Kultum tentang Adab Berbicara

Kultum tentang Adab Berbicara
Sumber gambar: pixabay


Arobiyahinstitute.com | Berbicara soal adab memang tidak ada habisnya. Karena ia adalah sesuatu yang sangat erat, dan dekat dengan manusia. Bahkan mungkin, tiap detiknya kita selalu terkait dengan hal tersebut. Mengingat pentingnya adab, maka tidak ada salahnya untuk menyampaikan kultum tentang adab. Dan salah satu adab yang paling menarik untuk dibahas adalah adab berbicara. Nah, berikut adalah contoh kultum tentang adab berbicara yang bisa anda coba.

Kultum tentang Adab Berbicara

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

Alhamdulillah. Bersyukur kita atas segala rahmat yang telah Allah berikan kepada kita tiada henti. Dan semoga kita senantiasa menjadi hamba Nya yang senantiasa bersyukur, atas apapun yang telah Allah berikan. Termasuk hal-hal sulit pastinya. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada junjungan alam, Rasulullah Muhammad, yang berjuang demi tegaknya kalimat la ilaha illallah, masyaallah.

Hadirin yang semoga senantiasa dalam lindungan Nya.......

Islam merupakan agama yang kamil. Yang mana, semua bagian dari hidup kita diatur dengan sangat rinci. Sehingga, tidak ada yang namanya tidak punya arah dan tujuan. Bahkan, semuanya telah diatur secara baik dan tepat, mulai dari kita bangun tidur hingga tertidur kembali.
Islam adalah agama yang rahmatan lil ‘alamin yang ajarannya memberikan kedamaian kepada semua umat. Yang di dalamnya terdapat adab-adab yang meski dijalankan oleh setiap pemeluknya. Nah, salah satu adab yang mungkin kerap terlewatkan oleh kita adalah adab berbicara.

Ya, meskipun terkesan sederhana atau bahkan sepele, sebagai umat Islam juga akan lebih baik jika kita tahu bagaimana sebenarnya adab berbicara di dalam Islam? Adapun salah satu adab berbicara yang dicontohkan oleh Rasulullah adalah dengan berbicara secara tenang, tidak terlalu cepat. Mengapa demikian?

Ternyata, tatkala kita berbicara dengan tempo yang cepat, dapat membuat lawan bicara kita merasa kesulitan dalam memahami apa makna pembicaraan yang dilakukan. Namun tatkala kita berbicara dengan tenang, tidak terlalu cepat, justru akan membuat orang yang mendengarkan lebih mudah memahami maksud yang kita sampaikan. MasyaAllah. Tentu saja, adab ini adalah adab yang sangat mulia, sebab kita berusaha memberikan yang terbaik terhadap orang orang yang ada di sekeliling kita. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibunda ‘Aisyah, beliau mengatakan:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، كَانَ يُحَدِّثُ حَدِيثًا لَوْ عَدَّهُ العَادُّ لَأَحْصَاهُ
Sesungguhnya yang menjadi kebiasaan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berbicara adalah jika seandainya ada orang yang menghitungnya, niscaya dia akan mampu menghitungnya.” (HR. Bukhari no. 3567 dan Muslim no. 2493)

Dan di dalam hadist yang lain juga disebutkan:
إِنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لَمْ يَكُنْ يَسْرُدُ الْحَدِيثَ كَسَرْدِكُمْ
Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah berbicara dengan cepat (nyerocos) seperti kalian.” (HR. Muslim no. 2493)

Melihat cara berbicara Rasulullah yang demikian, tentu kita bisa berkaca kepada adab berbicara yang selama ini kita lakukan atau terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan tidak bisa dipungkiri bahwasanya nggak sedikit di antara kita yang justru mempunyai karakter berbicara yang terkesan cepat, atau terburu-buru. Meski sebenarnya tidak ada yang harus dikejar. Iya kan? Jika ternyata berbicara dengan cepat, terburu buru sudah menjadi kebiasaan kita, maka sudah waktunya kita berbenah saudaraku.
Kemudian adab berbicara selanjutnya adalah berbicara yang baik-baik saja. yakni kita dilarang mengatakan sesuatu yang buruk, sebagaimana hadits Rasullah berikut:

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ (رواه البخاري)
Artinya: "Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia mengatakan yang baik atau hendaklah ia diam" (HR. Bukhari).
kemudian adab berbicara selanjutnya adalah hendaknya kita tidak berbicara secara diam-diam (berbisik-bisik) antara dua orang dan meninggalkan orang yang ketiga. Hal itu sebagaimana sabda hadits Rasulullah berikut:

وَعَنِ ابنِ عُمَر رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إِِذََا كَانُوا ثَلَاثَةٌ فَلَايَتَنَاجَى اثْنَانِ دُونَ الثَّالِث". متفق عليه.

Artinya: "dari Ibnu Umar Radhiyallahu Anhuma bahwasanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Apabila berkumpul tiga orang maka janganlah dua orang di atara mereka itu berbisik-bisik tanpa menyertakan orang ke tiga". (Muttafaq alaihi)

Jadi jika sedang bertiga dengan teman-teman, maka janganlah kita berbisik-bisik dua orang dan meninggalkan teman yang lain, karena itu menimbulkan prasangka buruk, dan bisa membuatnya sedih.

Hadirin yang dirahmati Allah..........

Setelah mengetahui adab-adab berbicara diatas, kita harus menerapkan dalam kehidupan sehari hari. Mengapa demikian? Ya tentu saja agar membuat orang lain, atau lawan bicara kita bisa memahami maksud yang ingin kita sampaikan. Mereka bisa mengambil pelajaran dari obrolan yang dilakukan, dan mengambil pelajaran dari apa yang mereka dengar.

Jangan sampai nih, kita menyampaikan sesuatu yang sangat bermanfaat sebenarnya, namun ternyata karena tempo bicara kita yang terlalu cepat justru membuat pesan tersebut tidak tersampaikan, sebab tidak terdengar dan tertangkap baik oleh orang yang mendengarkannya.

Selain itu agar tidak terjadi perselisihan diantara kita disebabkan perkataan kita yang buruk atau karena prasangka buruk yang timbul karena pembicaraan yang diam-diam (bisik-bisik) diantara kita.

Maka dari itu, marilah sama sama kita mulai perbaiki adab berbicara kita. Kepada siapapun itu. Demikian kultum tentang adab berbicara kali ini, semoga bermanfaat. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.