Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Isim Mufrod, Isim Mutsanna, Dan Isim Jamak


isim mufrad isim mutsanna dan isim jamak

Arobiyahinstitute.com | Disini  saya akan mengulas seputar macam macam isim, yakni isim ditinjau dari segi bilangannya atau jumlahnya terbagi menjadi 3, yaitu isim mufrod, isim mutsanna, dan isim jamak.

Jika kalian belum memahami apa itu isim, simak dulu artikel tentang pembagian kalimah dalam bahasa arab. Setelah kalian memahaminya, lanjutkan untuk menyimak pembahasan pada artikel ini.

Namun sebelum membahas materi inti, saya ingin menekankan bahwa memahami atau mengetahui jenis-jenis kata seperti isim mufrod,isim mutsanna, atau isim jamak sangat penting bagi para pelajar bahasa arab, karena perbedaan itu berpengaruh terhadap struktur kalimat.

Oleh sebab itu materi ini harus dipahami dengan baik sehingga kalian tidak kesulitan dalam merangkai kalimat.

Isim mufrod

Mufrod artinya satu atau tunggal, jadi isim mufrod adalah isim yang menunjukkan suatu makna yang berjumlah satu. Dalam tata bahasa indonesia, mufrod biasa disebut dengan tunggal.

Contoh isim mufrod

Contoh isim mufrod sangat banyak, karena setiap isim pasti memiliki bentuk mufrod, mutsanna dan juga jamak. Disini saya Cuma memberikan beberapa contoh isim mufrod saja, dan sisanya kalian bisa cari sendiri.

 

Contoh Isim Mufrod

 Laki laki

رَجُلٌ

Anak

وَلَدٌ

Buku tulis

دَفْتَرٌ

Rumah

بَيْتٌ

Meja

مَكْتَبٌ

Kebut

بُسْتَانٌ

Ranjang

سَرِيْرٌ

Bola

كُرَةٌ

 

Semua kata pada contoh diatas mempunyai jumlah yang sama, yaitu satu, rumah berarti satu rumah, buku berarti satu buku, dst..

 

Isim Mutsanna

Isim mutsanna adalah isim yang menunjukkan suatu makna yang berjumlah dua, Atau dalam tata bahasa indonesia disebut ganda.

Isim mutsanna mempunyai tanda  pada akhir katanya, yakni alif dan nun ( ان ) jika ia beri’rab marfu’ atau ya’ dan nun ( ين ) jika ia beri’rab manshub atau majrur.

Kalian bisa membaca pembahasan tentang macam macam i’rab pada artikel yang telah berlalu jika belum mengetahui apa itu marfu’, manshub, maupun majrur.

Contoh isim mutsanna dan cara membuatnya

Sebagaimana yang sudah saya jelaskan sebelumnya diatas, bahwa semua isim pasti memiliki bentuk mufrod, mutsanna, dan jamak. Jadi yang perlu kalian ketahui adalah bentuk mufrodnya, dan rumus cara mengubahnya menjadi isim mutsanna.

Cara membuat isim mutsanna sangat mudah. Kalian hanya perlu menambahkan tanda isim mutsanna (ان) atau (ين) dibelakang isim mufroad. Perhatikan contoh isim mutsanna berikut ini agar kalian mudah mumahaminya.

 

Contoh Isim Mutsanna

Bentuk mufrod

وَلَدٌ

بَيْتٌ

Bentuk mutsanna

وَلَدَيْنِ

وَلَدَانِ

بَيْتَيْنِ

بَيْتَانِ

Artinya

2 anak laki-laki

2anak  laki-laki

2 rumah

2 rumah

 

Perhatikan tanda merah pada contoh diatas, ia adalah tanda isim mutsanna, yakni (ان) atau (ين).

Contoh isim mutsanna dibawah ini merupakan bentuk mutsanna dari isim mufrod di atas.

 

Contoh Isim Mutsanna

Arti

Isim Mutsanna Manshub/Majrur

Isim Mutsanna Marfu’

 Dua Laki laki

رَجُلَيْنِ

رَجُلَانِ

Dua Anak

وَلَدَيْنِ

وَلَدَانِ

Dua Buku tulis

دَفْتَرَيْنِ

دَفْتَرَانِ

Dua Rumah

بَيْتَيْنِ

بَيْتَانِ

Dua Meja

مَكْتَبَيْنِ

مَكْتَبَانِ

Dua Kebun

بُسْتَانَيْنِ

بُسْتَانَانِ

Dua Ranjang

سَرِيْرَيْنِ

سَرِيْرَانِ

Dua Bola

كُرَتَيْنِ

كُرَتَانِ

Isim jamak

Isim jamak adalah isim yang menunjukkan suatu makna yang berjumlah lebih dari dua, isim jamak terbagi menjadi 3, yaitu jamak mudzakkar salim, jamak muannats salim, dan jamak taksir.

Jamak mudzakkar dan muannats ada tambahannya “salim” karena ia selamat dari perubahan, yakni ia tidak berubah dari bentuk mufrodnya. Berbeda dengan jamak taksir yang berubah dari bentuk mufrodnya. Kalian bisa melihat perubahannya nanti di contoh yang akan disebutkan.

Jamak mudzakkar salim

Isim jamak mudzakkar salim adalah isim yang menunjukkan makna yang berjumlah  lebih dari dua, yang akhir katanya ditambah wawu dan nun ( ون ) utau ya’ dan nun ( ين ). Ia digunakan khusus untuk isim yang berjenis mudzakkar (laki-laki).

Contoh jamak mudzakkar salim

Berikut ini adalah contoh jamak mudzakkar salim. Saya sengaja memberi 2 contoh saja, karena kalian bisa membuatnya sendiri setelah mengetahui rumusnya.

Contoh Jamak Mudzakkar Salim

Bentuk mufrod

كَافِرٌ

مُسْلِمٌ

Bentuk jamak mudzakkar salim

كَافِرِيْنَ

كَافِرُوْنَ

مُسْلِمِيْنَ

مُسْلِمُوْنَ

artinya

Banyak orang kafir

Banyak orang muslim

 

Cara membuat jamak mudzakkar salim

Terlebih dahulu kita harus mengetahui tanda jamak mudzakkar salim. Adapun tandanya adalah wawu dan nun ( ون ) utau ya’ dan nun ( ين ). Kemudian tambahkan tanda tersebut dibelakang isim mufrod. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan kembali contoh jamak mudzakkar salim diatas.

Jamak muannats salim

Isim jamak muannats salim adalah isim yang menunjukkan makna yang berjumlah lebih dari dua, yang akhir katanya ditambah alif dan ta’ ( ات ). Ia digunakan khusus untuk isim yang berjenis muannats.

Contoh jamak muannats salim

Berikut ini adalah contoh jamak muannats salim. Saya sengaja memberi 2 contoh saja, karena kalian bisa membuatnya sendiri setelah mengetahui rumusnya.

Contoh Jamak Muannats Salim

Bentuk mufrod

حَسَنَةٌ

صَالِحَةٌ

Bentuk jamak muannats salim

حَسَنَاتٌ

صَالِحَاتٌ

artinya

Banyak kebaikan

Banyak perempuan yang shalihah

Cara membuat jamak muannats salim

Tanda jamak muannats salim adalah alif dan ta’ maftuhah ( ات ). Selanjutnya hapus ta’ marbuthah yang berada di akhir isim mufrod, kemudian tambahkan tanda jamak muannats salim dibelakangnya. Untuk lebih jelas silahkan perhatikan kembali contoh jamak muannats salim di atas.

Jamak taksir

Isim jamak taksir adalah isim yang bentuk katanya berubah dari bentuk mufrodnya. Contoh:

Artinya

Bentuk jamak taksir

Bentuk mufrod

Banyak laki-laki

رِجَالٌ

رَجُلٌ

Banyak rumah

بُيُوْتٌ

بَيْتٌ

 

Jamak taksir tidak mempunyai rumus untuk membuatnya sebagaimana jamak mudzakkar salim dan muannats salim. Kita mengetahui jamak taksir dari penuturan orang arab, bisa mencarinya lewat kamus. kalian bisa membaca contoh jamak taksir lebih lengkap di artikel "contoh jamak taksir".

Ringkasan pembagian isim ditinjau dari jumlah bilangan

جَمْعٌ

Jama’

مُثَنَّى

mutsanna

مُفْرَدٌ

Mufrod

مُذَكَّر سَالِمٌ

Isim jamak mudzakkar salim

كَافِرِيْنَ

كَافِرُوْنَ

كَافِرَيْنِ

كَافِرَانِ

كَافِرٌ

مُنَافِقِيْنَ

مُنَافِقُوْنَ

مُنَافِقَيْنِ

مُنَافِقَانِ

مُنَافِقٌ

مُؤَنَّثٌ سَالِمٌ

Isim jamak muannats salim

صَالِحَاتٌ

صَالِحَتَيِنِ

صَالِحَتَانِ

صَالِحَةٌ

صَابِرَاتٌ

صَابِرَتَيْنِ

صَابِرَتَانِ

صَابِرَةٌ

تَكْسِيْرٌ

Isim jamak taksir

دَفْاتِرٌ

دَفْتَرَيْنِ

دَفْتَرَانِ

دَفْتَرٌ

رِجَالٌ

رَجُلَيْنِ

رَجُلَانِ

رَجُلٌ

Cukup sekian pembahasan mengenai isim mufrod, isim mutsanna, dan isim jamak yang mencakup jamak mudzakkar salim, jamak muannats salim, dan jamak taksir. Semoga bermanfaat, selamat belajar.

Posting Komentar untuk "Isim Mufrod, Isim Mutsanna, Dan Isim Jamak"