Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Naskah Kultum Tentang Siksa Neraka

kultum tentang siksa neraka
sumber gambar: muslim.okezone.com

Assalamualaikum warahmatullahi wabaraktuh

Arobiyahinstitute.com | Kultum tentang siksa neraka tampaknya mulai agak jarang disampaikan oleh para da’i da’iyah kita. Padahal, pembahasan tentang siksa neraka terbilang sangat penting untuk diangkat, dan terus dibahas. Sebab, bisa menjadi pelajaran dan pengingat diri dan mereka yang mendengarkan. Oleh karena itu, bagi kalian yang hendak menyampaikan kultum, kami sarankan untuk menyampaikan saja tema tentang siksa neraka. Kalau bingung seperti apa contoh kultum tentang siksa neraka yang bisa diangkat, bisa simak contohnya berikut. 

Contoh kultum tentang siksa neraka

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْمِ اللهِ الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ رَسُولِ الله، لَا حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَ اِلَّا بِالله وَ بَعْدُ

Alhamdulillah. Segala puji serta syukur hanya untuk dan milik Allah. Tuhan sekalian alam. Yang telah memberikan segudang kenikmatan, dan tidak pernah lelah mengurusi hamba Nya. Untuk itu, mari sama-sama kita bersyukur terlebih dahulu atas nikmat-nikmat tersebut, dan semoga kita menjadi hamba Nya yang bersyukur. Shalawat serta salam, kepada baginda Muhammad, sang suri tauladan terbaik. 


Dengan sama-sama bershalawat kepadanya, allahumma shalli ‘ala muhammad, wa ala ali Muhammad. Hadirin yang dirahmati oleh Allah. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan sedikit saja, yakni kultum tentang siksa neraka. Sebagai seseorang yang mengaku beriman kepada Allah, maka sudah sepatutnya kita terus menerus mengkhawatirkan akan datangnya siksa neraka. Karena siksaan Allah yang begitu nyata. Di dalam al-Quran, surah al-Furqan ayat 65 66 disebutkan: 


وَالَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا اصْرِفْ عَنَّا عَذَابَ جَهَنَّمَۖ اِنَّ عَذَابَهَا كَانَ غَرَامًا ۖ اِنَّهَا سَاۤءَتْ مُسْتَقَرًّا وَّمُقَامًا

Dan orang-orang yang berkata, “Ya Tuhan kami, jauhkanlah azab Jahanam dari kami, karena sesungguhnya azabnya itu membuat kebinasaan yang kekal ‘’. sungguh, Jahannam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman.

Rasa takut akan siksa neraka membuat seorang hamba terus berusaha untuk berbuat kebajikan, yang akan menjadi bekal di akhirat kelak. Karena bagaimanapun, kita tidak pernah tahu, amalan atau ibadah mana yang diterima di sisi Nya. Hadirin yang dirahmati oleh Allah. Di dalam QS. al-Mukminun ayat 60 dinyatakan oleh Allah, bahwasanya ‘takut akan siksa neraka’ merupakan salah satu tanda atau ciri orang yang beriman kepada Allah, dan merupakan salah satu tanda kesempurnaan iman seseorang. MasyaAllah. 


Hadirin, setelah hancurnya dunia dan seisinya, kita akan mengalami banyak fase kehidupan yang sebenarnya. Yang pada akhirnya akan bermuara pada siksa neraka, atau surga. Maka dari itu, sudah sepatutnya kita berusaha sekuat tenaga, sekuat yang kita mampu untuk benar-benar menyempurnakan iman dengan takut akan siksa neraka yang akan diberikan oleh Allah nantinya. Adapun orang-orang yang tidak takut dengan siksa neraka, termasuk ke dalam orang-orang munafik. Yakni, orang-orang yang amalannya sangat buruk, tapi merasa dirinya aman dan terbebas dari siksa neraka di kemudian hari. Na’udzubillah. 


Hal ini tentu berbanding terbalik dengan orang-orang yang beriman. Yaitu, mereka yang mempunyai rasa takut akan azab Allah, sehingga membuat mereka terus melakukan kebaikan, dan berhati-hati dalam bertindak. Dan pada dasarnya, Allah akan mengantarkan atau mendorong hamba Nya yang beriman untuk mengisi waktu mereka dengan hal-hal yang bermanfaat, sehingga membuat mereka dekat dengan Allah. Saudaraku. 


Kita harus menyadari, bahwa siksa kubur itu nyata adanya. Jangan sampai, hanya karena ingin menikmati kehidupan dunia yang fana ini, kita melalaikan kewajiban-kewajiban yang telah ditetapkan oleh Nya, sehingga membuat kita lalai, dan terjerumus kepada perbuatan maksiat. Oleh karena itu, saya mengajak kita semua untuk terus meningkatkan keimanan kita, agar terus dibantu oleh Allah untuk mengerjakan hal-hal baik. Billahi fi sabilil haq, fastabiqul khairat. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Itu dia contoh naskah kultum tentang siksa kubur yang bisa dijadikan referensi, semoga membantu. Baca juga contoh-contoh kultum lainnya, seperti kultum tentang muhasabah dan ceramah singkat tentang sedekah.


Posting Komentar untuk "Contoh Naskah Kultum Tentang Siksa Neraka"