Pidato tentang Agama Islam

pidato tentang agama islam 


Arobiyahinstitute.com |  Menyampaikan pidato tentang agama Islam merupakan salah satu bentuk syiar kita loh. Nah jika ada yang tertarik untuk mengangkat tema ini, bisa gunakan naskah pidato tentang agama Islam berikut. 

Pidato tentang Agama Islam

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

الْحالـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillah, syukur atas segala nikmat dan karunia Nya, hingga kini kita masih diberikan kesempatan untuk bertemu dan berkumpul dalam majelis yang insya Allah diberkahi Nya. Shalawat dan salam, kepada baginda Muhammad, suri tauladan umat manusia, yang namanya tercatat sebagai orang nomor satu yang bersejarah dalam peradaban manusia. 

Hadirin yang dirahmati Allah

Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato tentang agama Islam. Ada banyak sekali tentang agama Islam yang bisa kita bahas. Salah satunya adalah tentang keindahannya. Agama ini merupakan agama kedamaian, agama yang suci, dan agama yang diakui oleh Allah. Sebagaimana yang terdapat di dalam QS. Ali Imran ayat 19 yang berbunyi:

إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللّهِ الإِسْلاَمُ

“Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam.” (Qs. Ali Imran: 19)

Ayat tersebut juga senada dengan firman Allah dalam QS. Ali Imran ayat 85

وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ الإِسْلاَمِ دِيناً فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ

“Barangsiapa yang mencari selain Islam sebagai agama, maka tidak akan diterima.” (Qs. Ali Imran: 85)

Allah mengutus para Rasul untuk mengajak manusia kepada ketaatan, menyembah Allah. Mereka datang untuk memperkenalkan Allah kepada kita. Dan apabila kita mentaati mereka, maka kita akan mendapatkan kabar gembira. Begitupun terhadap yang menentangnya, akan ada peringatan dan siksa. 

Hadirin yang dirahmati Allah

Hanya Islam agama yang diterima di sisi Nya. Dan sudah sepatutnya kita menjadikan agama Islam ini kendaraan untuk mendapatkan ridha Nya. Islam agama Allah, dan Allah sendiri yang menjamin akan penjagaan Nya. Sebagaimana disebutkan dalam QS. Al Hijr ayat 9.

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

“Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al Quran dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.” (Qs. Al-Hijr: 9)

Jika agama kita milik Allah, dan Allah yang berjanji akan menjaganya, sementara agama-agama selain daripada Islam ini mungkin mempunyai jaminan di tangan para tokoh-tokohnya. Kemudian, Islam merupakan agama yang fitrah. Sebagai umat Islam, kita mempunyai pegangan dalam hidup, ia akan menjadi petunjuk kita dalam melangkah dan berbuat. Yakni al Quran dan hadis.

Mendapati diri kita beriman adalah sebuah anugerah terbesar yang telah Allah berikan. Karena Allahlah yang memberikan jaminan akan ketetapan syariat Nya. Allah pun sudah menjelaskan apa saja yang dicintai Nya, dan apa apa yang diridhai Nya, begitupun sebaliknya. Dan sudah sepatutnya kita bersyukur akan nikmat terbesar itu. Islam mempunyai syariat yang harus kita ikuti, dan syariatnya datang untuk menjaga 5 perkara.

Apabila seorang hamba menjalani kehidupannya sesuai dengan syariat-syariat yang sudah ditentukan Nya, maka insya Allah hidup akan menjadi tenang sebab mendapatkan rahmat dari Nya.

Hadirin yang berbahagia

Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin, yakni rahmat untuk seluruh alam. Di dalamnya terdapat ajaran-ajaran untuk memuliakan tamu, mengajarkan bagaimana kita bersikap kepada orang yang lebih tua dan yang lebih mudah, di dalamnya juga terdapat aturan-aturan tentang bagaimana seharusnya adab seorang hamba ketika akan masuk ke dalam kamar mandi, bagaimana adab kita tatkala akan beribadah, bahkan hal yang paling sederhana, sesimpel ketika bercermin pun sudah diatur di dalamnya. 

Dan karena itulah, banyak orang orang yang tertarik memeluk Islam. Sebab panduan hidup kita jelas, apapun yang akan kita lakukan harus sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan Allah. Oleh karena itu, marilah kita bersyukur atas nikmat Iman yang ada di dalam dada kita. Dan marilah kita berusaha untuk mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan Allah. 

Demikian pidato tentang agama Islam yang dapat saya sampaikan kali ini, semoga Allah melindungi kita, dan menjadikan kita sebagai hamba Nya yang bersyukur. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.