Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kultum Singkat Tentang Sabar

kultum singkat tentang sabar
sumber gambar: republika.co.id

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Arobiyahinstitute.com | Pernahkah kalian diminta untuk menyampaikan kultum singkat di depan banyak orang? Mungkin, ada beberapa yang mengalaminya. Bagaimana, apakah kalian bisa menyampaikannya? Jika diminta menyampaikan kultum dadakan, mungkin terkesan agak sulit. Karena kalian tidak bisa mempersiapkannya. Tapi kalau diberi waktu, apakah tertarik? Tentu, kesempatan ini tidak boleh dilewatkan. Karena pengalaman menyampaikan kultum bisa menjadi pengalaman dan pembelajaran berharga. Adapun salah satu tema yang bisa diangkat adalah tentang sabar. Bagaimana mengemas tema tersebut? Kalau bingung, bisa simak contoh kultum singkat tentang sabar berikut.

Contoh kultum singkat tentang sabar

 

بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

حَمْدًا و شُكْرًا وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَّ اِلَّا بِاللهِ

اَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ وَ الْحَاضِرَاتُ.......

Puji serta syukur, semoga senantiasa mengalir dari mulut kita. Yakni dengan mengucapkan hamdalah, dan membuktikannya dengan perbuatan atau amalan baik. Puji dan syukur hanya kepada kepada Nya, sang pemilik alam semetsa, yang senantiasa menganugerahkan kenikmatan kepada kita. Shalawat serta salam, kepada baginda Muhammad, sang suri tauladan ummat. Yang telah membawa risalah Islam. Semoga Allah menjadikan kita ke dalam pengikutnya yang setia.

Hadirin yang dirahmati Allah. Dalam majelis yang mulia ini, saya akan menyampaikan kultum singkat tentang sabar. Dalam menjalani kehidupan ini, ada banyak sekali peristiwa yang kita alami. Mulai dari peristiwa yang mengenakkan, sampai dengan yang tidak mengenakkan. Bagaimanapun juga, peristiwa tersebut tidak bisa kita pilih dan pilah. Karena semuanya akan datang silih berganti. MasyaAllah. Dan ternyata, tidak sedikit peristiwa tidak mengenakkan yang singgah. Ia kan? Dan peristiwa inilah yang benar-benar akan menguji iman kita. Sabar tidak kita dalam menjalaninya? Atau bahkan, kita sibuk mengeluhkannya kepada Allah?

Ujian tersebut datang terus menerus. Setelah ujian satu selesai, akan disusul dengan ujian yang lain. Ujian ujian yang telah Allah berikan akan menjadi pahala, dan menjadikan derajat kita meningkat di hadapan Nya. Dengan catatan, kita sabar dalam menjalahi ujian tersebut. MasyaAllah. Dengan kesabaran penuh, Allah akan menjadikan ujian tadi menjadi sebuah anugera yang maha dahsyat. Dan ini juga akan menjadi salah satu kebahagiaan kita, baik itu di dunia ataupun di akhirat.

Hadirin yang semoga selalu dalam lindungan Allah. Sejatinya, Allah akan menguji hamba Nya dengan ujian yang berbeda-beda. Ada yang diuji dengan harta benda,  ketakutan akan kelaparan, dan yang lainnya. Sebagaimana yang terdapat di dalam al-Quran, surah al-Baqarah ayat 155.

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ 

Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar

Sebagai seorang muslim yang baik dan merasa beriman, tentu, kita harus bisa berlaku sabar atas apapun yang telah Allah tetapkan. Karena setiap ujian yang datang adalah kiriman dari Allah, dan Allah tahu bahwa kita mampu menjalaninya. Bahkan, Allah sendiri telah mengatakan, tidak akan menguji hamba Nya di luar batas kemampuan hamba tersebut. Sabar sendiri terbagi menjadi tiga bagian. Yakni sabar dalam mentaati semua perintah dan larangan Nya, kedua sabar dalam menghadapi musibah yang Allah titipkan, dan yang terakhir sabar akan ujian kesenangan. 

Jadi, jangan mengira bahwa sabar hanya dihadapi oleh orang-orang yang tampaknya mempunmyai hidup sengsara saja. Karena sebenarnya, kesanangan pun bisa jadi termasuk ujian. Bagaimana mungkin? Ya, kesenangan adalah ujian. Oleh karena itu, mari kita berupaya untuk selalu sabar menerima ketentuan yang telah Allah gariskan. Semoga Allah menjadikan kita hamba Nya yang selalu sabar, agar menjadi orang-orang yang dicintai Nya.

Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikian salah satu contoh Kultum Singkat Tentang Kejujuran dari kami. Semoga membantu.  

Posting Komentar untuk "Contoh Kultum Singkat Tentang Sabar"