Pidato tentang Pergaulan Bebas : Jauhi Pergaulan Bebas Dengan menerapkan Gaya Hidup Islami

pidato tentang pergaulan bebas
 

Arobiyahinstitute.com | Pergaulan bebas merupakan salah satu gaya hidup yang tidak sesuai dengan norma norma yang ada. Tapi sangat disayangkan, karena pada kenyataannya, mulai banyak generasi generasi kita yang menerapkan pergaulan bebas ini di dalam kehidupan mereka. Sebagai salah satu bentuk kepedulian, dan ingin mengurangi angka pergaulan bebas, mungkin kita bisa menyampaikan pidato tentang pergaulan bebas ini kepada khlayak ramai. Nah, berikut adalah contoh naskah pidato tentang pergaulan bebas yang bisa digunakan. 

Pidato tentang Pergaulan Bebas : Jauhi Pergaulan Bebas Dengan menerapkan Hidup Islami

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ. وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillah. Segala puji pujian hanya milik Allah Tuhan sekalian alam. Shalawat dan salam kepada baginda Muhammad saw. 

Hadirin yang dirahmati Allah

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan pidato tentang pergaulan bebas. Kita sedang hidup, di era norma norma agama, norma norma sosial mulai dikesampingkan, atau bahkan mulai ditinggalkan oleh banyak orang. Orang orang mulai menerapkan pola hidup bebas di dalam kesehariannya, na’udzubillah. Dan yang paling banyak melakukan dan menerapkan pola hidup seperti ini adalah generasi generasi muda. 

Kita bahkan bisa melihat, bahwasanya pintu kemaksiatan di era ini benar benar terbuka sangat lebar, dan kita bisa melihatnya dengan sangat mudah di berbagai kesempatan. Banyak wanita wanita kita yang mulai kehilangan jati dirinya, hingga dengan santainya keluar dengan mengumbar auratnya. Dan di era kini, kita juga bisa melihat dan memandang hal hal yang haram dengan sangat mudah, dan dalam waktu yang singkat. Kita juga bisa melihat, laki laki dengan wanita yang bercampur baut, majalah pornografi beredar tanpa terkontrol, pergaulan bebas terjadi, sampai dengan prostitusi. Na’udzubillah.

Bahkan yang paling menyedihkannya lagi, seks bebas, dan pergaulan bebas ini dianggap sebagian anak muda sebagai sesuatu yang biasa, sebab sudah menjadi gaya hidup di beberapa kalangan masyarakat. Padahal seharusnya, sebagai seorang muslim, termasuk para remaja, kita meski pandai pandai bergaul, tidak ikut ikutan dengan gaya hidup atau pergaulan bebas yang marak terjadi, dan harus mulai menghindari kebiasaan kebiasaan buruk yang tidak dibenarkan dalam Islam. Salah satunya ya dengan tidak mengikuti saya hidup bebas, atau pergaulan bebas yang banyak terjadi. 

Hadirin yang dirahmati Allah

Memang, kondisi masa kini sangatlah menyedihkan, memprihatinkan, karena anak anak yang seharusnya bisa menata hidupnya dengan baik, bersungguh sungguh dalam belajar, malah terperosok ke dalam pergaulan bebas yang nyata ditentang di dalam Islam. Dan kondisi ini benar benar sangat menyayat hati kita. Sebagai agama rahmatan lil ‘alamin, Islam memang mengatur segalanya dengan sangat sempurna. MasyaAllah. 

Karena di dalamnya berisi segala hal yang meliputi kita, dari kita tidur hingga kita akan tertidur kembali. Begitupun seterusnya. Yang mana, tatkala kita mengikuti apa apa yang telah diatur tersebut, maka kita akan menjadi insan yang berguna, bermartabat, dan terhormat. Karena bagaimanapun, di dalam firman firman Nya, dan juga sabda sabda nya, jelas bahwasanya Islam sudah mengatur, membatasi, hubungan, dan juga pergaulan antara laki laki dengan wanita. 

Dan ini meskilah kita indahkan. Tidak diperbolehkan campur baur antara laki laki dengan wanita. Sebagai wanita, kita juga harus memperhatikan gerak gerik kita di luar, jika memang tidak mendesak, tidak ada kepentingan yang besar, tidak perlu keluar rumah. Dalam hal ini, Rasulullah sudah menyampaikan, bahwasanya perempuan melarang wanita untuk sering sering keluar rumah, kecuali untuk hal hal yang penting dan mendesak. Rasulullah bersabda:

إِذَا اسْتَأْذَنَكُمْ نِسَاؤُكُمْ بِاللَّيْلِ إِلَى الْـمَسْجِدِ فَأْذَنُوْا لَهُنَّ

”Jika istri-istri kalian minta izin kepada kalian pada waktu malam ke masjid (untuk ibadah), maka izinkanlah bagi mereka.” (HR. Bukhari Muslim)

Dan di dalam Islam pula, diatur, bahwasanya seorang istri tidak boleh pergi ketika tidak memperoleh ridha suaminya, termasuk mengunjungi keluarganya. MasyaAllah. Jadi, islam memang benar benar menjaga kita dari pergaulan pergaulan bebas yang tidak seharusnya. 

Hadirin, 

Oleh karena itu, marilah sama sama kita membangun benteng yang kuat dengan memperdalam ilmu agama yang kita miliki, marilah kita perkuat keimanan kita, dan semoga Allah melindungi dan menjaga kita dimanapun kita berada. Demikian pidato tentang pergaulan bebas yang saya sampaikan kali ini, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.