Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Ceramah Singkat Tentang Sedekah

kultum tentang sedekah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Arobiyahinstitute.com | Ketika diminta untuk ceramah singkat membicarakan tentang sedekah, mungkin cukup banyak di antara kita yang merasa ‘mudah’ ya. Karena memang, tema ini adalah tema yang sangat lekat dengan kehidupan, dan bakalan awet sampai kapanpun. Sayangnya, sebagian lagi mungkin sebaliknya. Kalau ngobrol biasa mungkin bisa juga. Tapi kalau diminta ceramah? Pasti bakalan beda kan? Karena kalau belum biasa, ceramah jauh lebih sulit dibandingkan ngobrol biasa. Tapi tenang, karena kami mempersiapkan contoh ceramah singkat tentang sedekah. Yang singkat-singkat saja, yang penting audience paham.

Teks ceramah singkat tentang sedekah ini bisa digunakan oleh siapapun, dan untuk momen apapun ya. Termasuk buat ikutan lomba ceramah. Baik itu tingkat sekolah, kelurahan, atau malah kecamatan.

Contoh ceramah tentang sedekah

Simak teksnya dengan baik ya.

بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

حَمْدًا و شُكْرًا وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَّ اِلَّا بِاللهِ 

اَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ وَ الْحَاضِرَاتُ.......

 

Segala puji hanya milik Allah. Yang telah menganugerahkan berbagai kenikmatan pada kita. Shalawat dan salam kepada Rasulullah, sang suri tauladan kehidupan. Yang telah berjuang hingga titik darah penghabisan.

Hadirin yang dirahmati Allah. Islam merupakan agama yang rahmatan lil ‘alamin. Agama yang memberikan kemudahan kepada para pemeluknya yang ingin berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Tidak ketentuan berapa nominal yang mesti dikeluarkan ketika akan bersedekah. Betul? Hal ini menandakan, bahwasanya semua orang bisa bersedekah, meski hanya dengan tenaganya. Jika mempunyai harta yang berlimpah, mungkin dapat bersedekah dengan hartanya, bagi yang mempunyai ladang luas, bisa bersedekah dengan hasil panennya, sementara yang hanya mempunyai tenaga, bisa bersedekah dengan tenaganya. MasyaAllah. Indahnya agama ini.

Ketika bersedekah, tidak ada yang perlu kita khawatirkan. Karena sejatinya, sedekah tidak akan mengurangi rezeki kita, tapi sebaliknya. Secara dzahir mungkin memang terlihat berkurang, namun, ada yang lebih dahsyat daripada itu. Karena Allah akan membalasnya berlipat-lipat ganda. Tentu saja, balasan sedekah kita bisa dalam bentuk rezeki yang lain. Mungkin diberikan dalam bentuk kesehatan, anak-anak yang shaleh, atau yang lainnya.  Allah SWT berfirman, di dalam Surat al-Baqarah ayat 261:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Yang artinya: “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia Kehendaki dan Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui”.

Bayangkan, berapa banyak yang akan Allah berikan ketika kita bersedekah? Sampai kapanpun, kita tidak akan bisa menghitungnya. Karena yang digunakan untuk menghitung balasan kebaikan tersebut bukan lagi matematikanya manusia, melainkan matematikanya Allah yang Maha Kasih. MasyaAllah.

Nah, ketika belum bisa bersedekah yang banyak, bisa dimulai dengan sedekah yang sedikit dulu kok. Kita bahkan bisa mulai bersedekah hanya seribu rupiah saja per harinya. Apakah nominal ini besar? Tentu tidak. Mungkin bagi kita kita seribu tidak ada artinya, namun bagi orang di luar sana? Bisa jadi, seribu rupiah merupakan nominal yang sangat besar. Oleh karena itu, yuk mulai diistiqamahkan sedekahnya, meski hanya seribu rupiah perhari. Karena dari seribu rupiah tersebut, akan banyak kebaikan-kebaikan yang Allah berikan, dan akan ada orang-orang yang terbantu.

Demikian dari saya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itu dia ceramah singkat tentang sedekah. Semoga bermanfaat. Baca juga contoh-contoh ceramah atau kultum lainnya, seperti ceramah tentang puasa dan kultum tentang pacaran.

Posting Komentar untuk "Contoh Ceramah Singkat Tentang Sedekah"