Kultum Tentang Keutamaan Bulan Ramadhan

 

Kultum tentang keutamaan bulan ramadhan
Sumber gambar: pixabay

Arobiyahinstitute.com | Salah satu tema kultum yang menarik untuk disampaikan tatkala berada di bulan Ramadhan adalah keutamaan bulan Ramadhan. Hal ini karena memang ada banyak sekali keutamaannya. Itulah mengapa, pada contoh kultum kali ini, kami memberikan contoh kultum tentang keutamaan bulan Ramadhan. Berikut ini contohnya.

Kultum Tentang Keutamaan Bulan Ramadhan

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
اَلْحَمْدُ لله الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ، لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَكَفَى بِاللهِ شَهِيْدًا، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ, وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ, اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ, أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Allah, Tuhan seluruh alam, yang tidak pernah lelah mengurus makhluk Nya. Shalawat dan salam kepada Rasulullah, sang suri tauladan sepanjang zaman, yang telah memperjuangkan Islam dengan segenap jiwa dan raganya.

Hadirin yang dirahmati oleh Allah....

Di malam yang berbahagia ini, kita masih diberikan kesempatan oleh Allah untuk menunaikan ibadah di bulan yang mulia. Di mana, di bulan ini kita diwajibkan oleh Allah untuk berpuasa Ramadhan selama sebulan full, sesuai dengan firman Allah di dalam surah al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُون

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Dari ayat tersebut, dapat kita lihat, bahwasanya perintah untuk menunaikan ibadah puasa ini bukan hanya diberikan kepada kita saja, melainkan juga kepada umat umat terdahulu. Dan ada banyak sekali keutamaan yang bisa kita peroleh di bulan ini. Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan kultum tentang keutamaan Bulan Ramadhan.

Hadirin rahimakumullah.....

Ada banyak sekali keutamaan bulan Ramadhan. Dan sebagai hamba yang diseru oleh Allah untuk menunaikan ibadah puasa di bulan ini, yakni salah satu orang yang beriman, kita tentu selalu berupaya sebisa mungkin agar bisa mendapatkan keutamaan-keutamaan tersebut. Lantas sebenarnya, apa saja keutamaan bulan Ramadhan? Keutamaan yang pertama adalah bulan diturunkannya al-Quran. Hal ini sebagaimana yang terdapat di dalam QS. al-Baqarah ayat 185 yang berbunyi:

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا۟ ٱلْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda. Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan, maka sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

Di dalam tafsir Ibnu Katsir, disebutkan bahwasanya Allah memuji bulan Ramadhan daripada bulan yang lainnya. Hal ini karena bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya al-Quran. Keutamaan yang kedua, setan-setan dibelenggu, kemudian pintu-pintu neraka ditutup, sementara pintu-pintu surga dibuka oleh Allah. Keutamaan inilah yang membuat kita merasa lebih mudah menjalankan ibadah, dan meningkatkan ketaatan kepada Nya. Dan di bulan ini, juga kita melihat banyak sekali di antara kita yang lebih mudah melakukan berbagai macam ibadah, dibandingkan dengan bulan-bulan yang lainnya kan? Masyaallah.

Maka, jangan heran tatkala kita menemukan banyak orang yang sibuk memperbaiki diri, sibuk beribadah, dan lebih mudah menjauhi maksiat. Adapun keutamaan bulan Ramadhan yang selanjutnya adalah adanya malam yang penuh dengan kemuliaan dan keberkahan. Yakni malam lailatul qadar. Di mana, di dalam QS. al-Qadr disebutkan bahwasanya malam kemuliaan tersebut adalah satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. MasyaAllah.

Kemudian, di dalam QS. al-Dukhan ayat 3 juga disebutkan bahwasanya Allah menurunkannya di suatu malam yang diberkahi, dan Allah yang memberi peringatan. Dan untuk mendapatkan malam seribu bulan tersebut, kita harus senantiasa istiqomah di jalan Nya. Beribadah hingga akhir malam Ramadhan. Sementara keutamaan yang lainnya adalah salah satu waktu dikabulkannya doa.

Sebagai seorang muslim, kita memiliki kesempatan untuk berdoa, kapanpun, dan dimanapun kita berada. Dan kita juga bisa berdoa apapun yang kita inginkan. Jika doa doa kita dihari biasa saja Allah kabulkan, apalagi doa yang kita bacakan dan inginkan tatkala di bulan yang mulia ini kan? Maka dari itu hadirin, selalu ada kebaikan-kebaikan di bulan Ramadhan, dan sudah sepatutnya kita mencoba meraih kemuliaan dan keutamaan tersebut sebaik mungkin. Semoga Allah memberikan keistiqomahan kepada kita. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikian contoh kultum tentang keutamaan Bulan Ramadhan kali ini, semoga bisa membantu kalian yang sedang mencari bahan kultum.