download kitab matan jurumiyah beserta terjemahannya

download kitab matan jurumiyah beserta terjemahannya

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Hai sahabat arobiyah institute, kaifa halukum jami'an? Semoga baik-baik saja ya. Dalam belajar tentunya kita butuh referensi. Terlebih lagi ketika kita belajar bahasa arab. Sekarang ini, para pelajar bahasa arab seperti dimanjakan. Karena semakin mudahnya mendapatkan referensi pelajaran bahasa arab. Baik itu berupa video pelajaran bahasa arab, poster-poster mufrodat maupun kalimat bahasa arab, ataupun artikel-artikel pelajaran bahasa arab yang banyak bertebaran di internet.
Akan tetapi jumlah yang banyak itu juga terkadang membuat bingung para pelajar bahasa arab, khususnya yang belajar secara otodidak. 
Para pelajar yang belajar secara mandiri atau otodidak, mencomot segala materi pelajaran bahasa arab yang ia peroleh. Mereka tidak memilah-milah mana yang harus didahulukan, mana yang bisa diakhirkan. Akhirnyapun banyak yang gagal dalam belajar karena merasa bingung atau sulit memahami pelajaran.
Oleh sebab itu para pelajar yang belajar secara otodidak harus mengetahui metode-metode belajar bahasa arab yang benar, agar proses belajar menjadi mudah. Terutama masalah kaidah bahasa arab (nahwu dan sharaf), para pelajar harus mempelajarinya secara berurutan, tidak boleh loncat-loncat bab secara acak. Karena ilmu nahwu saling berkaitan satu sama lain. Apabila pada bab pertama tidak paham, otomatis pada bab selanjutnya pun tidak akan paham.
Pada artikel ini saya akan membagikan kitab pelajaran bahasa arab bagi pemula. Yaitu kitab matan jurumiyah. Kitab ini sangat terkenal khususnya bagi para santri-santri yang belajar di pondok pesantren. 
Kitab ini dikarang oleh imam abu abdillah muhammad bin muhammad bin dawud ash-shanhaji. Kitab ini dimulai dari bab kalam(macam-macam kata) sampai bab mahfudhotul asma' (isim-isim yang majrur). Silahkan kalian klik tombol button dibawah ini untuk mendownload kitab matan jurumiyah.

 Cukup sekian pembahasan mengenai kitab jurumiyah. Semoga bermanfaat.
wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

download kitab matan jurumiyah beserta terjemahannya