Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Naskah Ceramah Tentang Bersyukur

 

Ceramah tentang bersyukur
sumber gambar: nu.or.id

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Arobiyahinstitute.com | Salah satu tema ceramah yang paling sederhana adalah ceramah tentang bersyukur. Hal ini karena bersyukur merupakan perbuatan yang sangat dekat dengan manusia. Nah, kalau kalian tertarik untuk berceramah dengan tema ini, bisa menggunakan naskah ceramah tentang bersyukur berikut ya.

Ceramah Tentang Bersyukur

بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

حَمْدًا و شُكْرًا وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَّ اِلَّا بِاللهِ

اَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ وَ الْحَاضِرَاتُ

Kaum muslimin dan muslimat yang semoga dirahmati Allah.

Setiap harinya, ada banyak sekali nikmat yang telah dianugerahkan Nya kepada kita. Mulai dari kita bangun tidur, sampai tidur kembali. Bahkan saking banyaknya nikmat tersebut, kita tak kan mampu menghitungnya satu persatu.

Mulai dari nikmatnya hidup sehat, mempunyai rumah, nikmat iman, nikmat akal, dan lain sebagainya. Masyaallah. Banyaknya nikmat yang telah diberikan Allah seharusnya membuat kita menjadi hamba yang bersyukur. Karena dengan syukurlah akan Allah tambahkan nikmat Nya.

Saking banyaknya nikmat tersebut, Allah mengatakan kita tidak akan bisa menghitungnya. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan di dalam Quran surah al-Nahl ayat 18 yang berbunyi.

وَاِنْ تَعُدُّوْا نِعْمَةَ اللّٰهِ لَا تُحْصُوْهَا ۗاِنَّ اللّٰهَ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, Allah benar-benar Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Dalam ayat tersebut dijelaskan, bahwasanya Allah akan menambahkan nikmat Nya ketika kita hidup dengan rasa syukur kepada Allah. Secara umum, syukur terbagi menjadi 4. Yakni syukur lewat ucapan, syukur dengan lidah, syukur lewat hati, dan yang terakhir adalah syukur lewat anggota badan.

Syukur lewat ucapan. Yang dimaksud dengan syukur lewat ucapan ialah senantiasa memuji Allah, dan menyebutkan nikmat-nikmat Nya kepada manusia lain.

Kedua, syukur dengan lidah. Adapun cara yang bisa dilakukan ialah dengan terus berdzikir dan berusaha memperbanyak dzikrullah. Atau berdzikir kepada Allah. Dalam hal ini, Aisyah menyebutkan, bahwasanya Rasulullah selalu berdzikir setiap kali ada kesempatan semasa hidupnya.

Ketiga, syukur dengan hati. Yang dimaksud syukur dengan hati dijelaskan di dalam Qs. Al-Nahl ayat 53, yang artinya,

وَمَا بِكُم مِّن نِّعْمَةٍ فَمِنَ ٱللَّهِ ۖ ثُمَّ إِذَا مَسَّكُمُ ٱلضُّرُّ فَإِلَيْهِ تَجْـَٔرُونَ

‘Dan segala nikmat yang ada padamu berasal dari Allah. Maka ketika kamu ditimpa kesengsaraan, maka hanya kepada Nyalah kamu meminta pertolongan.’

Keempat, syukur dengan anggota badan. Yaitu dengan selalu melaksanakan perintah Nya, dan menjauhi larangan Nya. Bersyukur adalah amalan yang mudah diucapkan, tapi sulit dipraktekkan. Berapa banyak di antara kita yang lisannya sibuk berkata ‘Aku bersyukur’ padahal dalam hatinya penuh kebencian? Ntah itu dikarenakan iri dengan nikmat yang diberikan Allah kepada orang lain, atau yang lainnya Na’udzubillah. Sesulit apapun syukur, kita tetap harus berupaya melakukannya ya.

Hadirin yang dirahmati Allah.

Sejauh ini, sudah sampai mana syukur kita? Apakah kita bersyukur hanya saat diberikan kesenangan saja? Misal, ketika naik gaji, dapat tunjangan banyak, mendapatkan anak yang diidam-idamkan saja? Jika ia, ketahuilah, bahwasanya kita juga harus bersyukur atas ketetapan Nya. Termasuk hal-hal yang mungkin tidak kita sukai. Mulai sekarang, marilah kita mensyukuri apapun yang telah diberikan Nya, sekecil apapun itu. Semoga Allah menjadikan kita sebagai salah satu hamba Nya yang pandai bersyukur. Demikian, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikian contoh ceramah tentang bersyukur yang bisa digunakan untuk event-event yang ingin kalian ikuti. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Contoh Naskah Ceramah Tentang Bersyukur"