Pidato tentang Kebersihan

pidato tentang kebersihan

Arobiyahinstitute.com |
 
Salah satu permasalahan yang masih belum juga tuntas adalah masalah kebersihan. Kita bisa melihat sendiri bahwasanya masyarakat Indonesia masih belum mempunyai kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan sekitar. Untuk itu kita bisa Mulai mengkampanyekan kebersihan ini di berbagai macam kesempatan. Salah satu bentuk mengkampanyekannya ialah menyampaikan pidato tentang kebersihan. Berikut ini merupakan contoh pidato tentang kebersihan yang bisa anda sampaikan kepada para pendengar.

Pidato tentang Kebersihan

Hadirin yang berbahagia

Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa Maha Esa, Tuhan sekalian alam, yang telah memberikan kita berbagai macam nikmat. Sehingga kita masih bisa berkumpul di  kesempatan yang berbahagia ini. Sholawat dan salam kepada Baginda Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Sudah tahulah dan terbaik sepanjang masa.

Hadirin, pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan menyampaikan pidato tentang kebersihan. Belum lama ini kita mendapati isu-isu tentang kebersihan di berbagai macam daerah. Salah satu isu yang paling viral mungkin adalah isu terkait dengan tutupnya tempat pembuangan sampah atau TPS di Piyungan Yogyakarta. Tutupnya tempat pembuangan sampah di Piyungan seharusnya menjadi ajang refleksi masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Jogjakarta.

Karena penutupan tersebut dilakukan lantaran jumlah sampah yang membludak. Dan ini juga bisa dikarenakan oleh tidak seimbangnya antara sampah yang dihasilkan dengan pengelolaan sampah yang dilakukan. Kemudian kita juga bisa mendapati tidak sedikit masyarakat yang tidak awere dengan kondisi kebersihan di sekitarnya. Dalam hal ini masih banyak juga orang-orang yang kerap kali membuang sampah sembarangan.

Hal ini bisa kita lihat sendiri dan bisa kita temukan di berbagai macam tempat. Mulai dari di jalanan, kemudian transportasi online, ataupun di berbagai macam tempat-tempat yang lainnya. Padahal untuk mulai menjaga kebersihan bisa kita lakukan dengan hal-hal yang paling kecil, yaitu dengan memulainya dari diri kita sendiri. Salah satu contohnya ialah dengan membuang sampah pada tempatnya.

Dan sebagai seorang muslim kita dianjurkan untuk benar-benar memperhatikan kebersihan. Bahkan dalam sebuah Hadis disebutkan bahwasanya Kebersihan sebagian daripada iman. 

الطهور شطر الإيمان


“Kesucian/bersuci merupakan setengah/sebagian dari Iman” (HR. Muslim: 328).


Hadirin yang dirahmati Allah

Menjaga kebersihan juga menjadi salah satu bagian daripada akhlak seorang muslim. Karena di dalam ajaran islam kita juga dianjurkan untuk merawat dan melindungi lingkungan sekitar kita. Dan salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah dengan menjaga kebersihannya dan melestarikannya. Menjaga kebersihan sekitar bisa kita wujudkan dalam beberapa tindakan. Salah satunya adalah dengan membuang sampah pada tempatnya.

Meskipun terbilang sederhana, namun masih banyak juga ternyata di antara kita yang suka membuang sampah sembarangan. Terutama saat berada di wilayah publik. Karena tidak melihat tong sampah akhirnya kita memilih untuk membuang sampah yang kita genggam di manapun. Padahal kita bisa menyimpan sampah tersebut terlebih dahulu, sampai kita menemukan tong sampah.

Inilah yang kemudian mengakibatkan sampah berserak di mana-mana. Yang kemudian pada akhirnya akan menimbulkan beberapa mudarat atau hal-hal yang membahayakan. Hal lain yang juga bisa kita lakukan untuk menjaga kebersihan dan melindungi lingkungan kita ialah dengan mengurangi penggunaan sampah plastik. Karena ternyata Berdasarkan berbagai macam research disebutkan, kalau ternyata sampah plastik adalah sampah yang membutuhkan waktu untuk diurai oleh alam.

Makanya kita bisa mulai mengurangi penggunaannya yaitu dengan membawa wadah sendiri ketika akan membeli sesuatu. Atau kita juga bisa menggunakan plastik plastik sebelumnya. Dengan mengurangi penggunaan sampah plastik, itu artinya kita sudah berpartisipasi dalam melindungi lingkungan dan juga menjaga kebersihannya.

Oleh karena itu, mari sama-sama kita mulai lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar kita. Karena jika Bukan Kita Yang menjaganya siapa lagi? Kalau tidak dimulai dari kita maka dari siapa lagi? Dan kalau tidak dimulai dari sekarang Maka kapan lagi? Kesadaran tersebut memang harus kita pupuk sedari dini. Dan kita bisa Mulai mengajarkan anak-anak kita ataupun keponakan kita untuk mencintai lingkungan dan menjaga kebersihannya.

Semoga Allah memudahkan kita untuk melakukan kebaikan-kebaikan, termasuk berpartisipasi dalam melindungi dan menjaga kelestarian lingkungan sekitar. Demikian pidato tentang kebersihan yang dapat saya sampaikan kali ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.