Ceramah Singkat Tentang Shalat Tarawih

ceramah singkat tentang shalat tarawih
Sumber: merdeka.com


Arobiyahinstitute.com | Pada artikel ini saya akan berbagi seputar contoh ceramah singkat tentang shalat tarawih. Contoh ceramah banyak dicari masyarakat karena umumnya, nyaris semua masjid menjadikan ‘ceramah’ sebagai salah satu agenda wajib ketika Ramadhan. 

Iya kan? Untuk pelaksanaan atau penyampaiannya, ada yang dilakukan setelah shalat Isya’ sebelum shalat tarawih, dan ada pula yang disampaikan setelah shalat witir. Atau bahkan, ada juga yang dilakukan setelah shalat shubuh, dan yang lainnya.

Nah biasanya, ada banyak tema yang diangkat. Salah satu tema yang paling langganan adalah ceramah singkat tentang shalat tarawih. Hal ini mungkin karena salah satu ibadah khas di bulan ramadhan adalah shalat tarawih. Buat anda yang mungkin membutuhkan naskah ceramah singkat tentang shalat tarawih, bisa mempelajari dan memperhatikan contoh ceramah berikut. 

Keutamaan Shalat Tarawih

سم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

حَمْدًا و شُكْرًا وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَّ اِلَّا بِاللهِ

Hadirin yang dirahmati Allah.......

Ramadhan, merupakan sebuah momentum berharga bagi setiap muslim. Karena ia adalah suntikan terhadap iman. Sehingga, kita akan menemukan dan melihat umat Islam berbondong-bondong menyambutnya. Ada yang menyambut kedatangannya dengan memperbaharui cat rumah, bersih-bersih pekarangan, bahkan ada beberapa suku yang melakukan ritual tertentu.

Tapi, satu hal yang pasti, bahwa setiap umat muslim berupaya membuat agenda mereka di bulan Ramadhan nanti, agar bisa memaksimalkan ibadah di bulan mulia ini. Salah satu agenda yang tidak boleh dilewatkan adalah shalat tarawih. 

Hadirin yang dirahmati Allah…....

Shalat tarawih merupakan shalat yang memiliki segudang keutamaan. Salah satu keutamaannya adalah akan menghapuskan dosa, sebagaimana yang disabdakan Rasulullah,

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya, “Barangsiapa melaksanakan ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lalu” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

Hadis ini merupakan motivasi kita untuk memaksimalkan shalat tarawih hadirin, karena ibadah ini merupakan ibadah eksklusif yang hanya ada di bulan Ramadhan saja. Allah menjanjikan penghapusan dosa-dosa bagi setiap muslim yang melaksanakannya, dengan catatan, melaksanakan ibadah shalat tarawih dengan penuh keimanan dan hati yang ikhlas. 

Tapi sayangnya, ada fenomena menarik yang bisa kita saksikan sendiri. Di mana, masjid-masjid kita hanya dipenuhi tatkala beberapa hari permulaan di bulan Ramadhan. Karena sisanya, orang orang disibukkan dengan hal-hal lain.

Mulai dari membuat kue sebagai persiapan lebaran, berjualan untuk menambah modal lebaran, sampai dengan sibuk shopping baju, pakaian untuk memeriahkan lebaran. Padahal seharusnya, semakin mendekati lebaran, kita semakin semangat melaksanakan shalat tarawih. Mengapa demikian? Ya karena itu artinya kita akan berpisah dengan ibadah ini, dan di bagian bagian akhir terdapat hadiah yang telah Allah siapkan bagi hamba Nya yang konsisten, yakni malam lailatul qadar.  Dalam sebuah hadis disebutkan,

إنَّ الرَّجُلَ إِذَا صَلَّى مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ حُسِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةٍ

Artinya, “Sesungguhnya seorang laki-laki yang melaksanakan shalat bersama Imam (berjamaah) sampai selesai, maka baginya dihitung pahala beribadah satu malam penuh.” (HR Abu Dawud)

Hadirin yang dirahmati Allah.......

Hadist tersebut menyebutkan, bahwasanya orang-orang yang melakukan shalat berjamaah, mengikuti rangkaiannya hingga selesai, mulai dari membaca dzikir sampai dengan berdoa, maka ia akan mendapatkan pahala sebagaimana pahala beribadah selama semalam penuh.

Maka dari itu, dari kedua hadis di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwasanya ada dua keutamaan menarik dari melaksanakan shalat tarawih. Yakni akan Allah ampunkan dosa-dosa kita, dan akan Allah hitung ibadah kita sebagaimana sedang beribadah selama satu malam penuh.

Ceramah singkat tentang shalat tarawih ini merupakan pengingat bagi kita. Maka dari itu, marilah kita mempersiapkan diri dengan baik, agar bisa istiqomah melaksanakan ibadah shalat tarawih hingga akhir, dan kita mendapati diri kita menjadi pribadi yang lebih baik, dan mendapatkan predikat ‘tattaqun’, sebagaimana yang disebutkan dalam dalil perintah melaksanakan ibadah puasa. 

Semoga Allah anugerahkan keistiqomahan kepada kita, dan Allah gerakkan hati kita untuk melaksanakan ibadah sebanyak-banyaknya. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nah, itulah dia salah satu contoh ceramah singkat tentang shalat tarawih yang bisa dipelajari, semoga membantu.