Ceramah Singkat Tentang Sabar Dalam Menghadapi Cobaan

Ceramah Singkat Tentang Sabar Dalam Menghadapi Cobaan
 

Arobiyahinstitute.com | Ada banyak sekali tema dakwah yang bisa diangkat oleh seorang penceramah. Salah satu tema menarik yang bisa diangkat adalah tema yang berkaitan erat dengan kehidupan manusia, yakni sabar. Apalagi biasanya, tema-tema yang dekat dengan kehidupan akan membuat isi ceramah lebih mudah dicerna, dan diaplikasikan di kehidupan. Nah, bagi anda yang sedang mencari naskah ceramah singkat, mungkin bisa mempelajari dan menggunakan contoh ceramah singkat tentang sabar dalam menghadapi cobaan berikut.

Ceramah Singkat Tentang Sabar Dalam Menghadapi Cobaan

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحالـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillah. Ucap syukur, sebab Allah masih memberikan segala kenikmatan kepada kita. Hingga detik ini, kita masih diberikan kesehatan, kesempatan, dan segala kenikmatan lain. Shalawat dan salam, kepada baginda Muhammad, sang suri tauladan, yang di dalam dirinya terdapat akhlak yang terbaik.
Hadirin yang dirahmati oleh Allah.

Hidup ini adalah tempatnya ujian. Tidak heran jika dalam menjalaninya kita mendapati banyak kerikil tajam di tengah jalan. Yang kadang kala membuat kita merasa lemah iman, merasa bahwa ujian terlalu berat, merasa kalau Tuhan tidak adil. Padahal sejatinya, setiap orang akan mendapatkan masalahnya dan ujiannya masing-masing. Ada yang diuji Allah dengan rasa takut lapar, harta benda, dan yang lainnya. Hal ini sebagaimana yang terdapat di dalam firman Allah dalam QS. al-Baqarah ayat 155 yang berbunyi:

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ

Artinya: “Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS Al Baqarah: 155)

Maka dari itu, ketahuilah, bahwa tidak ada satu orangpun yang tidak diuji oleh Allah. Bahkan yang menariknya, semakin kuat keimanan kita, akan semakin kuat ujian yang Allah berikan. Sebagai seorang hamba, kita hanya bisa berikhtiar dan sabar dalam menjalani cobaan hidup yang Allah berikan. Karena kita tidak memiliki wewenang, dan tidak mempunyai kemampuan memilih dan memilah mana masalah yang akan kita hadapi.

Apapun masalah yang datang, pergantiannya pun harus kita syukuri. Masyaallah. Karena kadang, di balik cobaan yang Allah berikan, ada banyak hal baik dalam hidup kita. Cobaan-cobaan yang ada harus kita hadapi dengan berlapang dada, karena ujian dan cobaan akan menguji keimanan kita. Bagaimana respon kita tatkala mendapatkan ujian? Sabarkah kita, atau malah justru lebih banyak mengeluh? Ketahuilah, bahwasanya ujian yang Allah berikan akan membuat kita lebih kuat.
Hadirin yang dirahmati oleh Allah.

Sejauh ini, kita semua pasti sudah menghadapi banyak ujian kan? Ada ujian yang mungkin hanya datang sesaat, dan ada pula ujian yang datang berkepanjangan. Dan sebagai seorang muslim, kita harus percaya bahwasanya di balik musibah ada kebaikan-kebaikan yang Allah selipkan. Yakni ketenangan dan ketabahan di dalam jiwa kita. Hal ini sebagaimana yang terdapat di dalam QS. al-Taghabun ayat 11 yang berbunyi:
مَآ اَصَابَ مِنْ مُّصِيْبَةٍ اِلَّا بِاِذْنِ اللّٰهِ ۗوَمَنْ يُّؤْمِنْۢ بِاللّٰهِ يَهْدِ قَلْبَهٗ ۗوَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ

Artinya: Tidak ada sesuatu musibah yang menimpa (seseorang), kecuali dengan izin Allah; dan barangsiapa beriman kepada Allah, niscaya Allah akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
Hadirin rahimahullah.

Dalam hal ini, Imam Ibnu Katsir menafsirkan, bahwasanya tatkala seseorang mendapatkan masalah atau ujian, kemudian ia yakin bahwasanya masalah atau ujian tersebut adalah ketentuan, serta takdir yang Allah tetapkan, lantas ia sabar dan berharap mendapatkan balasan dari Nya, disertai dengan tawakkal atas apapun ketentuan Allah, maka Allah akan memberikan ketenangan, dan petunjuk di dalam hatinya sebagai ganti musibah di dunia yang ia hadapi. Bahkan, bisa saja Allah justru mengganti apa yang hilang darinya, dengan sesuatu yang lebih baik.

Maka dari itu, apapun masalah atau ujian yang saat ini kita hadapi, bersabarlah atasnya. Karena Allah pasti akan memberikan sesuatu yang baik di balik ujian tersebut. Demikian ceramah singkat tentang sabar dalam menghadapi cobaan yang saya sampaikan, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.