Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kultum tentang Sholat Tahajud

 

Kultum tentang sholat tahajud
sumber gambar: parakhalifah.co.id

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Arobiyahinstitute.com |  Shalat tahajud termasuk salah satu amalan yang sangat baik dalam Islam. Karena itulah, kali ini kami akan membagikan contoh naskah kultum tentang sholat tahajud untuk kalian. Nantinya, naskah ini bisa digunakan untuk bahan lomba kultum di sekolah, di TPA, atau sekedar untuk latihan. Bagi yang penasaran, simak naskahnya berikut. 

Contoh kultum tentang sholat tahajud

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Hadirin yang dirahmati Allah. Terlebih dahulu, marilah kita sama-sama bersyukur atas segala rahmat dan juga nikmat yang telah dianugerahkan oleh Allah. Yang mana, nikmat tersebut tampaknya tidak putus-putus dari kita. Mulai dari kita terbangun dari tidur, sampai dengan tidur kembali. Semoga kita menjadi hamba Nya yang bersyukur ya. Shalawat serta salam, semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita, Rasulullah yang mulia. Sosok yang menjadi tauladan semua umat. Namanya yang tercatat indah di dalam sejarah dunia. Dan beliau pulalah yang telah membawa banyak risalah. 

Hadirin. Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan kultum tentang sholat tahajud. Setiap kita pasti sudah pernah mendengar nama shalat tahajud kan? Karena memang, di dalam Islam kita bukan hanya mengenal yang namanya shalat wajib lima waktu saja. Tapi juga ada shalat shalat yang lain yang mesti kita ketahui, dalam rangka bertaqarrub ilallah, atau mendekatkan diri kepada Nya.  Menjalankan atau melaksanakan shalat tahajud merupakan salah satu bentuk syukur dan ketaatan kita kepada Allah. Karena tidak semua orang mampu dan mau melaksanakannya. Terlebih lagi melaksanakannya di sepertiga malam. Shalat tahajud juga sering disebut dengan shalat qiyamul lail, karena dilaksanakan di malam hari. Ada banyak keutamaan melaksanakan shalat tahajud. 

Merupakan sifat orang yang bertaqwa dan calon penghuni surga

Sebagaimana saya sebutkan sebelumnya, bahwa tidak semua orang mampu dan mau mengerjakan sunnah satu ini. Adapun hikmah pertama ini dijelaskan di dalam al-Quran, surah al-Dzariyat ayat 15 sampai dengan 18. Yang berbunyi: 

إِنَّ ٱلْمُتَّقِينَ فِى جَنَّٰتٍ وَعُيُونٍ

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam taman-taman (surga) dan mata air-mata air,

ءَاخِذِينَ مَآ ءَاتَىٰهُمْ رَبُّهُمْ ۚ إِنَّهُمْ كَانُوا۟ قَبْلَ ذَٰلِكَ مُحْسِنِينَ

sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan.

كَانُوا۟ قَلِيلًا مِّنَ ٱلَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ

Di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam.

وَبِٱلْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Dan selalu memohonkan ampunan di waktu pagi sebelum fajar.

Dalam hal ini, Hasan al-Basri menyebutkan, bahwasanya yang dimaksud dengan ayat tersebut ialah,  ‘orang-orang yang dengan sengaja melakukan shalat malam. Waktu tidurnya pun hanya sedikit. Mereka juga menghidupkan malam-malamnya sampai waktu sahur atau menjelang shubuh, dan mereka banyak beristighfar, memohon ampun kepada Allah. 

Mengerjakan sebaik-baik sunnah

Hadirin sekalian, di antara kita, siapa yang tidak ingin mengerjakan sebaik-baik sunnah? Pasti kita ingin sekali kan. Dan ketika benar-benar ingin, maka hal yang dapat kita lakukan adalah dengan mengerjakan shalat tahajjud. Karena dengan tahajjud, itu artinya kita telah mengerjakan sebaik-baik sunnah, sebagaimana hadis Rasulullah. 

Dan masih banyak keutamaan-keutamaan yang lainnya. Adapun waktu pengerjaan shalat tahajud, bisa dilaksanakan di awal, pertengahan, maupun di akhir malam. Dan Rasulullah pernah melakukan semuanya. MasyaAllah. Namun waktu yang paling utama untuk mengerjakan shalat tahajud adalah ketika akhir malam. 

Hadirin yang dirahmati oleh Allah. Sesulit-sulitnya masalah yang kita hadapi, sudah waktunya kita bermunajat hanya kepada Nya. Menceritakan seluruh keluh kesah kita di sepertiga malam, tatkala kita selesai shalat tahajud. Karena hati kita akan terasa lebih damai usai bercengkrama dengan Allah, dan Allah pasti akan memberikan jalan keluar atas masalah-masalah yang tengah kita hadapi. Semoga Allah mudahkan kita mengisi malam-malam kita dengan beribadah hanya kepada Nya. Mohon maaf jika terdapat kesalahan, semoga bermanfaat. 

Demikian contoh naskah kultum tentang sholat tahajud, semoga bermanfaat. Baca juga tema kultum lainnya seperti ceramah singkat tentang sedekah dan ceramah singkat tentang ikhlas.

Posting Komentar untuk "Kultum tentang Sholat Tahajud"