Download kitab amtsilah tashrifiyah

 

download kitab amtsilah tashrifiyah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hai sahabat arobiyah institute, bagaimana kabarnya kalian semua?, semoga sehat selalu ya. Bahasa arab merupakan bahasa yang unik, yang mana tata bahasanya terbagi menjadi 13 cabang ilmu[1]. Diantaranya adalah ilmu sharaf atau yang dikenal juga dengan morfologi selain ilmu nahwu, balaghah, dan lainnya.

Sharaf adalah salah satu cabang dari ilmu bahasa arab yang mempelajari perubahan bentuk kata. Itulah salah satu keistimewaan bahasa arab, dari satu akar kata, bisa menghasilkan banyak kata-kata yang baru. Misalkan dari kata (ضَرَبَ) yang berarti memukul, apabila kita tashrif, maka akan menghasilkan kata kata sebagai berikut:

 Sedang memukul

يَضْرِبُ

Pukulan

ضَرْبًا

Pukulan

مَضْرَبًا

Pemukul

ضَارِبٌ

Yang dipukul

مَضْرُوْبٌ

Hendaklah dia memukul

لِيَضْرِبْ

Pukullah

اِضْرِبْ

Janganlah dia memukul

لَا يَضْرِبْ

Janganlah kamu memukul

لَا تَضْرِبْ

Waktu atau tempat memukul

مَضْرِبٌ

Alat pukul  

مِضْرَبٌ

Contoh di atas adalah hasil tashrif  istilahi, kami belum menyebutkan dari tashrif lughawi fi’il madhi, mudhori’, isim fa’il, isim maf’ul, fi’il amr, dll. Semua bentuk kata di atas dipelajari di ilmu sharaf. 

Bagi yang pernah mondok, biasanya kitab yang dipelajari bagi pemula adalah kitab amtsilah tashrifiyah karya KH ma’shum bin ali rahimahullah menantu KH hasyim asyari rahimahullah pendiri nahdhotul ulama [2]. Kitab ini merupakan hasil karya ulama lokal nusantara yang senantiasa dipelajari dari waktu ke waktu di banyak pesantren di indonesia. Di dalamnya banyak contoh-contoh tashrif  yang komplit mulai dari tashrif istilahi sampai tashrif lughowi . Sesuai judul kitabnya, amtsilah tashrifiyah yang berarti contoh-contoh tashrif, memang berisi contoh-contoh tashrif saja dan sedikit penjelasan. 

Biasanya para santri yang mempelajari kitab ini, menghapalkan semua bentuk tashrif yang sudah tersusun rapi di dalam kitab tersebut dengan cara menghapal sambil melagukannya, agar mudah dihapal dan awet di ingatan. Dengan hapal amtsilah tashrifiyah, para santri bisa dengan mudah dan cepat dalam mengidentifikasi suatu bentuk kata, karena sudah nglotok hapalannya. 

Bagi kalian yang ingin belajar kitab amtsilah tashrifiyah, berikut ini kami sediakan link download kitab amtsilah tashrifiyah dalam bentuk pdf. tekan link di bawah ini untuk mendownload kitab amtsilah tashrifiyah.

Download

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Download kitab amtsilah tashrifiyah