Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Naskah Ceramah Singkat Tentang Ikhlas

ceramah singkat tentang ikhlas
sumber: rahmatanlilalamin.or.id

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Arobiyahinstitute.com | Ketika sedang berbicara tentang ikhlas, sejatinya kita sedang berbicara tentang sesuatu yang terlihat sederhana dan mudah, namun sejatinya sangat rumit dan dalam. Karena ikhlas adalah perbuatan hati, sehingga hanya Allahlah yang mengetahuinya. Ikhlas juga termasuk sebuah pembahasan yang ringan untuk disampaikan, tapi sulit diaplikasikan.

Wajar jika kemudian banyak sekali orang-orang yang mengangkat ikhlas sebagai tema cermahanya. Entah itu karena mendapat tugas mengisi ceramah di kelas, sekolah, atau untuk sekedar latihan dan mengikuti lomba. Nah, jika kalian berencana untuk mengikuti beberapa kegiatan yang berkaitan dengan ceramah, mungkin bisa menggunakan ceramah singkat tentang ikhlas yang sudah kami buat. Penasaran bagaimana isinya? Simak penjelasannya berikut.

 Contoh teks ceramah singkat tentang ikhlas

Meskipun disebut sebagai ceramah singkat, namun pada umumnya, ceramah-ceramah singkat tidak kalah menariknya dengan ceramah pada umumnya. Hal ini karena ceramah singkat sudah dikemas sedemikian rupa, sehingga materinya bisa sampai kepada para pendengar. Berikut contohnya.

 

بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

حَمْدًا و شُكْرًا وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَّ اِلَّا بِاللهِ

اَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ وَ الْحَاضِرَاتُ.......

Hadirin yang semoga senantiasa dalam lindungan Allah. Marilah kita bersyukur atas segala limpahan rahmat dan hidayah Nya yang tak pernah putus hingga saat ini. Maripula kita bersyukur, karena dapat mengenal sosok Rasulullah sang teladan umat. Sang pembawa kebenaran, yang namanya dikenang dan dikenal sebagai sosok luar biasa. Semoga kelak, kita bisa dikumpulkan bersamanya. 

Hadirin sekalian…….

Dalam menjalani kehidupan, kita seringkali mendengar dan mengatakan 'Aku ikhlas kok, udah, ikhlasin aja' atau kalimat senada dengannya. Ia kan? Yang menjadi pertanyaannya adalah, benarkah kita sudah ikhlas? Tidak dapat kita pungkiri, bahwa ikhlas adalah salah satu amal hati yang sangat sulit, tingkatannya pun sudah tinggi. Dalam hal ini, Imam Ghazali pernah mengatakan, 'hakikat ikhlas ialah kemurnian niat dari hal-hal yang bisa mengotorinya.

Dan biasanya, para ustadz kita kerap menganalogikan ikhlas layaknya surah al-Ikhlas dalam al-Quran. Ia disebut surat al-Ikhlas, padahal di dalamnya tak satupun ada kata ikhlas. Ia kan? Itulah ikhlas. Sangat sulit, dan rumit. Kita diperintahkan untuk selalu ikhlas atas ketetapannya, termasuk atas ibadah shalat yang telah diperintahkan Nya. Sebagaimana yang terdapat di dalam al-Quran surah al-Bayyinah ayat 5.

 

وَمَآ اُمِرُوْٓا اِلَّا لِيَعْبُدُوا اللّٰهَ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ ەۙ حُنَفَاۤءَ وَيُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوا الزَّكٰوةَ وَذٰلِكَ دِيْنُ الْقَيِّمَةِۗ

 

Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar)

Hadirin yang dirahmati Allah…..

Surat al-Bayyinah tersebut mengandung beberapa hal penting yang harus kita cermati. Pertama, kita hanya boleh beribadah kepada Allah saja, tanpa menyekutukannya. Kemudian, setiap ibadah yang kita laksanakan meski ikhlas, yakni harus bersih dari segala hal yang akan membuatnya rusak. Baik itu riya, sum'ah, atau yang lainnya. Sementara yang ketiga ialah membuktikan keikhlasan dengan melaksanakan shalat serta zakat pada waktunya.

Semoga Allah menjadikan kita hamba yang ikhlas dalam beribadah, dan ikhlas dalam menerima ketentuan Nya. Karena berapa banyak saudara kita yang melakukan hal-hal tidak pantas lantaran tidak bisa ikhlas menerima segala ketentuan yang telah Allah beri?

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Itulah dia sekilas teks ceramah singkat tentang ikhlas yang dapat digunakan. Semoga membantu. Jika kalian menginginkan contoh kultum dengan tema lainnya seperti kultum tentang sholat dhuha dan kultum tentang sholat tahajud, kalian bisa membacanya disi sitemape atau di tag kultum.

Posting Komentar untuk "Contoh Naskah Ceramah Singkat Tentang Ikhlas"