Mengenal Athaf


huruf athaf
Macam macam huruf athaf


Arobiyahinstitute.com | Hai sahabat arabiyah institute, pada artikel kali ini, kita masih melanjutkan pembahasan tentang marfu’atul asma’. Pada artikel-artikel yang telah lalu, kita telah membahas fa’il, naibul fa’il, mubtada’,khabar mubtada’, dan na’at. Jadi pada artikel kali ini kita akan membahas lanjutan bab setelahnya, yaitu bab ATHAF, apa itu athaf? Apa i’rabnya? Ada berapa huruf athaf?  Mana contohnya?. Semuanya akan kita bahasa disini, jadi simak baik-baik penjelasannya berikut ini:

Pengertian Athaf


الْعَطْفُ هُوَ التَّابِعُ الَّذِيْ يَتَوَسَّطُ بَيْنَهُ وَبَيْنَ مَتْبُوْعِهِ حَرْفٌ مِنْ هَذِهِ الْحُرُوْفِ الْعَشْرَةِ وَهِيَ : (الْوَاوُ، وَالْفَاءُ، وَثُمَّ، وَحَتّى، وَأَمْ، وَأَوْ، وَإِمَّا، وَبَلْ، وَلَا، وَلَكِنْ) 

“athof adalah pengikut yang dipisah dari yang diikutinya oleh huruf athaf yang berjumlah 10, yaitu (و ف ثم حتى أم  أو إما بل لا لكن )”
Pengertian diatas merupakan pengertian yang saya ambil dari kitab mutammimah syarah jurumiyah. Secara mudahnya, athaf adalah kata yang disambungkan dengan kata sebelumnya menggunakan huruf athaf yang berjumlah sepuluh.

Huruf athaf

Huruf athaf
Dan
وَ
Maka
فَ
Kemudian
ثُمَّ
Atau
أَوْ
Ataukah
أَمْ
Adakalanya
إِمَّا
Bahkan
بَلْ
Tidak
لَا
Akan tetapi
لَكِنْ
sehingga
حَتَّى

Contoh kalimat yang mengandung athaf

 جَاءَ مُحَمَّدٌ وَ     زَيْدٌ 1
Muhammad dan Zaid telah datang
يَجِيْءُ مُحَمَّدٌ ثُمَّ زَيْدٌ 2
Muhammad sedang datang, kemudian zaid
السَّمَكُ لَا يُؤْكَلُ لَكِنْ يُبَاعُ 3
Ikan tidak dimakan, tapi dijual
جَاءَ مُحَمَّدٌ لَا زَيْدٌ 4
Muhammad telah datang, tidak zaid

I'rab athaf

Athaf mempunyai i'rab yang fleksibel, tergantung kata sebelumnya. apabila kata sebelumnya marfu', maka ia ikut marfu, apabila kata sebelumnya manshub, maka ia ikut manshub, dsb. oleh sebab itulah ia disebut tabi', karena ia mengikuti kata sebelumnya.
Contoh I’rab athaf:
جَاءَ مُحَمَّدٌ وَ زَيْدٌ
Muhammad dan zaid telah datang
جَاءَ : فعل ماض مبني على الفتح
Telah datang: fi’il madhi mabni ‘alal fathi
مُحَمَّدٌ : فاعل مرفوع وعلامة رفعه الضمة
Muhammad: fa’il marfu’ dan alamat rafa’nya adalah dhammah
وَ : حرف عطف مبني على الفتح
Dan : huruf athof, mabni ‘alal fathi
زَيْدٌ : معطوف المرفوع مرفوع وعلامة رفعه الضمة
Zaid: ma’thuf, marfu’ dan alamat rafa’nya adalah dhammah

Demikianlah ulasan singkat tentang athaf, semoga menambah wawasan kalian. Jangan lupa untuk menghapal huruf athafnya, supaya memudahkan kalian mengenali kalimat kalimat yang mengandung athaf. Nantikan artikel-artikel selanjutnya, selamat belajar, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh