Kultum Singkat tentang Surga dan Neraka

Kultum Singkat tentang Surga dan Neraka
Sumber gambar: pixabay

Arobiyahinstitute.com | Sebagai seorang muslim, kita mesti percaya bahwasanya surga dan neraka nyata adanya. Dan ini akan menjadi akhir dari perjalanan kita nantinya. Jika banyak amalan dan kita mendapatkan ridha Nya, surga menjadi tempatnya. Namun jika sebaliknya, maka neraka adalah tempat kembali. Kultum singkat tentang surga dan neraka tampaknya harus semakin sering disampaikan sebagai pengingat.

Sebagai pengingat bahwa hidup kita tidak sebatas di dunia saja, namun masih ada kehidupan lagi setelah kematian, yakni kehidupan di alam akhirat. dan pada hakikatnya, kehidupan akhirat itu yang lebih kekal daripada kehidupan dunia. Berikut ini teks kultum tentang surga dan neraka yang bisa dipakai referensi untuk kamu yang ingin menyampaikan kultum. 

Antara Surga dan Neraka 

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْعَزِيْزِ الْغَفُوْرِ، اَلَّذِيْ جَعَلَ فِي اْلإِسْلاَمِ الْحَنِيْفِ الْهُدَي وَالنُّوْرِ، اَللَّهُمَّ صَلِّيْ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَاتِمِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمَرْسَلِيْنَ وَعَلَي آلِهِ الطَّيِّبِيْنَ وَأَصْحَابِهِ اْلأَخْيَارِ أَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ

Hadirin yang semoga senantiasa dalam lindungan Allah. Mari sama sama kita mengucapkan syukur atas apapun yang telah Allah berikan. Mulai dari segala kenikmatan, ujian, dan yang lainnya dengan mengucapkan hamdalah. Alhamdulillah. 

Shalawat dan salam kepada baginda Muhammad, sosok yang memikirkan umatnya, bahkan doa mustajab yang sudah digunakan oleh semua nabi pun masih disimpan beliau, sebagai syafaat nantinya. MasyaAllah. 

Hadirin yang dirahmati Allah........

Mempercayai adanya surga dan neraka merupakan salah satu kewajiban seorang muslim. Dan di dalam al Quran sendiri ada banyak ayat ayat yang bercerita tentang surga dan neraka. Mulai dari ayat ayat yang menyebutkan bahwasanya surga diberikan atau disediakan oleh Allah untuk mereka yang bertaqwa, sebagaimana yang terdapat di dalam QS. Ali Imran ayat 133 yang berbunyi: 

وَسَارِعُوْٓا اِلٰى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمٰوٰتُ وَالْاَرْضُۙ اُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِيْنَۙ

Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa,

Dan neraka disediakan oleh Allah untuk mereka yang kafir, sebagaimana yang disebutkan dalam QS. ali Imran ayat 131 yang berbunyi: 

وَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِيْٓ اُعِدَّتْ لِلْكٰفِرِيْنَ ۚ

Dan peliharalah dirimu dari api neraka, yang disediakan bagi orang kafir.

Selain menceritakan untuk manusia seperti apa Allah menciptakan surga dan neraka, di dalam al Quran juga digambarkan oleh Allah berbagai macam kenikmatan yang ada di dalam surg, dan cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkannya, begitupun dengan neraka, MasyaAllah.

Karena di dalam al Quran sudah disebutkan sangat jelas antara keduanya, maka kita bisa memilih jalan mana yang akan kita tempuh. Jika ingin masuk ke dalam surga, maka berjalanlah di jalan Allah, lakukan apa yang Allah wajibkan, dan tinggalkan apa yang Allah perintahkan. 

Sementara jika anda ingin masuk ke dalam api neraka, tidak perlu memperdulikan apapun yang Allah tetapkan. Dan yang menjadi poin pentingnya, tidak ada satupun manusia yang ingin masuk ke dalam neraka kan? Oleh karenanya, cobalah untuk terus menerus berusaha di jalan Nya. Supaya mendapatkan ampunan Allah, mendapatkan ridha Nya, dan berujung pada dimasukkan Nya ke dalam surga. 

Hadirin yang dirahmati Allah......

Secara bahasa, Surga atau al Jannah sendiri berarti kebun. Dan biasanya, masyarakat Arab pun menyebut pohon kurma sebagai al Jannah. Sementara jika diartikan menurut istilah, surga merupakan nama yang menggambarkan apa yang sudah dipersiapkan oleh Allah kepada orang orang yang mentaati semua perintah Nya. Yang mana, isi dari surga adalah segala kenikmatan, kesenangan, kelezatan, kebahagiaan, hingga kesejukan. 

Ada banyak nama surga selain al Jannah di dalam al Quran. Seperti jannatun naim, kemudian darus salam, darul khuld, dan yang lainnya. Mengacu kepada hadis, disebutkan bahwasanya surga mempunyai pintu pintu. Dan totalnya ada delapan pintu. Salah satu pintu tersebut bernama al Rayyan, yakni pintu untuk mereka yang berpuasa. 

Adapun neraka, ialah tempat yang telah Allah siapkan bagi mereka yang membantah syariat yang ada, mendustakan Nya dan rasul Nya, mengkufuri Nya, dan mendustakan Nya. Bagi orang orang yang demikian, maka neraka merupakan jawaban dan tempat mereka. Yang di dalamnya terdapat azab yang sangat pedih. 

Allah memberikan rambu rambu yang bisa kita taati jika ingin masuk ke dalam surga Nya. Maka dari itu, kita harus berusaha berada di rambu rambu tersebut. Semoga Allah memudahkan langkah kita dalam mentaati segala perintah Nya dan menjauhi larangan Nya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Itulah contoh kultum tentang surga dan neraka yang sempat kami  buat. semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari materi untuk kultum.