Kultum tentang Amal Jariyah

Kultum tentang Amal Jariyah
 

Arobiyahinstitute.com | Untuk saat ini adakah di antara anda yang sedang mencari tema kultum yang akan disampaikan saat bulan ramadhan nanti? Kalau misalnya ada, kami sarankan anda untuk menyampaikan kultum tentang amal jariyah.
Di mana, tema ini memang sangat menarik disampaikan kapanpun. Terutama di bulan ramadhan. Nah bagi anda yang tertarik, tapi masih bingung membuat naskahnya bisa simak contoh naskah kultum tentang amal jariyah berikut ini.

Amal Jariyah Pahalanya Mengalir Terus Menerus

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

الْحالـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Hadirin yang dirahmati Allah. Marilah kita mengucapkan ‘alhamdulillah’ atas segala nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Mulai dari nikmat iman, islam, kesehatan, dan segudang kenikmatan lain yang tidak akan mampu kita hitung. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada baginda Muhammad, sang pelita hidup kita yang berjuang keras dan menyiapkan satu doa mustajabah untuk kita umatnya di akhirat kelak.

Hadirin, di bulan yang luar biasa ini, ananda akan menyampaikan kultum tentang amal jariyah. Sebagai seorang muslim kita pasti sudah sering kali mendengar istilah amal jariyah. Bahkan mungkin, tidak sedikit di antara kita yang kerap melakukannya meski tidak menyadari hal tersebut.
Iya kan? Yang mana, amalan-amalan yang telah kita lakukan selama di dunia akan memberikan banyak pahala kebaikan kepada kita. Yakni ketika kematian telah menjemput kita. Karena bagaimanapun, saat di akhirat kelak, hanya amalan-amalan yang menjadi teman kita, dan saat itu pula sudah tidak ada yang bisa kita lakukan. Itu artinya kita tidak akan pernah lagi punya kesempatan kedua untuk beramal.
Menariknya, ada satu amalan yang akan tetap mengalirkan pahala kepada kita tatkala kita sudah ada di alam kubur kelak. Dan amalan tersebut adalah amal jariyah.

Hadirin yang dirahmati oleh Allah.......

Adapun amal jariyah ini menjadi salah satu amal yang kalau bisa memang senantiasa kita usahakan. Mengapa demikian? Ya karena kita akan mendapatkan kebaikan secara terus menerus meskipun kita sudah wafat. Menariknya, Rasulullah menyebutkan bahwasanya terdapat tujuh perkara yang akan tetap memberikan pahala meski kita sudah wafat kelak. Apa itu? Hal ini sebagaomana yang disebutkan di dalam hadis yang berbunyi:

سبعٌ يجري للعبد أجرهن وهو في قبره بعد موته : من علَّم عِلْماً ، أو أجرى نهراً ، أو حَفَر بئراً ، أو غرس نخلاً أو بنى مسجداً ، أو ورَّث مصحفاً ، أو ترك ولداً يستغفر له بعد موته
Terdapat tujuh amalan yang akan mengalir pahalanya bagi seorang hamba, meskipun ia berbaring di lubang kuburan setelah meninggal: mengajarkan ilmu, mengalirkan air sungai, membuat sumur, menanam kurma, membangun masjid, membagikan mushaf Al-Qur’an, atau meninggalkan anak yang akan memintakan ampun baginya setelah ia meninggal. “ (HR. Al-Bazzar. Dinilai hasan oleh Al-Albani)

MasyaAllah, maka dari itu hadirin, jika kita ingin mendapatkan pahala yang mengalir kebaikannya sampai kapanpun, kita patut merenungkan hadis tersebut, kemudian mengamalkannya. Pastikan bahwasanya kita melakukan paling tidak satu amalan tersebut. Dan jangan pernah lelah melakukan amalan-amalan jariyah sebagaimana yang sudah disebutkan oleh Rasulullah pada sabdanya. Dan jika kita perhatikan, amalan jariyah yang terdapat pada hadis tidak melulu mengharuskan kita untuk memilki banyak materi. Iya kan?

Oleh karena itu, jika kita merasa memiliki ilmu, sampaikan, ajarkan kepada orang lain. Karena ketika ilmu tersebut sampai kepada orang lain, dan orang lain mengamalkannya, anda akan mendapatkan kebaikan darinya. Kemudian, jika anda mempunyai tenaga, ikutlah dalam mengalirkan air sungai. Amalan jariyah yang satu ini dapat dilakukan bersama-sama, dan anda bisa membantu dalam bentuk tenaga atau materi.

Kemudian, ada juga amalan dengan membuat sumur. Karena nantinya, air di dalam sumur akan senantiasa digunakan oleh masyarakat. Selagi sumur tersebut bermanfaat dan digunakan maka selama itu pula pahala anda mengalir. Masyaallah. Kemudian, ada juga amalan dengan menanam kurma, membangun masjid, membagikan mushaf, sampai dengan meninggalkan anak yang akan memintakan ampun baginya setelah ia meninggal.

Hadirin yang dirahmati oleh Allah.........

Karena kita hidup untuk beribadah dan beramal, maka mari kita kumpulkan amal sebanyak-banyaknya, termasuk amal jariyah. Agar kelak, ketika sudah wafat kita masih mendapatkan pahala atas amalan yang sudah kita lakukan. Demikian kultum tentang amal jariyah ini saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua, billahi taufiq walhidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.