Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kultum Singkat Tentang Kejujuran

kultum singkat tentang kejujuran
sumber gambar: zonasurabaya.pikiran-rakyat.com

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Arobiyahinstitute.com | Salah satu tema atau topic yang menarik dan mudah untuk dijadikan sebagai bahan kultum singkat adalah tentang kejujuran. Sayangnya, 'kemudahan tersebut' hanya bagi segelintir orang saja. Bagi mereka yang sudah terbiasa kultum tentunya. Nah jika Anda ingin mencoba menyampaikan kultum, mungkin kultum singkat tentang kejujuran bisa menjadi topik yang diangkat. Kalau bingung bagaimana mengemasnya, mungkin bisa menjadikan naskah kultum berikut sebagai bahan.

Contoh Kultum Singkat Tentang Kejujuran

بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

حَمْدًا و شُكْرًا وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَّ اِلَّا بِاللهِ

اَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ وَ الْحَاضِرَاتُ.......

Alhamdulillah. Segala puji hanya bagi Allah, yang tidak pernah lelah mengurus makhluk Nya, dan senantiasa menganugerahkan kita banyak nikmat hingga detik ini. Shalawat dan salam, semoga selalu tercurah untuk sang suri tauladan terbaik sepanjang masa. Rasulullah saw. Kepada sahabatnya, keluarganya, dan para pengikut setianya.

Alhamdulillah. Berkat Rahmat Allah, kita bertemu di majelis yang mulia ini. Dengan niat yang tulus, ikhlas, hanya untuk mendapatkan rahmat Nya. Dalam kesempatan yang luar biasa ini, saya akan menyampaikan Kultum Singkat Tentang Kejujuran.

Di dalam kehidupan ini, ada banyak hal baik yang meski kita lakukan. Dan jujur termasuk salah satunya. Jujur adalah hal yang penting dimiliki oleh setiap muslim. Baik itu laki-laki maupun perempuan. Karena dengan perilaku jujur inilah kita bisa dengan mudah mendapatkan keberkahan dunia dan akhirat.

Sebagaimana kita tahu, bahwa suri tauladan semua umat, Rasulullah saw. adalah orang yang terkenal sangat jujur semasa hidupnya. Dan ini harus benar-benar kita teladani, dan kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kejujuran tersebut, wajar kalau kemudian Rasulullah mendapatkan gelar al-Amin, yang artinya orang yang dapat dipercaya. Perlu kita ketahui pula, bahwasanya jujur merupakan pondasi iman. Dan ia merupakan sifat yang bertolak belakang dengan kemunafikan.

Hadirin yang dirahmati Allah.

Salah satu firman Allah yang mewajibkan orang beriman untuk berkata jujur terdapat di dalam Qura surah al-Ahdzab ayat 70. Yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ ا مَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ  وَقُوْلُوْا قَوْلً سَدِيْدًا  

 Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar

Oleh karena itu, jelas sekali, bahwa berkata dengan kalimat-kalimat yang benar adalah sebuah keharusan, jika kita merasa beriman. Tentu, sebagai seseorang yang beriman, kita akan mentaati perintah dan larangannya. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk berkata dusta. Di dalam jujur, ada hikmah luar biasa yang akan kita dapatkan. Dan salah satu nikmat tersebut adalah mendapatkan ketenangan. Ia kan?

Mungkin, nyaris semua kita pernah mengalami hal tersebut. Yang mana, orang-orang yang senantiasa berkata jujur, batinnya akan diliputi dengan ketenangan, karena ia tidak perlu bersusah payah untuk menutupi kebohongannya. Ia juga tidak perlu cemas atas apapun yang dikatakannya. MasyaAllah. Tapi kalau sampai kita bohong?

Kecemasan akan terus menghantui kita. Karena kita akan terjerat pada kebohongan yang satu dengan kebohongan yang lain. Karena pada dasarnya, kita akan berusaha berbohong lagi dan lagi hanya untuk menutupi satu kebohongan. Naudzubillah.

Hadirin yang dirahmati Allah.

Kejujuran sangat dekat dengan kebaikan. Dan kebaikan merupakan hal yang sangat disenangi oleh Allah. Kebiasaan berperilaku jujur akan memberikan banyak manfaat kepada kita. Seperti terhindar dari berbagai masalah, bisa menjalani hidup dengan damai, dapat berperilaku jujur kepada diri sendiri, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, mulai sekarang,  marilah sama-sama kita berupaya semaksimal mungkin untuk meminimalisir yang namanya kebohongan atau dusta. Karena ini akan membuat batin kita tersika. Pertingkat lagi kejujurannya, dan semoga Allah merahmati kita.

Demikian, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itu dia salah satu contoh Kultum Singkat Tentang Kejujuran. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Contoh Kultum Singkat Tentang Kejujuran"