Contoh Naskah Pidato tentang Jangan Buang Sampah Sembarangan

pidato tentang jangan buang sampah sembarangan

Arobiyahinstitute.com | Kalau kita perhatikan kesadaran masyarakat sekitar masih cukup minim terkait dengan pembuangan sampah. Yang mana, masih banyak orang-orang di sekitar kita yang kerap membuang sampah secara sembarangan, dimanapun mereka berada. Inilah yang mengakibatkan banyak sekali tempat umum yang dipenuhi dengan sampah.

Seperti alun-alun, kemudian pusat kota, dan berbagai macam tempat umum yang lainnya. Menyikapi hal tersebut kita bisa mulai kampanyekan larangan buang sampah sembarangan ini ke banyak orang. Salah satu bentuk kampanye ialah menyampaikan pidato tentang Jangan buang sampah sembarangan. Jika ada momen yang mengharuskan anda untuk menyampaikan sebuah pidato mungkin anda bisa menyampaikan pidato tentang Jangan buang sampah sembarangan. Berikut adalah contoh naskahnya.

Pidato tentang Jangan Buang Sampah Sembarangan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahirobbilalamin, segala puji hanya milik Allah Tuhan sekalian alam. Yang telah menciptakan kita berbangsa-bangsa Dan bersuku-suku supaya kita saling mengenal. Sholawat dan salam kepada Baginda Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Yang merupakan suri tauladan terbaik kita, yang juga kita nanti-nantikan syafaatnya dia memilah akhir nanti.

Hadirin yang terhormat dan yang berbahagia

Salah satu permasalahan yang cukup serius terjadi di negara kita ini adalah Jumlah sampah yang terlalu banyak. Dan bahkan ini juga menjadi salah satu permasalahan yang belum juga tuntas hingga saat ini. Sebagai masyarakat kecil atau yang tidak mempunyai kewenangan di pemerintahan, sudah seharusnya kita membantu tugas pemerintah dalam mengelola sampah yang ada.

Misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya. Meskipun pekerjaan membuang sampah pada tempatnya ini tergolong sangat sederhana dan mudah, namun pada kenyataannya masih banyak juga orang-orang di sekitar kita yang lebih memilih untuk membuang sampah secara sembarangan.

Mereka enggan untuk mengantongi sampah dan menahan diri sampai mereka menemukan tempat sampah.

Naudzubillah. Benar bahwasanya yang mungkin di tempat-tempat umum atau di berbagai macam tempat sekitar kita sudah ada petugas yang akan membersihkan sampah-sampah tersebut. Namun bukan seperti itu adab yang ada di dalam Islam. Di dalam hadis rasulullah shallallahu alaihi wasallam, beliau bersabda bahwasanya menjaga kebersihan merupakan sebagian daripada iman.

الطهور شطر الإيمان

Kesucian/bersuci merupakan setengah/sebagian dari Iman” (HR. Muslim: 328).

Dan sebagai seorang muslim tentu kita harus mengindahkan hadits ataupun Sabda dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Dan ini akan menjadi salah satu bentuk ketaatan kita sebagai seorang hamba dan juga pengikut Rasulullah.

Hadirin yang dirahmati Allah

Ketika kita membuang sampah di tempatnya, maka sejatinya kita sedang dan sudah membantu meringankan pekerjaan orang lain. Selain itu kita juga sudah berpartisipasi dalam menjaga dan juga melestarikan lingkungan. Dan pada dasarnya ada banyak sekali manfaat-manfaat yang akan kita dapatkan tatkala kita membuang sampah pada tempatnya.

Selain kegiatan ini termasuk bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan, dan juga membantu para pekerja, sejatinya kita sedang melatih diri kita untuk disiplin dan menjaga kebersihan sekitar. Itu artinya pekerjaan sekecil membuang sampah pada tempatnya pun akan memberikan faedah ataupun pembelajaran yang sangat berarti terhadap diri kita dan juga sekitar.

Oleh karena itu, mari sama-sama kita memulai kebiasaan-kebiasaan baik dengan cara membuang sampah pada tempatnya di manapun kita berada. Termasuk di tempat-tempat publik. Misal ketika kita sedang berada di kebun binatang. Pada saat itu kita menggenggam sebuah sampah. Apabila tidak juga menemukan tong sampah Maka jangan membuangnya secara sembarangan. Cukup simpan sampah tersebut, kemudian buang tatkala anda sudah menemukan tong sampah.

Perilaku ini merupakan salah satu perilaku terpuji. Karena kita sedang menahan diri untuk tidak melakukan perilaku yang akan merusak bumi ini. Banjir misalnya. Karena ada banyak sekali bencana alam yang disebabkan oleh perilaku yang dilakukan oleh manusia. Salah satunya adalah banjir yang notabenenya karena banyak sekali orang-orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

Saya mengajak diri saya Dan hadirin sekalian untuk sama-sama peduli terhadap kebersihan lingkungan kita. Mari kita buang sampah pada tempatnya, karena ini adalah salah satu bentuk kepedulian yang mungkin terkesan kecil tapi mempunyai dampak yang sangat besar. Dan usahakan untuk memilah sampah sesuai dengan jenisnya. Demikian pidato tentang Jangan buang sampah sembarangan kali ini yang dapat saya sampaikan. Semoga Allah lindungi kita dari perbuatan-perbuatan yang buruk, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.