Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kalimat Dalam Bahasa Arab

cara membuat kalimat dalam bahasa arab

Arobiyahinstitute.com | Hai sahabat arobiyah institute, pada artikel ini saya akan membahas tentang cara membuat kalimat dalam bahasa arab. Itu berarti kita akan membahas susunan kalimat bahasa arab.

Karena dengan mengetahui susunannya, kita bisa dengan mudah membuat kalimat bahasa arab. Berbeda jika kita tidak mengetahui susunannya, maka dipastikan kalian akan pusing sendiri.

Pada artikel yang telah lalu, saya telah menulis macam-macam jumlah (kalimat) dalam bahasa arab dan telah menguraikannya panjang lebar. Maka disini kita akan fokus ke prakteknya, yakni praktek menyusun kalimat.

Tahapan-Tahapan Dalam Membuat Kalimat Bahasa Arab

Adapun tahapan-tahapan dalam membuat kalimat bahasa arab adalah sebagai berikut:

  • Harus bias membedakan antara isim, fi’il, dan huruf. Kalau kalian tidak bisa membedakannya, maka dipastikan kalian tidak akan bisa menyusun kalimat. untuk itu jika kalian belum paham, baca artikel tentang macam-macam kata atau kalimah dalam bahasa arab.
  • Harus mengetahui macam-macam kalimat yang ada dalam bahasa arab dan mengetahui setruktur-setrukturnya. Perlu diketahui bahwa bahasa arabnya kalimat adalah jumlah. Saya akan beri bocoran disini bahwa dalam bahasa arab ada 2 macam kalimat, yakni jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah. Struktur jumlah ismiyah terdiri dari mubtada’ + khabar mubtada’, sedangkan struktur jumlah fi’liyah terdiri dari fi’il + fa’il atau fi’il + fa’il + maf’ul bih.           

Praktek menyusun kalimat dalam bahasa arab

Misalnya kalian ingin menyusun jumlah fi’liyah, maka lihat dulu bagaimana strukturnya. Setelah tahu strukturnya, selanjutnya adalah menyiapakan mufrodat atau kosa kata yang diperlukan. Kemudian selanjutnya adalah menyusun kosakata-kosakata tersebut menjadi kalimat.

 

1

Struktur jumlah fi’liyah terdiri dari fi’il + fa’il atau fi’il + fa’il + maf’ul bih

2

Menyiapkan mufrodat kosa kata yang diperlukan

 

Jenis Kosa Kata

Artinya

Kosa Kata

 

Kosa kata fi’il

Membaca

قَرَأَ

 

Kosa kata isim

Muhammad

مُحَمَّدٌ

 

Kosa kata isim

Buku

الْكِتَابُ

 

Hasilnya adalah:

 

قَرَأَ مُحَمَدٌ الْكِتَابَ

Muhammad telah membaca Al Qur’an

Fi’il (kata kerja)

قَرَأ

Fa’il (subjek/pelaku)

مُحَمَّدٌ

Maf’ul bih (obyek)

الْكِتَابُ

 

Begitupun jika kalian ingin menyusun jumlah ismiyah, maka tahapannya pun sama dengan yang diatas.

1

Struktur jumlah ismiyah terdiri dari mubtada’ + khabar mubtada’

2

Menyiapkan mufrodat kosa kata yang diperlukan

 

Jenis Kosa Kata

Artinya

Kosa Kata

 

Kosa kata isim

Muhammad

مُحَمَّدٌ

 

Kosa kata isim

Dermawan

كَرِيْمٌ

 

Hasilnya adalah:

مُحَمَّدٌ كَرِيْمٌ

Muhammad itu dermawan

Mubtada’

مُحَمَّدٌ

Khabar mubtada’

كَرِيْمٌ

 

Itulah cara membuat kalimat bahasa arab, baik jumlah ismiyah maupun jumlah fi’liyah. Dengan mengetahui setrukturnya, kalian bisa membuat kalimat dalam bahasa arab dengan mudah.

Kalian bisa mempraktekkan rumus cara membuat kalimat dalam bahasa arab di atas dengan bantuan kosakata yang kalian ketahui. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita tentang bahasa arab.

Mansur Syah
Mansur Syah Saya Mansur Syah berasal dari Kudus Jawa Tengah. Tertarik dengan bahasa arab dan keislaman karena sejak kecil di sekolahkan di yayasan pendidikan islam. Pendidikan formal saya dimulai dari SDN 4 Kedungdowo, kemudian dilanjutkan ke Mts Ma'ahid Kudus & MA Ma'ahid Kudus. Untuk memperdalam ilmu bahasa arab dan keislaman, saya melanjutkan kuliah jurusan bahasa arab dan studi islam (D II) di Ma'had Bilal Bin Rabah UNIMUDA Sorong Papua Barat Daya , kemudian dilanjutkan dengan mengambil jurusan Ahwal Syakhsiyah pada program S1 di Universitas muhammadiyah Makassar.

1 komentar untuk "Cara Membuat Kalimat Dalam Bahasa Arab"

  1. Terimakasih ilmunya ustadz, namun akan lebih jelas bila ada contoh kalimatnya...

    BalasHapus