Ceramah tentang Lingkungan

ceramah tentang lingkungan 

Arobiyahinstitute.com | Beberapa tahun belakangan, isu tentang lingkungan tampaknya mulai menarik perhatian banyak orang. Tidak heran kalau kemudian isu ini kerap diangkat di berbagai forum, bahkan tidak jarang juga para penceramah mengangkat tema tersebut loh. Nah untuk anda yang merasa tertarik juga dengan tema lingkungan, bisa menyampaikan ceramah tentang lingkungan saja.

Dan ini pasti akan mendapatkan respon dan tanggapan yang baik dari para pendengar. Bukan hanya itu saja, masukan, diksi, dan kalimat kalimat yang akan anda sampaikan bahkan bisa menjadi pemantik mereka untuk lebih peka terhadap lingkungan. Berikut adalah naskah ceramah tentang lingkungan yang bisa anda jadikan sebagai referensi. 

Ceramah tentang Lingkungan

Permasalahan lingkungan menjadi salah satu permasalahan yang serius beberapa tahun belakangan ini. Mulai dari cuaca buruk di Jakarta dan beberapa daerah lain, kemudian kebakaran hutan, sampai dengan menumpuknya sampah. Permasalahan yang ada tentu akan berdampak pada berbagai macam sektor kehidupan manusia. Makanya, menjaga dan juga melestarikan lingkungan ini menjadi kewajiban semua masyarakat. 

Yakni, semua elemen elemen masyarakat, mulai dari para pejabat, para pekerja, para buruh, sampai dengan masyarakat umum. Dan adalah sesuatu yang keliru jika ada yang mengatakan bahwasanya menjaga dan melestarikan lingkungan adalah tanggung jawab dari pihak pemerintahan. Benar, mereka mempunyai peran dan mempunyai kebijakan secara khusus, tapi secara umumnya, ini adalah tugas dan pr kita semua. 

Karena nantinya, lingkungan akan dinikmati oleh semua orang. Tapi sangat disayangkan, karena di era kini kita bisa melihat mulai menurunnya kesadaran masyarakat akan menjaga dan melestarikan lingkungan. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya orang orang yang membuang sampah sembarangan, tidak sedikit pula yang dengan seenaknya menebang hutan, dan hal hal lain yang bisa merusak lingkungan. Na’udzubillah. 

Hadirin….

Kebiasaan buruk yang dilakukan oleh banyak orang ini pada akhirnya membuat banjir menjadi langganan, macet dimana mana, tempat tempat menjadi kumuh, kolam air yang digenangi dengan sampah, dan yang lainnya. Sebagai seorang muslim, sudah saatnya kita mulai mengambil peran untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. 

Kita mesti aware terhadap kondisi yang ada. Karena dalam Islam pun kita dilarang untuk membuat kerusakan. Dan bentuk bentuk kerusakan ini beragam, bisa dalam bentuk membuang sampah sembarangan, atau yang sejenisnya. Hal ini sebagaimana yang terdapat di dalam firman Allah QS. al A’raf ayat 56

وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَا وَادْعُوْهُ خَوْفًا وَّطَمَعًاۗ اِنَّ رَحْمَتَ اللّٰهِ قَرِيْبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِيْنَ

Artinya: "Janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah diatur dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat dengan orang-orang yang berbuat baik." (QS Al A'raf: 56)


Di dalam firman tersebut, jelas sekali bahwasanya Allah telah menciptakan dan mengatur bumi ini sedemikian rupa, maka sudah sepatutnya kita tidak membuat kerusakan terhadapnya. Dan yang menariknya lagi hadirin, di dalam Islam sendiri, kita akan mendapatkan ganjaran tatkala kita merawat bumi ini dengan baik. Dalam hal ini Rasulullah bersabda:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ غَرَسَ غَرْسًا فَأَكَلَ مِنْهُ إِنْسَانٌ أَوْ دَابَّةٌ إِلَّا كَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ

“Muslim mana saja yang menanam sebuah pohon lalu ada orang atau hewan yang memakan dari pohon tersebut, niscaya akan dituliskan baginya sebagai pahala sedekah.” (HR. Bukhâri no. 6012)

Hadirin yang dirahmati Allah

Ada banyak sekali upaya sederhana yang dapat kita lakukan untuk melestarikan dan menjaga lingkungan. Salah satu cara yang paling sederhana adalah dengan menanam pohon. Dan di dalam Islam disebutkan, bahwasanya seorang muslim yang menanam pohon, kemudian ada orang ataupun hewan yang memakan hasil atau bagian daripada phon yang ditanam, maka ini akan menjadi ganjaran, karena akan dihitung sebagai sedekah. MasyaAllah. 

Itu artinya, tatkala kita menanam pohon, kita bukan hanya sekedar berbuat baik terhadap lingkungan kita dan orang lain, tapi juga berbuat baik kepada diri kita sendiri. Untuk saat ini, sudah banyak program pemerintah dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Maka, kita bisa mendukung program tersebut, dan mengikuti aturan yang sudah ada, demi lestarinya lingkungan yang kita tinggali. 

Demikian ceramah tentang lingkungan yang dapat saya sampaikan kali ini. Semoga kita bisa menjadi agent of change yang peduli terhadap lingkungan sekitar. Semoga Allah mudahkan langkah kita untuk melakukan hal hal yang baik. Billahitaufiq walhidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.