Kumpulan Kata Sifat Dalam Bahasa Arab


kata sifat dalam bahasa arab


Arobiyahinstitute.com | Pada artikel ini saya akan berbagi kata sifat dalam bahasa arab. Apa itu kata sifat? Mungkin kalau dalam bahasa indonesia kata sifat merupakan sebuah jenis kata tersendiri, tapi saya juga tidak tahu secara pasti, karena saya bukan ahli bahasa indonesia. 
Tapi kalau kata sifat dalam bahasa arab, ia tergolong kedalam jenis isim. Taukah kalian apa itu isim?, kalau belum tau, coba bacalah kembali artikel saya tentang pembagian kata dalam bahasa arab. Saya beri judul “Kata sifat” sebagai pendekatan untuk memudahkan kalian dalam memahaminya. 
Berikut ini saya sajikan kosakata isim seputar sifat beserta lawan katanya. Kalau kalian sudah memahami kosa kata-kosa kata dibawah ini, kalian bisa langsung mempraktekkannya kedalam sebuah kalimat, cerita pendek, atau percakapan. Karena menghapal mufrodat tanpa dipraktekkan, akan sia-sia, karena mudah sekali dilupakan.

Kata Sifat Dalam Bahasa Arab

Arti

مُؤَنَّثٌ

مُذَكَّرٌ

besar

كَبِيْرَةٌ

كَبِيْرٌ

Jauh

بَعِيْدَةٌ

بَعِيْدٌ

Panjang

طَوِيْلَةٌ

طَوِيْلٌ

Bersih

نَظِيْفَةٌ

نَظِيْفٌ

Indah

جَمِيْلَةٌ

جَمِيْلٌ

Rajin

نَشِيْطَةٌ

نَشِيْطٌ

luas

وَاسِعَةٌ

وَاسِعٌ

Kecil

صَغِيْرَةٌ

صَغِيْرٌ

Dekat

قَرِيْبَةٌ

قَرِيْبٌ

Pendek

قَصِيْرَةٌ

قَصِيْرٌ

Kotor

وَاسِخَةٌ

وَاسِخٌ

Jelek

قَبِيْحَةٌ

قَبِيْحٌ

Malas

كَسْلَانَةٌ

كَسْلَانٌ

sempit

ضَيِّقَةٌ

ضَيِّقٌ


Catatan: مُذَكَّرٌ artinya kata yang digunakan untuk jenis pria, مُؤَنَّثٌ artinya kata yang digunakan untuk jenis wanita. Di dalam bahasa indonesia, kita tidak mengenal pembagian kata kedalam jenis pria dan wanita. Karena semua kata bisa digunakan untuk kedua jenis gender. Akan tetapi, dalam bahasa arab, dikenal 2 model kata, kata untuk jenis pria dan kata untuk jenis wanita. Yang mana salah satu tanda bahwa ia merupakan kata berjenis wanita adalah kata tersebut berakhiran ta’ marbuthah, contoh (صَغِيْرَةٌ ).

Contoh penggunaan kata sifat dalam sebuah kalimat


Ini rumah yang besar

هَذَا بَيْتٌ كَبِيْرٌ

1

Pasar itu luas

السُّوْقُ وَاسِعٌ

2

Fatimah malas

فَاطِمَةُ كَسْلَانَةٌ

3


Itulah kumpulan kata sifat dalam bahasa arab yang bisa saya bagikan kepada kalian, semoga bermanfaat, dan jangan lupa langsung dihapalkan dan dipraktekkan, selamat belajar.