Contoh Naskah Pidato Bahasa Arab Tentang Kejujuran

 

pidato bahasa arab tentang kejujuran

Arobiyahinstitute.com | Jujur adalah barang langka sekarang ini, karena semakin sedikitnya orang yang jujur. Setiap saat kita mendengar berita-berita tentang penipuan, korupsi, dan lain-lain yang semua itu diakibatkan tidak adanya kejujuran dalam diri pelakunya. Tema tentang kejujuran ini sangat cocok dijadikan tema pidato, baik pidato bahasa indonesia maupun pidato bahasa arab.

Jika kalian tidak terbiasa membuat konsep pidato, khususnya pidato bahasa arab, berikut ini saya akan memberikan contoh naskah pidato bahasa arab tentang kejujuran yang bisa kalian pakai untuk pidato.

Teks Arab Pidato Bahasa Arab Tentang Kejujuran

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ:

أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ وَالْحَاضِرَاتُ........

الْأَخْلَأقُ لَهَا مَكَانَةٌ مُهِمَّةٌ فِيْ الْإِسْلَامِ، أرْسَلَ اللَّهُ رَسُوْلَهُ مُحَمَّدًا صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلْأَغْرَاضِ، مِنْهَا لِأَجْلِ تَأْدِيْبِ النَّاسِ، قالَ رَسُوْلُ اللَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الْأَخْلَاقِ (رواه البيهقي).  

وَمِنَ الْخِصَالِ يَجِبُ عَلَى الْمُسْلِمِ أَنْ يَتَحَلَّى بِهَا هُوَ "الصِّدْقُ". الصِّدْقُ هُوَ الإِخْبَارِ عَنِ الشَّيْءِ عَلَى حَالِهِ الَّتِي يَكُوْنُ عَلَيْهَا، وَهُوَ ضِدُّ الْكَذِبِ.

فِي هَذَا الزَّمَانِ الْحَدِيْثِ، يُوْجَدُ أَنَّ الصَّادِقَ شَيْءٌ نَادِرٌ. مُنْدُ الصِّغَارِ يَتَعَوَّدُ كَثِيْرٌ مِنَ الْأَوْلَادِ أْنْ يَكْذِبُوْا، مَثَلَاً حِيْنَمَا فِي مَرْحَلَةِ الدِّرَاسِيَّةِ أَكْثَرُهُمْ يُجِيْبُوْنَ الْأَسْئِلةَ فِي الْإِخْتِبَارِ بِمُسَاعَدَةِ صَدِيْقِهِمْ، أَوْ بِمُشَاهَدَةِ التَّعْلِيْقَاتِ يَحْمِلُوْنَهَا، مَعَ أَنَّ ذَلِكَ الْعَمَلَ مَمْنُوْعٌ.

ثُمَّ هَذِهِ الْخَصْلَةُ الْمَكْرُهَةُ حَمَلُوْهَا فِي الْحَيَاةِ الْيَوْمِيَّةِ إِلَى أَنْ يَكْبُرُوا. وَلِهَذَا لَا عَجَبَ أنَّ الْيَوْمَ نَجِدُ كَثِيْرًا مِنَ الْمُوَظَّفِيْنَ يَخْتَلِسُوْنَ أَمْوَالَ الْحُكُوْمَةِ، لِأَنَّهُمْ يَتَعَوَّدُوْنَ الْكَذِبَ مُنْذُ الصِّغَارِ.  

أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ وَالْحَاضِرَاتُ........

الصِّدْقُ خَصْلَةٌ عَظِيْمَةٌ، وَهِيَ مِنْ خَصْلَةِ الْأَنْبِيَاءِ. ذَكَرَ اللَّهُ كَثِيْرًا مِنَ الْآيَاتِ فِي الْقُرْآن عَنِ الصِّدْقِ، مِنْهَا: (يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ) (سورة التوبة: 119).

وَالصَّادِقُ لَا يَكُوْنُ مُنَافِقًا، لِأَنَّ الْمُنَافِقَ إِذَ حَدَّثَ كَذَبَ، كَمَا قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَ حَدَّثَ كَذّبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا ائْتُمِنَ خَانَ (رواه البخاري ومسلم)

والصِّدْقُ يَجْلبُ صَاحِبَهُ إِلَى الْجَنَّةِ، كَمَا قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ، فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ، وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ صِدِّيقًا، وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ، فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ، وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ كَذَّابًا (رواه مسلم)

أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ وَالْحَاضِرَاتُ........

كُنُوْا صَادِقِيْنَ وَاجْعَلُوْا أَبْنَاءَكُمْ مِنَ الصَّادِقِيْنَ بِأَنْ تَكُوْنُوْا صَادِقِيْنَ أَمَامَهُمْ، لِاَنَّ الْأَوْلَادَ يَقْتَدُوْنَ وَالِدِيْهِمْ وَوَالِدَاتِهِمْ فِي سَائِرِ أَعْمَالِهِمْ.

هَذَا الَّذِي مَا أَقُوْلُ لَكُمْ، شُكْرًا عَلَى حُسْنِ إِهْتِمَامِكُمْ، وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ.

Teks Bahasa Indonesia Pidato Bahasa Arab Tentang Kejujuran

Segala puji milik Allah tuhan semesta alam, shalawat serta salam kepada Nabi kita Muhammad SAW, para keluarganya, dan para sahabatnya semuanya.

Para hadirin dan hadirat………..

Akhlak memiliki kedudukan yang penting dalam agama islam, Allah Ta’ala mengutus Rasulullah Muhammad SAW dengan beberapa tujuan, salah satunya adalah untuk mengajarkan akhlak kepada manusia, sebagaimana sabda beliau:

إِنَّمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الْأَخْلَاقِ (رواه البيهقي).                             

Artinya: “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak-akhlak mulia” (HR Baihaqi)

Diantara sifat yang harus ada pada diri seorang muslim adalah sifat “jujur”. Jujur adalah mengabarkan atau menyampaikan sesuatu sesuai dengan faktanya, jujur lawan kata “bohong”.

Di zaman modern ini, orang jujur merupakan sesuatu yang langka. Sejak kecil banyak anak-anak yang sudah terbiasa berbohong, sebagai contoh: pada masa sekolah banyak anak-anak yang mengerjakan soal ujian dengan dibantu temannya atau dengan melihat contekan, padahal hal itu merupakan perbuatan yang dilarang.

Kemudian sifat tercela ini dibawa kedalam kehidupan sehari hari sampai mereka dewasa. Oleh sebab itu tidak heran jika banyak kita temui para pejabat yang melakukan korupsi terhadap keuangan negara, karena mereka terbiasa berbohong sejak kecil.

Para hadirin dan hadirat........... 

Jujur merupaka sifat yang mulia, ia merupakan sifat para Nabi. Allah ta’ala banyak menyebut kata jujur dalam al Qur’an, diantaranya:

(يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ) (سورة التوبة: 119)

Artinya: “wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan bersamalah kamu dengan orang-orang yang benar”(Qs at-taubah:119)

Orang yang jujur tidak akan menjadi munafik karena orang yang munafik selalu berbohong dalam perkataannya, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَ حَدَّثَ كَذّبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا ائْتُمِنَ خَانَ (رواه البخاري ومسلم)

Artinya: “tanda-tanda orang munafik itu ada 3, jika berkata ia dusta, jika berjanji ia mengingkari, jika diamanahi ia berkhianat”(HR Bukhari & muslim)

Kejujuran juga mengantarkan pelakunya kedalam surga, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ، فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ، وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ صِدِّيقًا، وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ، فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ، وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ كَذَّابًا (رواه مسلم)

Artinya: “Kalian harus berlaku jujur, karena kejujuran itu akan membimbing kepada kebaikan. Dan kebaikan itu akan membimbing ke surga. Seseorang yang senantiasa berlaku jujur dan memelihara kejujuran, maka ia akan dicatat sebagai orang yang jujur di sisi Allah. Dan hindarilah dusta, karena kedustaan itu akan menggiring kepada kejahatan dan kejahatan itu akan menjerumuskan ke neraka. Seseorang yang senantiasa berdusta dan memelihara kedustaan, maka ia akan dicatat sebagai pendusta di sisi Allah” (HR Muslim)

Para hadirin dan hadirat.........

Jadilah orang-orang yang jujur, dan jadikanlah anak-anakmu termasuk orang-orang yang jujur dengan cara menampakkan sikap jujur kalian didepan mereka, karena anak-anak akan mengikuti segala perilaku kedua orang tuanya.

Sekian yang dapat saya sampaikan, terimakasih atas perhatiannya, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah contoh naskah pidato bahasa arab tentang kejujuran, kalian juga bisa membaca tema-tema lainnya disini, seperti pidato bahasa arab tentang iman.