Kultum Singkat tentang Wanita yang Dirindukan Surga

Kultum Singkat tentang Wanita yang Dirindukan Surga
Sumber gambar: pixabay
 

Arobiyahinstitute.com | Ceramah singkat atau yang biasa disebut dengan kultum merupakan salah satu metode menyampaikan sesuatu dalam waktu yang singkat. Nah karena keterbatasan waktu, maka anda sebagai pihak yang menyampaikan mesti bisa mengemas materi sebaik mungkin. Adapun salah satu materi yang bisa anda angkat adalah wanita yang dirindukan surga. Buat yang belum punya naskahnya, bisa simak contoh kultum singkat tentang wanita yang dirindukan surga berikut.

Kultum Singkat tentang Wanita yang Dirindukan Surga

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
الحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِاْلهُدَى وَدِيْنِ اْلحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ اْلكَافِرُوْنَ وَلَوْ كَرِهَ اْلمُشْرِكُوْنَ وَلَوْ كَرِهَ اْلمُنَافِقُوْنَ

Alhamdulillahirabbil ‘alaamin. Segala puji hanya milik Allah, Tuhan semesta alam yang senantiasa memberikan segala rahmat Nya kepada kita. Shalawat dan salam kepada baginda Muhammad, dengan sama sama bershalawat kepada beliau, Allahumma shalli ‘ala muhammad, wa’ala ali Muhammad.
Hadirin yang dirahmati oleh Allah......

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan kultum singkat tentang wanita yang dirindukan surga. Hadirin yang dirahmati oleh Allah, menjadi salah satu wanita yang dirindukan oleh surga adalah impian nyaris semua perempuan Muslim. Iya kan? Lantas sebenarnya, siapakah, atau seperti apakah wanita yang dirindukan oleh surga itu sendiri? Saking inginnya menjadi salah satu wanita yang dirindukan oleh surga, kita kerap berdoa, tapi apakah berdoa saja cukup?

Tentu tidak, dalam hal ini, terdapat sebuah hadits yang berasal dari Atha bin Abi Rabah, beliau berkata bahwasanya Ibnu Abbas telah berkata kepadanya, "Maukah aku tunjukkan seorang wanita penghuni surga?". Kemudian Aku menjawab, "iya". Lalu ia melanjutkan dengan berkata "wanita hitam itulah yang datang ke Nabi Muhammad, kemudian ia berkata, bahwasanya aku mendapatkan penyakit ayan atau epilepsi, dan auratku tersingkap ketika penyakitku kambuh. Doakanlah untukku supaya Allah menyembuhkannya". Lalu Rasulullah bersabda, "jika engkau mau, maka bersabarlah, maka bagimu surga, dan apabila engkau mau, maka aku akan mendoakan supaya Allah menyembuhkanmu". Wanita tersebut berkata, "aku memilih bersabar". Kemudian berkata lagi, "ketika penyakit ayan menimpaku, auratku terbuka, maka doakanlah supaya auratku tidak tersingkap". Kemudian Rasulullah mendoakannya (HR. Bukhari Muslim)

MasyaAllah. Wanita luar biasa yang lebih memilih untuk bersabar dibandingkan kesembuhannya tersebut bernama Su’airah al-Asadiyyah. Dan ia juga meminta Rasulullah untuk mendoakan agar auratnya tidak lagi tersingkap. Beliau dikenal dengan panggilan Ummu Zufar ra. Meskipun namanya kurang terkenal, dan tidak banyak para pakar sejarah menuliskan hidupnya secara rinci, namun kisah ini adalah kisah yang menarik perhatian semua orang. Dan ada banyak sekali faedah, tauladan, serta pelajaran berharga dari kisah wanita yang shalihah tersebut. Masyaallah.

Beliau merupakan wanita yang asalnya dari Habsyah, kulitnya berwarna hitam, namun memilih keimanan yang luar biasa, ia juga tulus beriman kepada Nya. Su’airah al-Asadiyyah merupakan cahaya, dan bukti bahwasanya ada kesabaran besar dari seorang wanita. Ia juga merupakan wanita, sosok yang ridha atas apapun yang telah Allah gariskan. Wanita yang datang kepada Rasulullah, pemimpin kita, tatkala ia mendapatkan musibah. Dan kisah ini terdapat di dalam kitab yang ditulis oleh imam Bukhari. Sebagaimana kisah yang sudah kami sebutkan di atas.

Hadirin rahimakumullahu.....
Kisah sederhana tersebut tidak patut untuk dilupakan oleh sejarah, mengingat kesabaran, dan keimanannya yang sangat tinggi. Ummu Zufar berupaya, agar tetap menjaga haknya Allah yang ada di dalam dirinya. Bahkan ketika ditimpa dengan penyakit yang berat, ia tetap berusaha bersabar. Ini menunjukkan bahwasanya ia percaya bahwa kesabaran yang dilakukan oleh seorang muslim atas akan musibah yang diberikan oleh Allah, akan diberikan kebaikan sebagai balasan, yakni di hari kiamat kelak. Dan dalam hal ini, Allah juga bersabda dalam QS. al-Zumar ayat 10 yang berbunyi:

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ
Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang akan diberi pahala tanpa batas.” (QS Az-Zumar :10)

Maka dari itu hadirin, salah satu cara agar kita bisa menjadi salah satu wanita yang dirindukan surga adalah mempunyai kelapangan hati, bersabar atas apapun yang telah Allah tetapkan. Bersabar atas segala musibah yang diberikan oleh Allah. Semoga Allah mudahkan kita menjadi salah satu hambanya yang dirindukan surga, yang sabar dan keimanannya sama seperti keimanan yang dimiliki oleh Ummu Zufar. Demikian kultum singkat tentang wanita yang dirindukan surga kali ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.