Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ma'had al-Birr UNISMUH Makassar, Salah Satu Lembaga Pendidikan Bahasa Arab di Kota Makassar

Arobiyahinstitute.com | Ma’had al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar adalah salah satu lembaga pendidikan bahasa arab yang ada di kota makassar. Bagi warga makassar dan sekitarnya yang ingin belajar bahasa di lembaga formal, ma’had al-birr bisa menjadi pilihan yang tepat.

Profil Ma'had al-Birr

Nama : al-Birr 
Direktur : H Lukman Abdul Samad, Lc 
Alamat : jalan sultan alauddin no 259 makassar, sulawesi selatan 
website : albirr.almaahid.com
jumlah mahasiswa: 1232 [1]

Sejarah ma'had al-birr 

Ma’had al-Birr Makassar secara resmi didirikan pada tahun 1996. Ma’had al-Birr lahir berkat kerjasama antara yayasan Dar el-birr yang berkedudukan di Dubai Uni Emirat Arab (UEA) dengan Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang berkedudukan di Jakarta. Pemilihan PP Muhammadiyah oleh Dar El-Birr sebagai partner dalam pengembangan lembaga pendidikan bahasa arab di Indonesia, tidak lepas dari nama besar Muhammadiyah di Indonesia yang telah memiliki kekuatan hukum yang kuat dan telah diterima dimasyarakat.
Seiring berjalannya waktu, Dar el-birr berubah nama menjadi AMCF (Asian Muslim Charity Foundation) dan mendirikan kantor pusat di Jakarta. Sekarang ini, AMCF telah mendirikan banyak lembaga pendidikan bahasa arab selain al-Birr yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada 1 september 2020, pengelolaan ma’had-ma’had AMCF berpindah tangan kepada PP Muhammadiyah pusat. Sehingga telah dilakukan penyerahan program, aset, dan sarana dan prasarana dari AMCF kepada PP Muhammadiyah di Jakarta[2]

ma'had al-Birr
sumber: facebook

Program pendidikan yang ada di Ma’had al-Birr 

Ma’had al-Birr memiliki berbagai program yang bisa dipilih. Diantaranya adalah: 
1. I’dad lughawi (Jurusan Bahasa Arab) (setera D2) Mahasiswa yang mengambil jurusan ini, akan belajar selama 4 semester. Kuliah dilakasanakan selama 5 hari dalam sepekan. Dari hari senin sampai hari jum’at. Perkuliahan menggunakan bahasa arab. Kurikulum yang dipakai adalah kurikulum LIPIA (cabang universitas muhammad ibnu sa’ud di Jakarta). 
2. Jurusan Hukum Keluarga (s1) Jurusan ini merupakan hasil kerjasama antara ma’had al-Birr dengan UNISMUH Makassar. Mengkombinasikan kurikulum Syari’ah yang ada di LIPIA Jakarta dengan kurikulum Hukum keluarga milik DIKTI. Mahasiswa akan menempuh perkuliahan selama 8 semester. Perkuliahan menggunakan bahasa arab dan bahasa indonesia. Perkuliahan dilaksanakan 5 hari dalam sepekan, mulai hari senin sampai hari jum’at. 
3. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) (S1) Jurusan ini merupakan hasil kerjasama antara ma’had al-Birr dengan UNISMUH Makassar. Mahasiswa akan menempuh kuliah selama 8 semester. Bagi lulusan I’dad bahasa arab yang ingin melanjutkan ke jurusan ini, tidak perlu mengulang dari semester 1, namun langsung melanjutkan semester 5. 
4. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) (S1), adalah jurusan yang mempelajari bahasa arab, lebih tepatnya jurusan yang mempersiapkan dan mencatak guru-guru bahasa arab yang akan terjun kemasyarakat.
5. Tahfidz al-Qur’an. 
Setelah integrasi antara ma'had al-Birr dan Unismuh makassar yang terjadi pada tahun 2020, maka mahasiswa ma'had hanya membutuhkan  8 semester saja (4 tahun) untuk menyelesaikan studi jenjang s1. Itu artinya setelah lulus dari i'dad lughawi, mahasiswa langsung masuk kesemester 5 dimasing masing jurusan yang dipilihnya (KPI, Hukum Keluarga, PBA).

Fasilitas Yang Tersedia di Ma'had al Birr

Fasilitas yang bisa didapatkan ketika kuliah di sini adalah: 
1. Bahasa pengantar berbahasa Arab 
2. Kurikulum standar LIPIA 
3. Pengajar lulusan LIPIA dan Timur Tengah 
4. Masjid 
5. Gedung dan ruang belajar representatif 
6. Perpustakaan 
7. Tempat parkir luas dan aman 
8. Tersedia asrama (terbatas) 
9. Kantin 
10. Radio insania 100.8 FM 

Pendaftaran Mahasiswa Baru Ma'had al-Birr UNISMUH MAKASSAR

Ma’had al-Birr membuka pendaftaran sekali dalam setahun, yakni pada bulan januari sampai bulan agustus. Untuk saat ini pendaftaran mahasiswa baru hanya tersedia lewat jalur online melalui link https://e-pmb.unismuh.ac.id/. Untuk tatacara pendaftarannya bisa melihat tutorialnya dichanel youtube PMB Ma'had al-Birr Unismuh makassar berikut ini: https://youtu.be/m5YilkLbgQM
Adapun persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar adalah: 
1. Telah lulus SMA/MA/SMK atau sederajat. 
2. Scan ijasah 
3. Scan Daftar nilai (Transkrip) 
4. Scan KTP/SIM 
5. Scan kartu keluarga 
6. Pasfoto Background merah ukuran 3 x 4 dengan kemeja atau kerudung putih 
7. Scan surat keterangan berbadan sehat 
8. Surat rekomendasi 
9. Tidak pernah dikeluarkan dari ma’had al-Birr 
10. Berusia maksimal 30 tahun 

Untuk info lebih lanjut, hubungi: 
Ustad muktashim : 082195486767 (untuk laki-laki) 
Ustadzah risnawati :  085342873123 (untuk perempuan)
Itulah beberapa informasi seputar Ma'had al-Birr Unismuh Makassar, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

Posting Komentar untuk "Ma'had al-Birr UNISMUH Makassar, Salah Satu Lembaga Pendidikan Bahasa Arab di Kota Makassar"