Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kultum Tentang Hari Kiamat

kultum tentang hari kiamat
sumber gambar: urbanjabar.com

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Arobiyahinstitute.com | Seorang Muslim harus mempercayai akan datangnya hari kiamat. Dan untuk saat ini, kiamat menjadi salah satu tema yang bagus untuk diangkat menjadi tema kultum kalian nantinya. Baik itu ketika akan menyampaikan kultum di sekolah, di masjid, atau mengikuti lomba. Berikut ini merupakan contoh kultum tentang kiamat yang mungkin bisa digunakan. 

Contoh kultum tentang hari kiamat

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْمِ اللهِ الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ رَسُولِ الله، لَا حَوْلَ وَ لَا قُوَّةَ اِلَّا بِالله وَ بَعْدُ


Alhamdulillah. Segala puji dan syukur hanya milik Allah. Karenanya, mari sama-sama kita bersyukur atas segala anugera yang telah diberikan Nya. Shalwat serta salam, kepada baginda Muhammad saw. Yang telah berjuang demi Islam, yang namanya telah diabadikan menjadi orang nomor satu di dunia. Yakni orang yang sangat berpengaruh terhadap peradaban manusia. Hadirin yang dirahmati Allah. 


Dalam kesempatan kali ini, izinkan saya untuk menyampaikan sebuah kultum tentang kiamat. Mempercayai datangnya hari kiamat merupakan salah satu rukun iman yang harus kita imani dengan benar. Karena tatkala kita beriman dengan datangnya hari kiamat, maka kita akan senantiasa berbenah, melakukan perubahan-perubahan agar menjadi hamba yang dicinta oleh Allah. Datangnya hari kiamat akan ditandai dengan beberapa tanda-tanda. Seperti ditiupkannya terompet sangkakala yang ditiup oleh Malaikat Israfil, terbitnya matahari dari sebelah terbenamnya, dan beberapa tanda-tanda lain. Hal ini sebagaimana yang tergambar dalam hadis:


لاَ تَقُوْمُ السَّاعَةَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنَ الْمَغْرِبِ، فَإِذَا طَلَعَتْ، فَرَآهَا النَّـاسُ؛ آمَنُوا أَجْمَعُوْنَ، فَذَلِكَ حِيْنَ لاَ يَنْفَعُ نَفْسًا إِيْمَانُهَا لَمْ تَكُنْ آمَنَتْ مِنْ قَبْلُ أَوْ كَسَبَتْ فِيْ إِيْمَانِهَا خَيْرًا.



“Tidak akan terjadi Kiamat sehingga matahari terbit dari sebelah barat, jika ia telah terbit, lalu manusia menyaksikannya, maka semua orang akan beriman, ketika itu tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya.” HR. Bukhari.


Hadriin yang dirahmati Allah. 

Ada banyak sekali dalil-dalil yang menceritakan akan peristiwa kiamat. Seperti yang terdapat di dalam QS. al-Hajj ayat 7, yang mana, Allah menegaskan bahwasanya kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan kepadanya, dan Allah akan membangkitkan orang-orang yang ada di dalam kubur. Kemudian, Allah juga berfirman di dalam QS. al-Zumar ayat 68, al-Sy’ara ayat 47, dan lain sebagainya. 


Dahsyatnya peristiwa kiamat tersebut ditunjukkan oleh Allah lewat gambaran-gambaran yang maha dahsyat di al-Quran dan hadis. Maka dari itu, hal ini seharusnya kita jadikan sebagai pembelajaran, bahwa kelak, ketika waktu tersebut tiba, sudah siapkah kita? Apalagi notabenneya tidak ada satupun yang tahu kapan terjadinya kiamat selain Allah. Bahkan, Rasulullah, sang kekasih Allah pun tidak tahu.  Hadirin. Dengan banyaknya dalil-dalil tentang kiamat, seharusnya membuat kita lebih khusyu dalam beribadah, berusaha memperkuat keimanan, dan terus melakukan amal kebaikan. Agar ketika waktunya tiba, kita sudah siap menghadap Allah. 


Salah satu hikmah dari mengimani datangnya hari kiamat adalah kita akan senantiasa berhati-hati dalam berbuat, sebab menyadari akan datangnya hari kiamat dan pembalasan. Oleh karena itu, mari sama-sama kita berusaha mengumpulkan bekal untuk bertemu Allah, dan menghadapi kiamat nantinya. Baik itu kiamat besar maupun kiamat kecil. Semoga Allah senantiasa menganugerahkan keimanan pada kita, dan membimbing kita untuk selalu berbuat kebaikan. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Demikian contoh naskah kultum tentang hari kiamat. Semoga bermanfaat. Kalian juga bisa membaca contoh-contoh kultum disini, seperti ceramah tentang tauhid.


Posting Komentar untuk "Contoh Kultum Tentang Hari Kiamat"