Pembagian Kalimah atau Kata Dalam Bahasa Arab

macam macam kalimah atau kata dalam bahasa arab

Arobiyahinstitute.com | Hai sahabat arobiyah institute, disini saya akan menjelaskan tentang macam-macam kalimah atau kata dalam bahasa arab.

Setelah meneliti teks-teks bahasa arab, para ulama’ dalam bidang tersebut berkesimpulan bahwa kata atau kalimah dalam bahasa arab hanya ada 3 macam saja. yaitu kalimah isim (kata kerja) الإِسْمُ ), kalimah fi'il (kata benda) الْفِعْلُ ), dan kata huruf ( الْحَرْفُ ). Berikut ini saya akan paparkan satu persatu dari jenis-jenis tersebut.

Isim (Kata benda)

Untuk memudahkan memahaminya. isim kalau dalam bahasa indonesia disebut kata benda, meskipun pada kenyataannya lebih luas dari kata benda. karena kata sifat juga termasuk isim, kata penghubung juga termasuk isim. adapun pengertiannya menurut para ulama adalah sebagai berikut.

Pengertian isim

Isim adalah kata yang menunjukkan sebuah arti, dan ia tidak terikat dengan waktu. Atau dalam istilah bahasa indonesia, disebut kata benda. Atau versi arabnya adalah:

الإسم هو كلمة دلت على معنى و لا تقترن بزمن                                       

 

Contoh isim

Jika kita ingin menulis semua contoh isim disini tentu tidak akan muat karena saking banyaknya. oleh sebab itu disini hanya disebutkan beberapa contoh saja sebagai perwakilan yang bisa membantu kalian memahami maksud dari apa itu isim. 

muhammad

مُحَمَّدٌ

Guru

مُدَرِّسٌ

Pohon

شَجَرَةٌ

pena

قَلَمٌ

Kucing

قِطٌّ

Matahari

شَمْسٌ

makkah

مَكَّةُ

sekolah

مَدْرَسَةٌ

 

Catatan: isim tidak hanya kata benda saja, tapi mencakup semua kata selain kata kerja dan kata huruf. Baik itu kata sifat, nama orang, nama hewan, nama tempat, benda-benda mati, dll....

Tanda-Tanda Isim

Cara mengetahui isim yang ada di sebuah kalimat adalah dengan melihat tanda tandanya. Adapun tanda-tanda isim ada 4, yaitu

1. Beri’rab jar/khafadz ( berharokat kasroh), contoh:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Semua yang berwarna merah diatas adalah isim karena berharokat kasrah.Sebuah kata bisa berharakat kasrah karena kemasukan amil yang membuat dia berharakat kasrah. Salah satu amilnya adalah bertemu huruf jar seperti pada contoh diatas.

2. Kata tersebut menerima tanwin, contoh:

 

Seorang laki-laki telah berkata

قَالَ رَجُلٌ

Aku telah duduk di atas sebuah kursi

جَلَسْتُ عَلَى كُرْسِيٍّ

Seorang siswa telah pergi kesekolah

ذَهَبَ طَالِبٌ إِلَى مَدْرَسَةٍ

 

3. Kata tersebut dimasuki alif dan lam, contoh:

 

Laki-laki itu telah berkata

قَالَ الرَّجُلُ

Aku telah duduk di atas kursi

جَلَسْتُ عَلَى الْكُرْسِيِّ

Siswa itu telah pergi kesekolah

ذَهَبَ الطَّالِبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ

 

4. Kata tersebut diawali huruf jar, contoh:

 

Aku telah duduk di atas kursi

جَلَسْتُ عَلَى الْكُرْسِيِّ

Siswa itu telah pergi kesekolah

ذَهَبَ الطَّالِبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ

Pena itu di dalam tas

الْقَلَمُ فِيْ الْحَقِيْبَةِ

 

Semua kata yang berada dibelakang huruf jar adalah isim. Adapun macam-macam huruf jar adalah sebagai berikut:

 

HURUF JAR

Dari

مِنْ

Ke

إِلَى

Dari

عَنْ

Di atas

عَلَى

Di / di dalam

فِيْ

Barangkali

رُبَّ

Dengan

الْبَءُ (بِ)

Seperti

الْكَافُ (كَ)

untuk

اللَّامُ (لِ)

Fi’il (kata kerja)

Fi'il adalah kata kerja dalam istilah bahasa indonesia. Ia memiliki beberapa macam, namun tidak kami bahas disini dan akan kami bahas tersendiri dalam artikel macam macam fi'il. jadi disini kami hanya membahas tentang pengertiannya, tanda-tandanya, dan contohnya.

Pengertian Fi’il

Fi’il adalah kata yang menunjukkan sebuah arti, dan ia terikat dengan waktu. Atau dalam istilah bahasa indonesianya, ia disebut kata kerja. Dalam versi arabnya adalah sebagai berikut:

الفعل هو كلمة دلت على معنى واقترنت بزمن

 

Contoh Fi’il

Sebagaimana isim, fi'il pun memiliki banyak sekali contoh yang jika ditulis semua contohnya disini tentu tidak akan muat karena saking banyaknya. oleh sebab itu disini hanya disebutkan beberapa contoh saja sebagai perwakilan yang bisa membantu kalian memahami maksud dari apa itu fi'il. 

Telah menulis

كَتَبَ

Sedang membaca

يَقْرَأُ

sedang minum

يَشْرَبُ

Minumlah

اِشْرَبْ

 

Yang dimaksud terikat dengan waktu adalah, pekerjaan itu pasti di kerjakan disebuah waktu, entah itu waktu lampau, atau waktu sekarang, ataupun waktu yang akan datang. Jadi misalnya kita menyebut kata kerja “makan” maka akan terpintas di pikiran kita, pekerjaan itu kapan dilakukan? Sudah dilakukan atau belum dilakukan?. Berbeda jika kita menyebut isim, misalnya “muhammad” maka tidak akan terpintas di pikiran kita mengenai waktu, muhammad sekarang atau muhammad yang akan datang?. Muhammad ya muhammad, ia tidak terikat dengan waktu.

Tanda-Tanda Fi’il

Fi’il bisa dikenali dengan melihat tanda-tandanya. Adapun tanda-tanda fi’il ada 4, yaitu:

1. Didahului  قَدْ , contoh:

قَدْ قَامَتِ الصَّلَاةُ

Sungguh shalat telah tegak

 

2. Didahului huruf س , contohnya:

سَيَرْجِعُ الْأَبُ إِلَى الْبَيْتِ

Ayah akan pulang ke rumah

 

3. Didahului سَوْفَ , contohnya:

سَوْفَ يَرْجِعُ الْأَبُ إِلَى الْبَيْتِ

Ayah akan pulang ke rumah

 

4. Dimasuki ta’ ta’nis tsakinah, yaitu ta’ ( تْ ) yang menunjukkan perempuan. Contoh:

قَالَتِ الأُمُّ

Ibu telah berkata

Huruf (Huruf Ma’ani)

Huruf memiliki 2 macam, yang pertama adalah huruf mabani yakni huruf penyusun kata, misal ا, ب, ت, dan lain sebagainya. Huruf ini tidak memiliki arti. Adapun yang kedua adalah huruf ma'ani yakni huruf yang memiliki arti. Jenis yang kedua inilah yang akan kita bahas disini.

Pengertian Huruf Ma'ani

Huruf adalah kata yang tidak bisa dipahami artinya kecuali ia bersambung dengan kata lainnya (isim/fi’il). Huruf tidak memiliki tanda-tanda khusus sebagaimana tanda-tanda yang  dimiliki isim dan fi’il.

Contoh Muruf Ma'ani

Berikut ini beberapa contoh huruf ma'ani yang sempat kami tulis. selain itu masih ada beberapa huruf ma'ani lainnya yang tidak sempat kami tulis semua disini.

Dari

مِنْ

Ke

إِلَى

Dari

عَنْ

Di atas

عَلَى

Di / di dalam

فِيْ

Kemudian

ثُمَّ

Atau

أَوْ

Dari

فَ

Jika

إِذَا

sehingga

حَتَّى

Cukup sekian pembahasan mengenai macam-macam kalimah atau kata dalam bahasa arab. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh