. Di malam istimewa tersebut, Allah melipat gandakan amalan-amalan yang kita laksanakan. Bahkan, kebaikan dan keistimewaan malam lailatul qadar ini ini melebihi seribu bulan. Hal ini sebagaimana yang terdapat di dalam firman Allah yang berbunyi:


إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)

Artinya, “Sungguh Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar. (1) Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? (2) Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. (3) Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. (4) Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.” (QS Al-Qadr: 1-5).

Dari firman tersebut, kita bisa katakan, bahwasanya siapapun yang berjumpa dengan malam tersebut, maka ia merupakan salah satu orang yang paling beruntung di dunia. Selain itu, di dalam sebuah hadis juga disebutkan:

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Artinya, “Barang siapa beribadah pada malam Lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala (dari Allah), maka diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu”. (HR Al-Bukhari).

MasyaAllah. Hadirin, bukankah sangat jelas, bahwa Allah sangat mengistimewakan malam tersebut? Dan dua dalil tersebut merupakan salah satu motivasi kita agar terus istiqomah dalam beribadah, agar berkesempatan menjumpai atau menemui malam yang lebih baik dari malam seribu bulan tersebut. Kesempatan yang telah Allah berikan kepada kita untuk berjumpa dengan bulan Ramadhan kali ini harus bisa dimaksimalkan sebaik mungkin. Yakni dengan cara istiqomah beribadah. Keistiqomahan kita dalam beribadah akan membuat kita lebih dekat dengan malam tersebut.

Hadirin yang semoga senantiasa dalam lindungan Allah
Sebagaimana kita tahu, bahwa salah satu sinyal atau tanda yang bisa kita petik kapan turunnya malam lailatul qadar adalah 10 malam terakhir di bulan Ramadhan. Dan fenomena yang terjadi saat ini, justru di malam malam tersebut jumlah jamaah sudah surut, sebab disibukkan dengan kegiatan-kegiatan lain. Ada yang memilih berbelanja, jalan-jalan, nongkrong, membuat kue, persiapan lebaran, dan yang lainnya. Tentu saja, akan jauh lebih baik jika kita mulai bijak menata ibadah.
    
Jangan sampai kita melewatkan 10 malam terakhir di bulan ini, agar kita menjadi salah satu orang yang beruntung, yang Allah dilipatgandakan kebaikannya. Demikian kultum tentang malam lailatul qadar pada malam hari ini. Semoga Allah berikan keistiqomahan kepada kita, agar bisa memaksimalkan ibadah di kesempatan yang diberikan. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Oke, itulah dia contoh kultum tentang malam lailatul qadar yang bisa dipelajari. Semoga membantu.