Ceramah Singkat tentang Rukun Islam

Ceramah Singkat tentang Rukun Islam
Sumber gambar: pixabay
 

Arobiyahinstitute.com | Berikut ini merupakan salah satu contoh naskah ceramah singkat tentang rukun Islam. Bagi anda yang sedang mencari naskah ceramah singkat, mungkin bisa menjadikan contoh ceramah singkat tentang rukun Islam berikut ini sebagai salah satu referensi. Berikut contohnya:

Ceramah Singkat tentang Rukun Islam

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحالـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Segala puji-pujian hanya milik Allah. Ia yang Tunggal, Maha Pengasih, Penyayang, yang tidak pernah lelah dan tidak pernah tidur mengurus makhluknya. Yang senantiasa memberikan segala kenikmatan kepada kita. Shalawat dan salam kepada baginda Muhammad, sang suri tauladan terbaik sepanjang sejarah. Semoga kelak kita mendapatkan syafaat beliau, Aamiin.

Hadirin yang dimuliakan Allah.....

Pada kesempatan berbahagia ini, saya akan menyampaikan ceramah singkat tentang rukun Islam. Yang mana, materi rukun iman ini adalah salah satu materi yang telah kita dapatkan, dan kita pelajari sejak kita masih kecil. Di sekolah sekolah, di TPA TPA kita diajarkan mengenal lima rukun iman.

Bahkan untuk memudahkan kita dalam proses menghafal, tidak sedikit guru kita yang menciptakan sebuah lagu kan? Dan ini merupakan salah satu metode pengenalan rukun iman yang menarik dan mudah diterima oleh anak anak. Iman sendiri berarti membenarkan, atau tashdiq jika kita artikan secara bahasa. Namun jika berdasarkan istilah syari, iman berarti keyakinan dalam hati, perkataan dengan lisan, beramal dengan perbuatan, serta iman mempunyai 70 sekian cabang.

Hadirin yang semoga senantiasa dalam lindungan Allah.....

Sebagai seorang Muslim, memang sudah seharusnya mengetahui agama kita dengan sangat baik. Termasuk pemahaman kita mengenai rukun iman, yang telah kita pelajari sejak kecil. Dengan pemahaman yang baik, akan membuat kita dapat memperoleh kebahagiaan dunia dan akhira. Kebahagiaan yang bukan hanya sebatas kebahagiaan selama di dunia saja. Dalam hal ini, Rasulullah telah memberitahukan kepada kita mengenai pilar agama Islam. Hal ini sebagaimana yang terdapat di dalam hadis yang berbunyi:

عَنْ أَبِيْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: (بُنِيَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ، وَإِقَامِ الصَّلاَةِ، وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ، وَحَجِّ البَيْتِ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ) رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ

Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma dia berkata: ”Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ”Islam itu dibangun di atas lima dasar: persaksian (syahadat) bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah subhanahu wa ta’ala dan Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, haji (ke Baitullah) dan puasa di bulan Ramadhan.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Selain itu, Rasulullah juga menjelaskan tentang pilar tersebut ketika ditanya oleh Malaikat Jibril mengenai apa yang dimaksud dengan iman, islam, dan ihsan. Pada saat itu Jibril menyamar menjadi seorang laki-laki, seperti seorang musafir, namun di wajahnya sama sekali tidak terlihat ada tanda-tanda perjalanan.

Ketika mendapatkan pertanyaan tersebut, Rasulullah menjawab bahwa yang dimaksud dengan islam adalah tatkala kita bersaksi bahwasanya tidak ada satupun sesembahan selain Allah, dan Muhammad merupakan urusan Allah. Kemudian, kita mendirikan shalat, membayar zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan naik haji.

Peristiwa ini menjadi sebuah pembelajaran bagi kita, bahwasanya islam ialah perkara-perkara agama yang terlihat, atau lahiriyah. Sementara iman, ialah perkara yang berkaitan dengan hati. Maka dari itu, kita tahu bahwasanya agama ini, dibangun atas lima buah pilar. Dan kelima pilarnya telah kita hafal sejak lama. Yakni dengan bersaksi bahwasanya hanya Allah yang patut disembah, dan Rasulullah adalah utusan Nya. Kemudian pilar yang kedua adalah melaksanakan shalat lima waktu, kemudian membayar zakat, berpuasa Ramadhan, yang terakhir ialah menunaikan haji bagi yang mampu.

Karena ia adalah pilarnya agama, maka siapapun yang melaksanakannya, ia berkesempatan untuk memperoleh janji dari Nya. Sebagai seorang muslim yang menjaga agamanya dengan baik, kita akan selalu berusaha untuk melaksanakan kelimanya. Hal ini agar kita termasuk salah satu orang orang yang beruntung, dan menjadi bagian dari orang orang yang menjaga agama ini.

Oleh karena itu hadirin, mari sama-sama kita berusaha untuk melaksanakan rukun islam. Senantiasa menjaga tauhid kita, berusaha on time dan melaksanakan lima waktu, membayar zakat, melaksanakan puasa, dan naik haji jika mampu. Demikian, semoga bermanfaat, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah contoh teks ceramah singkat tentang rukun islam yang telah kami buat. semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari materi kultum. Kalian juga bisa membaca contoh ceramah lainnya yang telah kami tulis diblog ini.