Ini Dia Mukjizat Yang Masih Bisa Disaksikan Sampai Saat Ini

al Qur'an

Setiap Rasul yang diutus Allah di muka bumi ini selalu dibekali dengan mukjizat yang berfungsi sebagai tanda kebenaran mengenai kerasulannya. Dan biasanya mukjizat seorang Nabi sesuai dengan kondisi masyarakatnya, meskipun hal itu bukan sesuatu yang mutlak. 

Misalnya Nabi Musa diberi mukjizat tongkat yang bisa berubah menjadi ular karena pada masanya sedang berkembang ilmu sihir. Sehingga mukjizat yang diberikan kepadanya berfungsi untuk mengalahkan tipu daya sihir dari musuh musuhnya.

Begitupun Nabi Isa yang diberi mukjizat bisa menghidupkan orang yang meninggal dunia, karena pada masanya sedang berkembang ilmu kedokteran dan pengobatan. Sehingga dengan mukjizatnya beliau bisa mengalahkan ilmu kedokteran, karena bagaimanapun hebatnya ilmu kedokteran ia tidak bisa digunakan untuk menghidupkan orang yang telah meninggal dunia.

Tak terkecuali juga Nabi kita Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam diberi mukjizat oleh Allah ta’ala sebagai tanda akan kebenaran mengenai kerasulannya. Pada masa Beliau yang sedang berkembang dimasyarakat adalah ilmu sastra, sehingga banyak bermunculan para sastrawan yang saling unjuk gigi akan kehebatannya dalam membuat syair.

Maka Beliaupun diberi mukjizat yang berkaitan dengan sastra, yakni Al Qur’an Al Karim kitab suci umat islam adalah mukjizat Beliau, yang mana tidak ada satu sastrawanpun yang mampu menandingi keindahan sastra Al Qur’an sampai saat ini.

Bahkan pentolan kafir quraisy pada masa itu yaitu Walid Bin Mughirah memuji keindahan Al Qur’an meskipun dia mengingkari kenabian Rasulullah Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, Ia berkata:

وماذا أقول؟ فوالله! ما فيكم رجل أعلم بالأشعار مني، ولا أعلم برجز ولا بقصيدة مني، ولا بأشعار الجن، والله! ما يشبه الذي يقول شيئا من هذا، ووالله! إن لقوله الذي يقول حلاوة، وإن عليه لطلاوة، وإنه لمثمر أعلاه مغدق أسفله، وإنه ليعلو وما يعلى، وإنه ليحطم ما تحته

“Apa menurutmu yang harus kukatakan pada mereka? Demi Allah! Tidak ada di tengah-tengah kalian orang yang lebih memahami syair Arab daripada aku. Tidak juga pengetahuan tentang rajaz dan qashidahnya yang mengungguli diriku. Tapi apa yang diucapkan Muhammad itu tidak serupa dengan ini semua. Juga bukan sihir jin. Demi Allah! Apa yang ia ucapkan (Alquran) itu manis. Memiliki thalawatan (kenikmatan, baik, dan ucapan yang diterima jiwa). Bagian atasnya berbuah, sedang bagian bawahnya begitu subur. Perkataannya begitu tinggi dan tidak ada yang mengunggulinya, serta menghantam apa yang ada dibawahnya.”

Kelebihan Al Qur’an dari mukjizat mukjizat Rasul lainnya adalah jika mukjizat para Rasul sebelum Nabi Muhammad hanya bisa disaksikan umatnya masing-masing saja, namun Mukjizat Nabi Muhammad bisa disaksikan oleh semua orang dari jaman Beliau sampai Akhir zaman kelak.

Maka kita sebagai Umat Beliau harus berbangga akan hal itu dan harus kuat tingkat keimanan kita karena masih bisa menyaksikan mukjizat Rasulullah tersebut.

Al Qur’an selain sebagai mukjizat bagi Rasulullah, ia juga sebagai kita suci atau petunjuk bagi umat islam dalam mengarungi hidup di dunia ini. Dalam awal surat al baqarah disebutkan:

ذَلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ (البقرة: 2)

“Kitab (Al Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa”(Qs. Al Baqarah:2)

Agar hidup kita berjalan sesuai dengan aturan-aturan Allah, maka kita harus banyak banyak membaca petunjuk petunjuknya, yaitu Al Qur’an. Semakin sering kita berinteraksi dengan Al Qur’an semakin baik bagi diri kita, selain mengetahui aturan Allah yang ada di dalamnya, banyak membaca Al Qur’an juga akan menjadikan diri kita tenang, sebagaimana firman Allah:

أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ (الرعد: 28)

“Ingatlah hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram” (Qs. Ar ra’du: 28)

Di era sekarang ini membaca Al Qur’an tidak sulit lagi, karena tidak harus membawa mushaf kesana kemari. Cukup instal al-quran digital di smart phonemu, kamu sudah bisa membaca al qur’an dimanapun dan kapanpun. Jika kamu takut memori smart phonemu penuh karena menginstal aplikasi al-qur’an,  kamu juga bisa baca al-quran online.

Jadi tidak ada alasan lagi untuk malas malasan membaca Al Qur’an, karena banyak sekali kebaikan yang akan kita dapat jika rajin membacanya.