Jadikan Blogmu Lebih Keren Dengan Menggunakan Top Level Domain

blogger

Siapa diantara kalian yang memiliki blog? Ya bagi orang yang gemar menulis, blog merupakan salah satu sarana atau tempat untuk menyalurkan hobinya tersebut. Dengan menulis diblog, tulisan kita bisa dibaca oleh semua pengguna internet di dunia, keren bukan.

Banyak platform yang bisa digunakan untuk membuat blog, diantaranya adalah wordpress dan blogger. Wordpress memiliki 2 versi, yakni berbayar dan gratis. Sedangkan blogger gratis untuk digunakan, namun bisa diupgrade dengan membeli top level domain, sebagaimana yang saya gunakan ini.

Top level domain adalah bagian akhir nama domain yang terletak setelah tanda titik atau “dot” terakhir pada domain. Diantara macam macam top level domain adalah .com, .id, .org, .net, dan lain sebagainya.

Jika kamu ingin membuat blog dengan platform blogger, maka kamu akan mendapat subdomain gratis “blogspot”. Misalnya nama blogmu sangpujangga, maka alamat blogmu adalah “sangpujangga.blogspot.com”. 

Memang secara sekilas kurang keren, karena memakai sub domain gratisan, oleh sebab itu kamu bisa membeli top level domain (TLD) dan menghubungkannya keblogmu. Misalnya kamu membeli TLD .com, maka alamat blogmu akan berubah menjadi “sangpujangga.com”.

Tidak hanya sekedar terlihat keren, nyatanya menggunakan top level domain banyak sekali manfaatnya bagi blogmu, diantaranya :

1. Lebih Mudah Di Ingat

Menggunakan  tld menjadikan alamat blogmu lebih mudah diingat karena ia menjadi unik dan tidak ada yang menyamainya. Berbeda jika kamu memakai subdomain yang banyak digunakan oleh orang lain, alamat blogmu menjadi kurang unik.

2. Lebih Terpercaya

Jika  seseorang mencari informasi diinternet, dan muncul banyak situs, tentu seseorang akan lebih senang mengklik situs yang menggunakan top level domain ketimbang yang memakai subdomain gratisan. Karena situs yang menggunakan tld lebih terlihat kredibel daripada yang memakai subdomain.

3. Bisa Membuat Alamat Email Sendiri

Kalau Anda menggunakan Top Level Domain dan mengintegrasikannya dengan hosting Anda, maka Anda bisa membuat alamat email sendiri atau berbayar.

Contoh:

Alamat Website: sangpujangga.com

Alamat Email: [email protected]

4. Lebih Disukai Search Engine

Mesin pencari seperti google lebih menyukai situs yang memakai top level domain daripada yang memakai subdomain gratisan. Hal ini bisa dilihat dari hasil yang keluar di mesin pencari. Pada halaman pertama, hampir semuanya adalah situs yang memakai top level domain.

jetorbit

Gimana, tertarik memakai top level domain untuk blogmu? Banyak sekali tempat penyedia layanan domain di indonesia, salah satunya yang menyediakan domain murah adalah jetorbit.

Jetorbit (PT Jetorbit Teknologi Indonesia) adalah penyedia layanan hosting murah berkualitas dan domain indonesia dan internasional dengan jaminan uptime 99,9%. Kamu bisa langsung mengunjungi websitenya untuk memesan domain yang kamu inginkan, tentunya dengan harga yang murah.

Jetorbit menyediakan berbagai jenis domain, diantaranya .com, .id, .org, .net, .co, .co.id, dan masih banyak lagi lainnya. Jetorbit menawarkan berbagai fitur diantaranya:

1. Domain Control

Kontrol penuh domain Anda melalui panel yang memiliki fitur mudah membantu anda mengatur domain

2. DNS Manager

Atur DNS record domain Anda dengan lebih mudah dalam satu tempat

3. Privacy Protection

Lindungin data domain anda dari whois dengan tambahan privacy protection

4. Email Forwarding

Memudahkan anda untuk forward email domain anda ke email lain

5. Domain Lock

Mencegah pemindahan domain tidak sah dan mengaturnya dengan mudah

6. Auto Renewal

Tidak lupa perpajangan domain lagi dengan mengatur perpanjangan otomatis.

Jetorbit juga menyediakan layanan email hosting jika kamu menginginkan alamat email yang profesional sebagaimana yang telah saya bahas di atas. Langsung saja kunjungi websitenya dan pilih paket yang kamu perlukan.

Ada 4 pilihan paket, diantaranya:

1. Paket Starter 59.000/ Bulan

2. Paket Lite 79.000/ Bulan

3. Paket Grow 119.000/ Bulan

4. Paket Pro 179.000/ Bulan