4 Pekerjaan Packing Barang dan Tujuannya saat Pengiriman

pekerjaan packing barang

Kata packing barang ini sepertinya sudah tidak asing karena semakin melejitnya transaksi secara online. Untuk memahami lebih mendalam maka kamu juga perlu mengetahui pekerjaan packing barang tersebut. 
Proses packing ini umumnya dikenal sebagai proses pengemasan barang yang akan dikirim ke tempat lain. Namun ada juga yang mengartikan mengemas barang dengan cara dibungkus. 

Dari pengertian itu maka packing barang dalam sistem koordinasi mulai persiapan hingga barang sampai di konsumen. Selama proses tersebut tentu melibatkan suatu pekerjaan packing yang tidak mudah dan ini perlu diketahui oleh setiap pembaca. 

4 Pekerjaan Packing Barang yang Perlu Diketahui

Ada beberapa pekerjaan yang perlu dipahami oleh setiap orang terkait packing barang, diantaranya:

Briefing

Salah satu pekerjaan saat packing barang ini tidak langsung bekerja melainkan ada proses penting sebelumnya itu. Beberapa operator pada jasa pengiriman akan melakukan proses persiapan terlebih dahulu. 

Pada tahapan ini mereka akan menjelaskan terkait beberapa hal kepada bawaan secara detail. Selain itu di tahap ini umumnya ada beberapa perbaikan dari sebelumnya agar diperbaiki oleh yang bertugas. 

Jika kamu tertarik dengan kerjaan ini, kamu bisa cari part time jobs johor bahru.

Mengejar Target Produksi

Saat briefing sudah selesai maka operator packing barang ini bisa melihat setiap target yang ada. Semua target tersebut perlu dicapai oleh setiap orang baik yang sifatnya harian atau mingguan. 

Target ini dibuat sebagai bentuk dan keseriusan seseorang dalam melaksanakan pekerjaannya. Bukan hanya itu, target ini dibuat agar pekerja punya semangat tinggi untuk menyelesaikan setiap barang yang dibungkus. 

Mengepak Barang dengan Baik

Tugas lain yang perlu dilakukan oleh seorang operator packing diantaranya memastikan paket barangnya bagus. Hal ini dinilai dari kemasan, barang didalamnya atau hal lainnya. Semua itu harus dipastikan dalam kondisi baik dan sesuai aturan yang telah ditetapkan. 

Maka dari itu proses pengepakan barang ini tidak boleh sembarang dan harus sesuai prosedur. Proses ini sudah diukur oleh pihak terkait agar barang yang didalam kemasan tidak rusak hingga sampai ke konsumen. 

Menjaga Kualitas Produk

Pekerjaan lain saat packing barang juga perlu memperhatikan dari sisi produk yang akan dikirimkan. Untuk itu sebelum produk dikemas harus dipastikan kerapian, kekuatan, kebersihannya terlebih dahulu. 

Setelah dikemas, barang yang dikirimkan pun juga harus bersih dan sesuai aturan yang ada. Jika hal ini dilanggar maka operator harus mengulang pekerjaan hingga hasil pengemasannya sesuai prosedur. 

Tujuan Packing Barang

Tujuan dari proses packing ini diantaranya perlu menyediakan wadah yang tepat untuk produk yang dikirimkan. Misalnya menggunakan kaleng untuk berbahan cair dan kardus bagi alat-alat elektronik. 

Selain itu tujuannya lagi pengemasan ini juga harus terlindungi dari berbagai kerusakan yang ada. Bentuk kerusakan yang perlu dihindari ini baik saat pengiriman atau ketika disimpan di dalam gudang. 

Disadari atau tidak barang yang telah di packing ini membuatnya mudah disimpan dan dibawa saat pengiriman. Misalnya dengan pengemasan dalam bentuk kotak akan lebih memudahkan saat ditata di dalam gudang. 

Jadi pekerjaan packing barang meliputi beberapa hal seperti briefing, memiliki target, mengepak dan menjaga kualitas produk. Semua itu tujuan utama agar barang didalamnya terlindungi dari kerusakan. Cari pekerjaan impianmu di TrustJobMy.

Selain itu produk tersebut juga bisa lebih mudah ditata ketika dimasukkan ke dalam gudang. Lalu tujuan lainnya juga sebagai bentuk promosi dan ini bisa terlihat pada stiker atau nomor telepon yang tertera saat barang di packing.